Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 10 Cara Menjaga Kesehatan saat Menjalankan Perusahaan

10 Cara Menjaga Kesehatan saat Menjalankan Perusahaan


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Sebagai pendiri atau pemilik perusahaan, pastinya kita memiliki kesibukan yang sangat padat setiap harinya. Ada banyak hal yang perlu kita pikirkan setiap menitnya, permasalahan yang perlu diselesaikan dengan cepat, karyawan yang bermasalah, pencarian investasi, dan hal-hal lainnya yang sangat menguras tenaga dan pikiran. 
 
Kesibukan ini akan membuat kita mengesampingkan kebutuhan pokok diri sendiri, misalnya kurang tidur, telat makan, atau jarang berolahraga. Bagaimana tidak, untuk mengurusi perusahaan saja 24 jam rasanya tidak cukup, apalagi harus memerhatikan diri sendiri? Namun, ini merupakan pemikiran yang keliru. Nyatanya, menjaga kesehatan diri itu penting loh rekan-rekan. Kabar baiknya adalah artikel ini akan menjelaskan 10 cara menjaga kesehatan yang bisa kita terapkan di tengah-tengah kesibukan kita dalam menjalankan perusahaan. Kiat-kiat menjaga kesehatan di bawah ini bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik kita, namun juga baik untuk kesehatan mental kita loh. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.  
 

1. Periksa Kesehatan Mental Diri Sendiri.

Kesehatan mental adalah kunci utama yang perlu diperhatikan. Saat menjalankan sebuah perusahaan, secara otomatis kita akan memberikan seluruh waktu, pikiran dan tenaga kita kepada proses bisnis yang sedang kita selami. Menjalankan perusahaan tidak semudah yang kita pikirkan, akan ada banyak tantangan dan rintangan yang akan kita hadapi setiap harinya. Situasi ini akan berpengaruh kepada perasaan kita. 
 
Kita akan mulai merasa kewalahan, stres, bahkan merasa terisolasi (meskipun tidak ada yang menjauhi kita). Sangking kita larut dalam kesibukan ini, seringkali kita tidak menyadari bahwa perasaan-perasaan seperti itu sangat merugikan kesehatan mental kita. Itulah mengapa penting bagi kita untuk tetap terhubung dengan perasaan diri sendiri dan melakukan pemeriksaan kesehatan mental secara teratur. 
 
Bagaimana caranya? Salah satu opsi yang bisa kita lakukan adalah menulis jurnal bullet. Dengan membuat jurnal bullet, kita dapat mengidentifikasi kondisi emosional kita. Oh ya! Jurnal bullet ini juga ada templatenya loh, jadi rekan-rekan Career Advice akan lebih mudah mendeteksi secara visual tentang aktivitas apa saja yang sudah rekan pembaca lakukan. Misalnya, Anda melakukan diet sehat, berapa jam Anda tidur, olahraga apa saja yang telah dilakukan, apakah rekan pembaca mengonsumsi alkohol atau kafein selama seminggu, kalau ya, berapa banyak? Nah, jika dari jurnal bullet tersebut menunjukkan pola kesehatan yang semakin memburuk, kita bisa segera menghentikannya deh. Yuk, kita periksa kesehatan mental melalui jurnal bullet dari sekarang. 
 

2. Jangan Lupa Tertawa, ya!

Kami tahu bahwa dalam menjalankan perusahaan, diperlukan konsentrasi penuh. Sehingga, terkadang kita lupa untuk tertawa dan hidup rasanya sangat kaku. Setiap waktu ada saja yang masalah baru yang perlu kita tangani. Sayangnya, hal ini bisa membuat kita menjadi stres. Hmm, dan tau sendiri kan bahwa stres adalah sumber dari segala penyakit. Jadi, agar rekan-rekan Career Advice tidak merasa stres dan tidak jatuh sakit, penting untuk kita mencari cara untuk bisa tertawa dan bahagia.  
 
