×
STUDILMU Career Advice - 5 Cara Mengatur Waktu dan Memaksimalkannya
Productivity

5 Cara Mengatur Waktu dan Memaksimalkannya

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Ada banyak orang yang menghabiskan waktu dengan memenuhi permintaan dan harapan yang orang lain miliki. Tetapi, sesungguhnya mereka tidak sedang menjadi orang-orang yang proaktif. Mereka hanya sedang menjadi orang-orang yang reaktif. Bagaimana dengan rekan pembaca? Apakah Anda telah menggunakan waktu yang dimiliki secara maksimal?
 
Di era modern sekarang ini, ada banyak hal yang mungkin saja terjadi di luar harapan kita. Sebagian besar orang kehilangan waktu di tempat kerja karena harus menghadiri rapat yang tidak direncanakan dan terkadang tidak perlu, percakapan panjang, diskusi tentang pekerjaan, dan bahkan menjawab email yang masuk. Kita semua memiliki jumlah waktu yang sama. Dan jika kita hanya menunda-nunda menyelesaikan tugas-tugas yang kita miliki, kita akan menjadi tidak produktif.
 
Lalu, bagaimana kita dapat memanfaatkan waktu yang kita miliki secara optimal agar kita tetap menjadi pribadi yang memiliki produktivitas tinggi? Berikut adalah 5 cara mengatur waktu dengan baik dan memaksimalkannya. 
 

1. Pikirkan ulang rutinitas harian yang kita miliki.

Waktu yang kita miliki terbatas. Itulah sebabnya, kita harus menggunakan waktu yang berharga secara maksimal mungkin. Cobalah untuk melihat kembali rutinitas yang kita miliki. Adakah rutinitas harian kita yang memakan banyak waktu kita? Temukan dan hilangkanlah rutinitas yang merugikan kita.  Periksalah setiap menit yang kita habiskan secara jelas. 
 
Jika kita menghabiskan sebagian besar waktu untuk segala sesuatu yang tidak berkaitan dengan tujuan kerja kita, kita akan kehilangan waktu untuk menjadi produktif. Tentu saja kita harus menambah waktu untuk menjadi produktif di keesokan hari. Hilangkan semua gangguan yang ada di meja atau bahkan di komputer. Dengan begitu, kita akan tetap bisa terfokus untuk menyelesaikan tugas-tugas yang kita miliki. Pastikan juga bahwa kita memiliki ruang kerja dan meja kerja yang bersih. Kebersihan akan membuat kita nyaman dalam menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi.
 

2. Memahami bagaimana diri sendiri bekerja.

Apakah rekan pembaca mengetahui waktu yang paling produktif yang Anda miliki? Setiap orang memiliki waktu yang berbeda dimana mereka berada dalam keadaan yang paling produktif. Biasanya, waktu yang paling produktif adalah di pagi hari. Untuk itu, buatlah daftar prioritas pekerjaan, dan gunakan waktu yang paling produktif ini untuk menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan perhatian besar dan energi paling banyak. Pengaturan energi yang tepat merupakan faktor penting dalam mengatur waktu yang kita miliki.
 
Segala pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi 100% harus dilakukan ketika energi kita sedang berada di puncaknya. Dengan memahami bagaimana cara kita bekerja, kita dapat menyesuaikan untuk menyelesaikan lebih banyak dalam setengah hari. Kelolalah waktu dengan sangat baik. Maksimalkan diri kita untuk menyelesaikan tugas-tugas disaat yang paling produktif. Ingatlah, mengatur waktu bukanlah tentang pembagian tugas dan waktu saja, ini juga tentang pengaturan energi yang kita miliki. Pastikan bahwa kita tidak akan kelelahan. Karena, kelelahan adalah pemicu utama yang membuat kita tidak dapat memiliki produktivitas yang tinggi.
 

