Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 6 Cara Tetap Menjadi Produktif saat Perjalanan Bisnis

6 Cara Tetap Menjadi Produktif saat Perjalanan Bisnis


STUDILMU Users
by Studilmu Editor
Posted on May 02, 2019

 
Perjalanan bisnis adalah salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari seorang pemimpin perusahaan, pebisnis, pengusaha atau karyawan sekalipun. Sudah menjadi hal yang lumrah untuk melakukan perjalanan bisnis tiga kali dalam seminggu, bahkan mungkin hampir setiap hari. Lalu, bagaimana cara yang tepat agar kita tetap bisa menjadi produktif? Meskipun kita memiliki jadwal yang padat untuk melakukan perjalanan bisnis. 
 
Padahal selama perjalanan bisnis berlangsung, kita akan mudah merasa capek, kelelahan dan kurang tidur akibat jarak tempuh yang lumayan jauh. Pada artikel kali ini, kami akan membantu rekan-rekan Career Advice untuk tetap bisa produktif, walaupun memiliki perjalanan bisnis yang padat seperti artis-artis Hollywood, hehe. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 
Persiapan adalah Kunci Utama.
Dalam melakukan segala tindakan, tidak ada yang lebih penting dari persiapan yang matang. Sangatlah mustahil jika rekan pembaca bangun di pagi hari dan langsung ke bandara untuk pergi ke konferensi di Italia bertemu dengan para klien rekan pembaca, TANPA persiapan apapun. Tentu saja itu hal yang sangat tidak mungkin terjadi karena segalanya memerlukan persiapan, apalagi untuk perjalanan bisnis. 
 
Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan bisnis, rekan-rekan Career Advice perlu merancang rencana perjalanan yang tersusun dengan rapi dan detail. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh rekan-rekan pembaca, antara lain sebagai berikut: 
- Menandai Tanggal di Kalender: 
Sebagai seorang pebisnis yang sering melakukan perjalanan bisnis, memiliki agenda dan menandai tanggal-tanggal penting di kalender, buku agenda atau pengingat digital yang ada di ponsel, adalah persiapan yang sangat penting untuk dilakukan. 
Ini bertujuan agar rekan pembaca dapat mengatur jadwal Anda dengan sangat baik. Ini juga dapat membantu Anda dalam menentukan ketersediaan jadwal dengan orang lain dan merencanakan perjalanan yang sesuai. Misalnya, jika rekan pembaca harus berada di Kota Medan untuk konferensi jam 13.00, tidak mungkin dong jika rekan pembaca berangkat dari Jakarta jam 11.00 siang, karena waktunya akan sedikit sekali. 
- Penerbangan dan Hotel: 
Jangan lupa untuk memastikan bahwa jam penerbangan pesawat sama dengan yang ada di dalam jadwal kita, tujuannya agar kita tidak ketinggalan pesawat. Selain itu, pastikan bahwa hotel atau penginapan yang sudah kita pesan, dekat dengan lokasi konferensi atau rapat untuk perjalanan bisnis kita. 
- Membawa Sedikit Barang: 
Perlu diingat bahwa kita ingin melakukan perjalanan bisnis, bukan pindah rumah hehe. Jadi, kita tidak perlu membawa barang yang terlalu banyak dalam setiap perjalanan bisnis. Cukup bawa barang-barang yang penting saja, ya.
 
- Kenali Tujuan atau Destinasi: 
Sebelum pergi untuk perjalanan bisnis, penting bagi kita untuk melakukan riset tentang tujuan atau destinasi yang ingin kita tuju. Kira-kira seberapa jauh bandara dari hotel? Apakah ada restoran lokal yang bisa kita coba di sekitaran lokasi? Hal-hal tersebut perlu kita cari tahu agar kita memiliki perjalanan bisnis yang menyenangkan. 
 
- Serahkan Bisnis atau Pekerjaan Kita di Tangan Orang yang Terpercaya: 
Saat kita melakukan perjalanan bisnis, kita tidak bisa mengurus bisnis atau pekerjaan kita di kantor. Oleh karena itu, kita perlu menyerahkan bisnis kita kepada karyawan yang terpercaya. Ini hanya untuk sementara waktu sampai kita kembali lagi ke kantor. Berikan kontak karyawan yang kita percaya kepada seluruh anggota tim, sehingga mereka tahu harus konsultasi kepada siapa saat ada masalah. 
 
