Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 20 Kebiasaan Baik yang Harus Dimiliki di dalam Hidup

20 Kebiasaan Baik yang Harus Dimiliki di dalam Hidup


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Kebiasaan atau sikap yang rutin dilakukan oleh manusia dapat mengantarkan mereka kepada “siapa diri mereka” di masa depan. Segala sesuatu yang kita pikirkan, katakan, dan lakukan adalah hasil dari kebiasaan mendalam yang tertanam dalam benak kita selama bertahun-tahun. Seperti yang sudah disampaikan tadi, kebiasaan ini akan membantu untuk mendorong kesuksesan kita atau malah menghambat kemajuan hidup kita. Padahal, keadaan dan kualitas hidup kita saat ini adalah cerminan langsung dari kebiasaan kita sehari-hari.
 
Lalu, apa saja kebiasaan terbaik yang perlu kita miliki di dalam hidup?
 
1. Fokus pada apa yang kita miliki.
Bersyukur adalah sikap fokus terhadap apa yang kita miliki sekarang. Sebagai manusia, kita memang tidak bisa memiliki segala hal di dalam hidup, karena hanya Tuhan lah yang Maha Kaya. Bersyukur adalah kebiasaan baik yang berada di urutan pertama untuk kita lakukan, resapi dan kita tanamkan setiap saat. Mengapa? Karena rasa syukur yang kita miliki dapat membawa kita menuju kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan. 
 
2. Tersenyum adalah terapi yang sangat baik.
Salah satu penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang tersenyum dengan senyuman yang tulus adalah orang-orang yang sangat berbahagia di dunia ini. Setelah kita bersyukur, maka akan mudah bagi kita untuk menebarkan kebahagiaan kepada orang lain melalui senyuman-senyuman indah kita. Tersenyum adalah terapi yang sangat baik, yang dapat membawa kita kepada rasa damai. Kedamaian dalam pikiran, emosional, mental dan spiritual dari waktu ke waktu. 
 
3. Selalu memulai hari dengan sarapan yang sehat.
Sarapan adalah bagian paling terpenting dari kehidupan, terutama untuk mengawali hari. Begitu banyak orang sukses yang percaya bahwa tidak pernah melewatkan sarapan yang sehat adalah salah satu jalan menuju kesuksesan. Dengan sarapan, otak, tubuh dan pikiran kita akan menjadi kuat untuk menjalani hari-hari. Apabila rekan-rekan Career Advice ingin selalu sehat, bahagia dan menjadi orang sukses, jangan lupa sarapan yang sehat, ya. 
 
4. Minum air hangat atau dingin dengan perasan lemon.
Mungkin rekan pembaca akan bertanya-tanya? Apakah ini salah satu kebiasaan yang baik untuk diterapkan? Nyatanya, ini adalah salah satu kebiasaan yang memiliki banyak manfaat kesehatan loh. Lemon adalah sumber alami Vitamin C, namun Lemon juga memberikan manfaat kesehatan lainnya seperti, memperlancar pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bersama dengan pembersihan dan rehidrasi tubuh. 
 
5. Berolahraga setiap hari.
Hampir semua orang setuju bahwa berolahraga adalah kebiasaan baik yang perlu dimiliki oleh semua orang. Jika pagi hari baik diawali dengan sarapan yang sehat, olahraga adalah pelengkapnya. Olahraga bukan hanya tentang mengangkat beban berat atau lari maraton berkilo-kilo meter, namun olahraga bisa juga dilakukan secara ringan seperti berjalan kaki, atau lari-lari kecil. Aktivitas-aktivitas ringan seperti ini dapat mengoksigenasi darah kita dan meningkatkan endorfin dalam tubuh.
 
6. Jalan 10.000 langkah setiap hari.
Ini merupakan satu kebiasaan baik yang sulit untuk kita terapkan, terutama bagi para pekerja yang waktunya kebanyakan dihabiskan untuk duduk di depan laptop atau komputer, dan duduk di dalam ruangan rapat selama berjam-jam. Kapanpun rekan pembaca memiliki kesempatan untuk menerapkan kebiasaan baik ini, lakukanlah. Misalnya, berjalan ke kantin atau food court untuk membeli makan siang, berjalan ke parkiran, dan sebagainya. 

7. Mengurangi dan menghindari jajanan yang tidak sehat.
Kita semua pasti setuju kalau jajanan pasar atau yang biasa kita sebut jajanan abang-abang memiliki rasa yang sangat enak dan juga murah. Sayangnya, terlalu banyak makan makanan seperti ini akan memberikan dampak negatif pada kesehatan kita di masa depan. Jadi, kurang-kurangin ya rekan-rekan Career Advice. 
 
8. Kelola waktu dengan baik seperti mengelola uang.
Waktu adalah uang, namun waktu jauh lebih berharga daripada uang. Apabila uang habis, kita masih bisa menghasilkan uang lagi dengan cara bekerja, namun apabila waktu terbuang dengan sia-sia, kita tidak akan pernah bisa untuk memutarnya kembali. Jadi, kebiasaan baik yang perlu kita miliki adalah mengelola penggunaan waktu sebaik kita mengelola uang (bahkan harus lebih baik dari mengelola uang). 
 
9. Membuat daftar tujuan harian, setiap hari.
Dalam hidup, kita tidak boleh terombang-ambing dengan mengikuti alur kehidupan tanpa ada tujuan sama sekali, ini salah! Ada alasan mengapa Tuhan menciptakan manusia dengan akal dan pikiran, tidak seperti hewan dan tumbuhan. Inilah mengapa sebagai manusia kita perlu memiliki tujuan setiap harinya, agar hidup terasa lebih bergairah.
 