Perasaan bahagia akan sangat membantu kita dalam menghadapi masa-masa yang sulit. Kita bisa menemukan banyak hal lucu di sekitar kita loh. Misalnya, rekan pembaca memiliki karyawan yang memiliki selera humor tinggi, cobalah ajak dia bercanda. Selain bisa tertawa, ini juga bisa membuat hubungan kita dengan karyawan semakin kuat, atau minta karyawan Anda untuk menceritakan pengalaman lucu yang pernah mereka alami (tentunya, bukan suatu hal yang pribadi), dengan begitu kita bisa tertawa dengan semua karyawan di dalam departemen tersebut. Menyenangkan bukan? 
 

3. Interaksi Sosial itu Tetap Penting.

Seperti yang kita ketahui bahwa kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Kita perlu berinteraksi dengan orang lain dan bergabung dengan komunitas yang membuat kita nyaman. 
 
Meskipun kita telah menjelma menjadi orang yang super sibuk saat menjalankan sebuah perusahaan, namun kita tetap tidak boleh membiarkan perasaan terisolasi dari orang-orang di sekitar kita. 
 
Solusinya, tidak peduli sesibuk apapun kita, interaksi sosial dengan orang lain tetaplah penting. Kita perlu meluangkan waktu untuk berbicara dan bertemu dengan keluarga, pasangan hidup (suami atau istri), anak-anak, dan teman-teman terdekat kita. Sempatkanlah waktu khusus untuk mereka yang kita cintai. Saat kita memiliki waktu bersama mereka, kehidupan terasa lebih cerah kembali. 
 
Otak mumet kita akan mulai terasa ringan karena canda tawa yang mereka berikan membuat kita semakin bersemangat untuk menjalankan perusahaan lebih baik lagi.  

4. Bersikap Tenang saat Stres Datang.

Cara keempat untuk menjaga kesehatan saat menjalankan perusahaan adalah mengelola stres dengan sangat baik. Kami yakin bahwa semua manusia di dunia ini pasti pernah mengalami stres, tidak ada yang tidak pernah merasakannya. 
 
Stres adalah suatu perasaan yang membawa banyak emosi negatif, dan ini bisa memengaruhi kesehatan kita. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa stres adalah penyebab utama dari segala penyakit. Apa solusinya? Kita semua perlu belajar mengelola stres dengan baik. Apabila kita sedang tertimpa suatu masalah yang berkaitan dengan perusahaan, ambil nafas panjang dan tetap bertenang. Usahakan untuk tidak kewalahan, marah atau kesal saat masalah-masalah itu menghampiri kita. 
 
Selain itu, kita juga perlu menetapkan batasan untuk berkata “tidak” ketika dibutuhkan, sehingga semua beban tidak ada di atas punggung kita, kendalikan diri kita dengan bekerja secara proaktif dalam menyelesaikan permasalahan, mengatur waktu dan tetap berpikir positif bahwa segala masalah pasti memiliki jalan keluar, berdoa dan minta pertolongan kepada Tuhan. 
 

5. Yuk, Berolahraga secara Teratur. 

Dalam menjalankan sebuah perusahaan, ini sering menuntut kita untuk pergi dari satu pertemuan ke pertemuan lainnya, atau duduk di depan laptop selama berjam-jam. Kebayang kan betapa pentingnya menjaga kesehatan saat kita sibuk mengurus perusahaan? Agar tubuh kita tetap sehat dan bugar, serta kesehatan mental kita tetap terjaga, maka kita juga perlu berolahraga secara teratur. 
 
Olahraga secara teratur adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Berolahraga sama saja seperti menggerakkan tubuh secara teratur, dan ini dapat membantu kita untuk meningkatkan kesehatan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan suasana hati, mengatasi stres, kegelisahan, dan depresi. Wah, banyak juga ya manfaatnya! Yuk, kita mulai berolahraga secara teratur dari sekarang, tidak perlu berlama-lama kok, cukup 30 menit saja dalam melakukan aktivitas fisik dalam sehari. Misalnya, sebelum rekan pembaca berangkat ke kantor, luangkan waktu 30 menit untuk jogging di sekitar rumah atau pergi ke gym setelah pulang kantor. 
 

6. Terus Mengembangkan Pikiran.

Tidak peduli seberapa banyak gelar yang kita miliki, sehebat apapun pengalaman dan seberapa kerennya latar belakang pendidikan yang kita miliki, kita tetap perlu mengembangkan pikiran. 
 