- Jangan Sia-siakan Perjalanan Bisnis Kita: 
Selama perjalanan bisnis berlangsung, kita bisa menulis tentang apa saja yang kita lakukan selama kunjungan bisnis. Ini bertujuan agar kita dapat memantau apa saja yang sudah kita lakukan dan apa saja yang belum kita lakukan. Jangan lupa untuk menuliskan hal-hal yang menjadi prioritas kita dalam perjalanan bisnis. Sehingga, kita bisa mengidentifikasi, apakah perjalanan bisnis kita produktif, atau tidak? 
 
Selain persiapan yang matang, berikut ini adalah 6 cara hebat yang dapat membantu kita untuk tetap produktif saat melakukan perjalanan bisnis.
1. Buat Daftar Pekerjaan di Lokasi WiFi yang Kencang.
Memang sih, kita bisa membeli wifi di dalam pesawat untuk mengerjakan tugas-tugas kerja, tapi sayangnya harga wifi di dalam pesawat cukup mahal dan kualitasnya tidak begitu bagus, sehingga saat kita mengerjakan tugas kerja di dalam pesawat akan menjadi lebih lambat. 
 
Untuk mengatasi hal ini, saya membuat daftar pekerjaan yang harus saya lakukan selama perjalanan bisnis, yang mana tugas-tugas tersebut perlu dikerjakan di beberapa lokasi yang memiliki wifi kencang (koneksi yang cepat dan bagus). Misalnya, saat menunggu di boarding room atau di kedai kopi di dalam Bandara. 

2. Berkomitmen pada Pekerjaan yang Harus Dilakukan dan Patuhi Jadwal.
Jangan terkecoh dengan keluar kantor seperti ingin jalan-jalan, karena kita keluar kantor untuk melakukan perjalanan bisnis. Tetaplah berkomitmen dengan menyelesaikan tugas-tugas kerja yang perlu kita selesaikan selama perjalanan bisnis. Apabila tidak ada wifi atau internet sama sekali, usahakan untuk tetap produktif dengan membaca buku atau mendengarkan podcast (secara offline). 

3. Gunakan Teknologi untuk Tetap Produktif.
Sebelum melakukan perjalanan bisnis, rekan-rekan Career Advice perlu mengunduh beberapa aplikasi yang dapat membantu rekan pembaca untuk tetap produktif. Misalnya, Zoom, Skype atau Join.me, mana tau ada konferensi virtual yang perlu rekan pembaca lakukan dengan anggota tim di kantor. Jadi, perjalanan bisnis tidak akan menjadi penghalang kehadiran Anda dari konferensi virtual. 
 
4. Menulis Jurnal. 
Perjalanan bisnis dapat memberikan banyak gagasan baru yang cemerlang, yang mungkin akan rekan pembaca pikirkan tanpa diduga-duga. Jangan lupa untuk membawa note (tab) atau buku catatan dan pulpen yang akan menjadi teman setia rekan pembaca selama perjalanan bisnis. Ide-ide cemerlang bisa datang kapan saja tanpa diundang. Jika rekan pembaca memikirkan sesuatu yang luar biasa, jangan lupa tulis di dalam buku agenda. Mana tau itu bisa menjadi ide bisnis Anda selanjutnya, bukan?
 
5. Delegasikan Pekerjaan sebelum Berangkat.
Seperti yang kita ketahui bahwa para pebisnis, pemimpin perusahaan, pengusaha, atau bahkan karyawan sekalipun, akan memiliki segudang pekerjaan yang tidak pernah habis. Untuk itu, kami menyarankan rekan-rekan pembaca untuk mengurangi beban pekerjaan Anda sebelum perjalanan bisnis dimulai, misalnya mendelegasikannya kepada tim yang terpercaya atau kepada rekan kerja Anda. Eits! Pastikan untuk mendelegasikan pekerjaan kepada orang yang tepat dan mengerti pekerjaan tersebut, ya. 
 
6. Tetap Perhatikan Kesehatan Kita.
Melakukan perjalanan bisnis akan sangat menguras tenaga dan pikiran kita. Kurang tidur? Ah sudah pasti, apalagi jika jaraknya sangat jauh. Kami benar-benar menyarankan rekan-rekan pembaca untuk tidak mengabaikan kesehatan Anda selama perjalanan bisnis berlangsung. Misalnya, tidak jajan sembarangan atau tidak makan makanan cepat saji (junk food), atur jadwal untuk bisa mendapatkan tidur yang cukup, dan jangan lupa untuk banyak minum air putih. Jika rekan pembaca jatuh sakit, bagaimana Anda bisa menyelesaikan tugas-tugas kerja yang sudah ditinggal selama pergi? 
 