3. Menyederhanakan jadwal yang kita miliki.

 Waktu adalah sumber daya yang kita investasikan untuk menciptakan nilai. Jadi, berikan nilai nyata pada waktu yang kita miliki. Apakah waktu yang kita habiskan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan benar-benar berharga? Temukanlah. Ketika kita dapat mengoptimalkan cara kita bekerja, kita dapat menghemat waktu dan sumber daya. Dengan begitu, kita akan memiliki banyak waktu keesokan harinya.
 
Cara tepat yang dapat kita lakukan adalah dengan menyederhanakan jadwal yang kita miliki. Ya, lakukanlah lebih sedikit. Jika ini dilakukan secara konsisten, kita akan memiliki pendekatan yang lebih baik untuk menyelesaikan pekerjaan. Penggunaan waktu yang tepat akan membuat kita memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas berikutnya. Jadi, lihatlah daftar pekerjaan kita. Adakah tugas yang bisa dihilangkan? Lihatlah juga tugas mana yang dapat menunggu. 
 
Menyederhanakan daftar juga dapat dilakukan dengan membiasakan diri melakukan tugas-tugas tertentu, seperti email, mengisi formulir, presentasi, atau haL lainnya. Dengan mengotomatiskan diri terhadap hal-hal ini, kita dapat memiliki lebih banyak waktu yang berharga. Ini juga memungkinkan kita fokus pada hal-hal yang kita kuasai. Jadi catatlah semuanya dalam daftar tugas dan kalender kita. Hindari penjadwalan yang berlebihan.
 

4. Membatasi jam kerja.

Pikirkan ulang tenggat waktu yang kita miliki. Jika kita memiliki 8 jam kerja sehari, batasi diri dengan bekerja selama 6 jam sehari. Selesaikanlah tugas-tugas kita dalam waktu tersebut. Jika kita membuat diri kita bertanggung jawab dengan waktu, kita akan mendorong diri untuk menjadi tepat waktu. Dengan menetapkan batasan, kita memaksa diri untuk fokus dan menyelesaikan tugas terpenting. Dengan begitu, kita akan mampu memprioritaskan pekerjaan kita dan bekerja dengan lebih efisien. Kita dapat menggunakan sisa waktu kita untuk meNyelesaikan hal-hal kecil lainnya dan mempersiapkan diri untuk menjadi lebih baik pada hari esok.
 

5. Mengatakan ‘tidak’ untuk tugas tertentu.

Banyak orang menanggapi permintaan orang lain dan melakukan apa yang diharapkan darinya. Jika kita menerima permintaan tugas yang banyak setiap hari, kita tidak akan pernah bisa menjadi produktif dan menyelesaikan tugas kita sendiri. Jadi miliki keberanian untuk menolak dan mengatakan ‘tidak’ bagi tugas-tugas yang bukan tanggung jawab kita. Mengatakan ’ya’ untuk setiap permintaan yang ada, sama saja mengatakan ‘tidak’ untuk diri sendiri.
 
Jika kita mengatakan "ya" untuk setiap permintaan, kita tidak akan pernah memiliki waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan pekerjaan terbaik. Jadi, lindungi waktu yang kita miliki. Mengatakan ‘tidak’ mungkin membuat kita merasa tidak enak dan kita merasa kita telah mengecewakan orang lain. Tetapi belajar untuk memberi tahu orang-orang bahwa kita tidak punya waktu untuk berkomitmen pada hal yang tidak berkaitan dengan tugas saat ini, mereka mungkin akan mengerti. Katakan ya untuk hal-hal yang benar. Lindungi waktu yang kita miliki karena itu adalah investasi kita.
 
Itulah 5 cara mengatur waktu dengan baik. Waktu adalah hal berharga yang kita miliki dan berada dalam kendali kita sepenuhnya. Jadi, pastikan bahwa kita menggunakannya dengan baik dan maksimal. Sehingga, kita bisa menjadi fokus dan produktif dalam pekerjaan kita. 

Featured Career Advice