Pikiran adalah sumber daya terpenting bagi manusia. Pikiran yang baik akan menghasilkan cara kerja yang baik. Dengan memahami dan mengembangkan pikiran, kita dapat mengarahkan perilaku diri seperti apa yang kita inginkan. Apabila rekan-rekan Career Advice berharap dapat membangun sebuah perusahaan yang sukses, maka rekan pembaca harus berusaha untuk terus membangun, melatih dan mengembangkan pikiran agar mampu mempelajari hal-hal baru yang bermanfaat untuk perusahaan Anda. 

7. Membuat Jadwal Rutinitas. 

Selain stres, sering merasa kelelahan juga menjadi hal yang cukup mengganggu. Kelelahan bisa membawa kita pada kesehatan mental dan fisik yang buruk. Solusinya, kita perlu menetapkan jadwal rutinitas yang harus kita patuhi. 
 
Misalnya, jam 12 siang kita harus makan siang, jika memang belum sempat, kita bisa makan roti sebagai camilan (sediakan selalu makanan ringan di dalam tas) atau jam 10 malam kita harus pergi tidur. Walaupun kami tahu, rekan-rekan Career Advice pasti memiliki kesibukan yang luar biasa sampai-sampai bisa lupa makan dan hanya memiliki sedikit waktu untuk tidur. Namun, sebagai penggerak perusahaan, rekan pembaca juga perlu menjaga kesehatan.  
 

8. Konsumsi Makanan yang Sehat.

“Jangankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat, sudah punya waktu untuk makan saja, masih beruntung deh!” mungkin itu pernyataan yang ada di benak kita saat mendengar pernyataan “perlunya mengonsumsi makanan yang sehat!”. Bagi orang yang super sibuk, memiliki waktu untuk makan saja, sudah bagus. Sampai-sampai kita sering lupa bahwa sekedar makan saja tidak akan cukup. Kita perlu makan makanan yang sehat agar tubuh kita tetap sehat dan bugar.
 
Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu rekan-rekan Career Advice:
- Makan secara teratur, ini bertujuan untuk menjaga kadar gula darah menjadi lebih stabil dan membantu otak bekerja lebih baik.
- Mengonsumsi lemak sehat seperti, asam lemak omega-3 yang dapat ditemukan dalam kacang kenari dan minyak ikan, karena mereka juga mendukung fungsi otak.
- Mengonsumsi makanan tinggi serat, ini bisa menurunkan stres yang kita rasakan loh. 
 

9. Istirahat yang Cukup dan Isi Kembali Energi Kita.

Bekerja dengan giat memang baik, apalagi sebagai penggerak perusahaan, kita benar-benar harus fokus dengan pekerjaan kita. Sangking fokusnya, kita sama sekali tidak ingin mengambil cuti, karena bisnis kita adalah ‘anak bayi’ yang harus kita jaga selama 24 jam penuh untuk saat ini. Sayangnya jika hal ini dibiarkan secara berkelanjutan, ini akan berdampak buruk kepada kesehatan fisik dan mental kita.  
 
Solusinya? Istirahatkan diri kita sejenak dengan mengambil cuti minimal 3 hari dan kembali dengan pikiran yang lebih segar. Jika rekan pembaca tetap tidak ingin cuti, tidak masalah. Yang terpenting rekan pembaca harus memiliki istirahat yang cukup ya.
 

10. Melakukan Pemeriksaan Rutin ke Dokter.

Pastikan rekan pembaca rutin untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini bertujuan agar rekan pembaca dan dokter dapat saling meninjau kesehatan Anda. Sehingga, rekan pembaca tetap sehat dan bugar. Jika kita sehat, maka perusahaan juga akan berjalan semakin baik. 
 
Nah, itulah 10 cara menjaga kesehatan yang bisa kita terapkan sebagai penggerak perusahaan. Kesehatan fisik dan mental sangat penting untuk kita jaga. Apabila kesehatan fisik dan mental kita tetap terjaga, kita akan semakin bersemangat untuk menjalankan perusahaan. Semangat terus ya rekan-rekan Career Advice dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan Anda.