Wah, ternyata 6 cara di atas cukup sederhana ya! Meskipun mungkin untuk mempraktikkannya tidak semudah yang kita bayangkan, namun setidaknya kita bisa berusaha untuk tetap produktif saat melakukan perjalanan bisnis. Jadi, tunggu apalagi nih rekan-rekan? Yuk, kita coba praktikkan 6 cara di atas saat perjalanan bisnis dimulai! Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices
5 Cara Membuat Penilaian Kinerja yang Bermakna dan Relevan

5 Cara Membuat Penilaian Kinerja yang Bermakna dan Relevan

11 Cara Tunjukkan Kasih Sayang kepada Karyawan

11 Cara Tunjukkan Kasih Sayang kepada Karyawan

20 Cara Memberi Semangat Kerja Tim

20 Cara Memberi Semangat Kerja Tim

5 Mindset untuk Menjadi Pengusaha Kaya

5 Mindset untuk Menjadi Pengusaha Kaya

4 Kesalahan Branding Produk dari Bisnis Startup

4 Kesalahan Branding Produk dari Bisnis Startup

5 Alasan Musuh Terbesar adalah Diri Sendiri

5 Alasan Musuh Terbesar adalah Diri Sendiri

Benarkah Kebahagiaan adalah Mendapatkan Pekerjaan Impian?

Benarkah Kebahagiaan adalah Mendapatkan Pekerjaan Impian?

Strategi Pemasaran E-mail untuk Generasi Milenial

Strategi Pemasaran E-mail untuk Generasi Milenial

5 Strategi Pemasaran melalui E-mail

5 Strategi Pemasaran melalui E-mail

Perencanaan Keuangan yang Salah di Umur 20-an

Perencanaan Keuangan yang Salah di Umur 20-an

Pentingnya Integritas dan Kejujuran Hati di Dunia Kerja

Pentingnya Integritas dan Kejujuran Hati di Dunia Kerja

Asumsi adalah Penyebab Kegagalan Wirausaha

Asumsi adalah Penyebab Kegagalan Wirausaha

Rapat Kerja dengan Keberagaman Suku Bangsa

Rapat Kerja dengan Keberagaman Suku Bangsa

5 Cara Membuat Logo Produk Menjadi Terkenal

5 Cara Membuat Logo Produk Menjadi Terkenal

Cara Mengatasi Stress terhadap Finansial

Cara Mengatasi Stress terhadap Finansial

Pengertian E-learning dan Lanskapnya pada 2019

Pengertian E-learning dan Lanskapnya pada 2019

Pentingkah Memiliki Tujuan Bekerja?

Pentingkah Memiliki Tujuan Bekerja?

Rapat Kerja dengan Komunikasi yang Efektif

Rapat Kerja dengan Komunikasi yang Efektif

5 Cara Pengusaha Sukses Tetap Bahagia

5 Cara Pengusaha Sukses Tetap Bahagia

7 Cara Menjadi Tokoh Terkenal di Dunia Bisnis

7 Cara Menjadi Tokoh Terkenal di Dunia Bisnis

10 Kesalahan Fatal yang Menghancurkan Bisnis Plan

10 Kesalahan Fatal yang Menghancurkan Bisnis Plan

Etika Memuji Rekan Kerja di Lingkungan Kerja

Etika Memuji Rekan Kerja di Lingkungan Kerja

Satu Pertanyaan yang Mengubah Hidup Lebih Baik

Satu Pertanyaan yang Mengubah Hidup Lebih Baik

3 Alasan Cerita Singkat Baik untuk Bisnis

3 Alasan Cerita Singkat Baik untuk Bisnis

Menjual Produk dan Jasa melalui Cerita Singkat

Menjual Produk dan Jasa melalui Cerita Singkat

4 Karakter Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki

4 Karakter Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki

Peranan E-Learning dalam Pengembangan Karier

Peranan E-Learning dalam Pengembangan Karier

3 Pikiran Negatif yang Menghambat Kebahagiaan dalam Karier

3 Pikiran Negatif yang Menghambat Kebahagiaan dalam Karier

Bagaimana Cara Mengembangkan E-Learning atau Pembelajaran Online?

Bagaimana Cara Mengembangkan E-Learning atau Pembelajaran Online?

4 Karakteristik Manusia yang akan Sukses di Dunia Bisnis dan Kesehatan

4 Karakteristik Manusia yang akan Sukses di Dunia Bisnis dan Kesehatan