10. Selalu mencari inspirasi.
Kadang-kadang mungkin kita merasa sulit untuk mempertahankan motivasi diri. Disinilah kebiasaan baik untuk selalu mencari inspirasi memainkan peranannya. Kita bisa menonton video-video inspirasional atau membaca kisah inspirasi dari orang-orang sukses agar dapat mencapai impian hidup seperti mereka. Kebiasaan baik yang seperti ini sama sekali tidak akan merugikan kita. 

11. Menabung secara konsisten dan berinvestasi secara bijaksana.
“menabung pangkal kaya”, apakah rekan-rekan Career Advice masih ingat dengan peribahasa tersebut? Yap, ini benar. Dan akankah lebih baik lagi jika kita menabung secara konsisten. Lalu, dari hasil tabungan tersebut, kita bisa berinvestasi. Tapi perlu diingat, kita juga harus bijaksana dalam berinvestasi, jangan sampai kita yang rugi ya. 
 
12. Mengontrol setiap pengeluaran yang dilakukan. 
Seperti yang diucapkan oleh Benjamin Franklin bahwa “Waspadalah terhadap pengeluaran kecil, karena kebocoran kecil akan menenggelamkan kapal yang hebat”. Sama halnya dengan pengeluaran kecil yang kita lakukan, apabila kita tidak mengontrolnya dengan bijak, maka anggaran yang kita miliki akan bobrok. Setiap kebiasaan dalam mengatur keuangan dengan bijak adalah kebiasaan yang baik. 

13. Jangan pernah berhenti belajar.
Belajar adalah suatu kebiasaan baik yang perlu diterapkan secara terus-menerus. Ini merupakan proses yang selalu berkelanjutan. Seperti yang BusinessGrowth katakan “saat kita berhenti belajar, kita berhenti berkembang”. 
 
14. Bangun lebih pagi, setiap hari. 
Saat kita bangun awal di pagi hari (setiap hari), kita bisa melakukan banyak hal, terutama rutinitas-rutinitas pagi yang sangat bermanfaat untuk menjalani hari. Kebanyakan orang yang bangun pagi, pasti adalah orang-orang yang produktif. 
 
15. Bermurah hati dengan waktu dan uang Anda.
Dengan kesibukan tiada henti yang kita miliki, kita perlu bermurah hati dengan waktu dan uang yang kita miliki. Terutama, kepada orang-orang tercinta seperti, keluarga dan teman-teman akrab kita. Bahagiakan mereka dan hidup kita juga akan merasa bahagia. 

16. Berusaha menghadapi rasa takut.
Menghindari rasa takut adalah kebiasaan yang sangat baik. Mengapa? Karena rasa takut dapat menghalangi kita dalam mengejar kesuksesan. Takut hanya akan membuat hidup kita merasa was-was dan khawatir. Yuk, kita hilangkan rasa takut dari sekarang. 
 
17. Bertindak lebih cepat, jangan nanti-nanti!
Menunda-nunda pekerjaan adalah hal yang sangat buruk. Cobalah untuk bertindak lebih cepat, jangan menunda-nunda, apalagi untuk hal-hal kebaikan. Semakin cepat kita mengambil tindakan, maka akan semakin baik. 

18. Berpikir positif.
Tentu saja, berpikir positif adalah salah satu kebiasaan baik yang pasti dan mutlak. Hampir semua kebiasaan baik bermula dari pikiran yang positif. Jadi, apakah rekan pembaca sudah berpikir positif hari ini? 
 
19. Rajin membaca.  
Rajin membaca dapat memperluas pengetahuan kita dan membuat kita menjadi orang yang luas pikirannya. Kita perlu melatih kebiasaan baik ini agar tidak menjadi orang yang berpikiran sempit. 
 
20. Hargai waktu tidur.
Untuk bisa menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik, kita perlu memiliki energi yang cukup. Itulah mengapa kita perlu menghargai setiap waktu tidur kita. 
 
Yap! itulah 20 kebiasaan baik yang perlu kita miliki di dalam hidup, agar hidup kita bisa lebih bermakna dan bergairah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kita terapkan 20 kebiasaan baik di atas.
Featured Career Advice
6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Leadership

6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

Entrepreneurship

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Marketing & Sales

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

Self Improvement

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

Self Improvement

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Motivation

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

Happiness

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

Entrepreneurship

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Self Improvement

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

Innovation

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

Leadership

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

Generation Millennials & Z

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

Resume & Interviewing

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

Self Improvement

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

Entrepreneurship

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

Leadership

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

Entrepreneurship

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

Entrepreneurship

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

Productivity

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

Customer Service

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

Innovation

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

Emotional Intelligence

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

Marketing & Sales

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

3 Cara Meraih Kebahagiaan dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Happiness

3 Cara Meraih Kebahagiaan dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

7 Cara Menjadi Lebih Percaya Diri Ketika Bertemu Klien

Self Improvement

7 Cara Menjadi Lebih Percaya Diri Ketika Bertemu Klien

12 Pengembangan Diri Menjadi Pemimpin dan Individu yang Lebih Baik

Self Improvement

12 Pengembangan Diri Menjadi Pemimpin dan Individu yang Lebih Baik

15 Cara yang Perlu Dikuasai untuk Membangun Kredibilitas di Kantor

Self Improvement

15 Cara yang Perlu Dikuasai untuk Membangun Kredibilitas di Kantor

10 Kebiasaan yang Membantu Staf Human Resource Menjadi Sukses

Self Improvement

10 Kebiasaan yang Membantu Staf Human Resource Menjadi Sukses