×
STUDILMU Career Advice - 4 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget
Self Improvement

4 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Adakah di antara rekan pembaca yang tidak bisa hidup tanpa gadget? Gadget memang memiliki peranan penting dalam kehidupan kita. Informasi apapun dapat ditemukan hanya dengan mengaksesnya melalui internet dan ponsel cerdas yang kita miliki.
 
Setiap hari bahkan sebagian besar dari waktu yang kita miliki dihabiskan untuk berinteraksi dengan gadget. Kita menjadi kecanduan gadget. Dikit-dikit pegang HP, dikit-dikit pegang tablet. Apakah rekan pembaca juga merasakan hal yang sama?
 
Teknologi memang telah menjadi gaya hidup kita. Itu adalah hal yang bagus, tetapi kecanduan gadget memiliki dampak buruk bagi kehidupan kita. Kitalah yang seharusnya mengendalikan penggunaan gadget. Coba rekan pembaca perhatikan, setiap gadget memiliki tombol on/off, bukan? Nah, berarti kita memiliki kendali penuh untuk menyalakan bahkan mematikannya.
 

Lalu, bagaimana kita dapat mengatasi kecanduan gadget?

Mengatasi kecanduan gadget memang bukanlah hal yang mudah. Kita perlu memiliki konsistensi dan keteguhan. Nah, berikut adalah 4 tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan gadget. 

1. Awali hari dengan kegiatan yang bermakna. 

Waktu di pagi hari merupakan waktu yang sangat penting. Kita harus memulai hari dengan cara yang bijaksana. Berusahalah untuk tidak langsung berinteraksi dengan teknologi di awal kita memulai hari. Dengan begitu, kita tidak akan menjadi kecanduan dengan gadget sepanjang hari. Tentukan juga waktu tertentu di sore hari untuk melakukan meditasi. Ini membantu kita untuk dapat memfokuskan diri pada hal-hal yang telah dilakukan hari itu dan apa yang perlu dilakukan di esok hari.
 

2. Matikan gadget pada waktu tertentu.

Tentukan satu waktu tertentu untuk mematikan gadget yang kita miliki, mungkin satu atau dua jam di pagi hari, saat makan siang atau saat makan malam. Kita dapat menentukan waktunya dengan bebas. Yang terpenting adalah kita memiliki kedisiplinan. 

3. Gunakan pengatur waktu. 

Ada banyak aplikasi online yang membantu kita mengatur waktu yang dimiliki. Gunakan bantuan dari aplikasi tersebut. Saat aplikasi mengingatkan bahwa ini adalah waktu untuk menjauhkan diri dari gadget, patuhi dan segera hentikan interaksi kita dengan gadget.
 

4. Mengistirahatkan aplikasi tertentu.

Kita dapat mengistirahatkan aplikasi tertentu jika dibutuhkan, misalnya mencopot pemasangan Facebook atau Instagram selama 1 minggu karena kita memiliki laporan yang yang mendesak untuk diselesaikan. Dengan begitu, kita dapat benar-benar fokus pada pekerjaan tersebut dan menyelesaikannya dengan hasil yang maksimal. Jika kita telah menyelesaikan laporan tersebut, kita dapat mengunduh aplikasinya kembali. 
 
Jangan sampai teknologi menguasai kehidupan secara merajalela dan membuat kita melupakan hal-hal penting lainnya. Kita harus bijak dalam menggunakan gadget dan jangan sampai mengalami kecanduan. Mengapa? Berikut adalah 4 manfaat yang didapatkan jika kita menjauhkan diri dari gadget.

1. Menghilangkan rasa iri hati dan dengki.

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang sering mengunjungi Facebook memiliki tingkat ketidakpuasan yang lebih tinggi. Tentunya ini bukan berarti bahwa Facebook adalah hal yang negatif. Hanya saja, apa yang orang unggah seringkali membuat kita merasa iri bahkan dengki. Dengan menghindarkan diri dari gadget, kita akan beristirahat dari kehidupan media sosial yang membuat iri dan lebih fokus pada kehidupan pribadi serta melihat bahwa kita memiliki banyak hal yang patut disyukuri.
 

2. Menghilangkan rasa takut.

Merasa takut merupakan sebuah permasalahan yang seringkali dihadapi manusia di era teknologi saat ini. Media sosial tidak pernah berhenti menampilkan banyak hal yang ada di sekitar. Kita melihat setiap orang memiliki kehidupan yang menarik dan menyenangkan.
 
Akibatnya, rasa iri hati berkembang menjadi sebuah perasaan takut. Kalau tidak melakukan hal yang sama atau memiliki hal yang sama, kita berpikir bahwa orang lain akan menjauh dari kita karena tidak memiliki kesamaan dengan mereka. Padahal, itu hanya pemikiran yang kita miliki. Nah, jika kita mulai merasa seperti ini, ini adalah waktu yang tepat untuk memutuskan diri dari gadget. Jauhkan diri dari media sosial agar kita lebih bisa menghargai diri sendiri dan apa yang dimiliki. 
 

3. Memberikan kita banyak waktu sendiri.

Jika selalu terhubung dengan gadget, kita tidak memiliki waktu untuk sendiri. Jika memiliki waktu sendiri, kita dapat melakukan hal yang berguna bagi kehidupan. Kita dapat melakukan meditasi. Ini merupakan kesempatan bagus untuk merenung dan mengevaluasi diri. Dengan begitu, kita dapat melihat sejauh mana telah memberikan upaya terbaik dalam mencapai tujuan dan perilaku negatif apa yang masih perlu dihilangkan agar tidak menghambat tujuan yang dimiliki. 

4. Kita lebih menikmati hidup.

Jika terus menatap layar, kita tidak benar-benar bisa menikmati hidup yang dimiliki. Pengalaman-pengalaman dalam hidup tidak akan pernah bisa diulang. Jadi, kita harus menggunakannya sebaik mungkin. Habiskan waktu untuk menikmati hidup bersama orang-orang yang dicintai sekalipun hanya melalui perbincangan sederhana. Pastikan bahwa kita benar-benar hadir tanpa harus terganggu oleh gadget dan pemberitahuan-pemberitahuan lainnya. Dengan begitu, kita dapat menikmati setiap momen-momen berharga tersebut.
 
Nah, itulah 4 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan gadget dan 4 manfaat yang didapatkan jika kita tidak terhubung dengan gadget. Pastikan bahwa kita dapat menggunakan teknologi dengan bijak sehingga tetap dapat menikmati kehidupan yang lebih bermakna ya rekan pembaca.

Featured Career Advice