×
STUDILMU Career Advice - Bahagia Itu Sederhana
Happiness

Bahagia Itu Sederhana

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Bahagia itu sederhana. Apakah rekan pembaca setuju dengan kalimat itu? Kebahagiaan Anda bergantung pada diri Anda. Jika Anda menggantungkan kebahagian Anda pada orang lain, maka Anda harus menghentikannya sekarang juga. Senang, sedih atau emosi apapun berada dalam kendali Anda, jadi Anda yang harus mengaturnya. Bahagia itu sederhana merupakan sebuah kata kata singkat namun mempunyai makna yang sangat dalam. Arti dari kata kata tersebut mengacu kepada kebahagiaan yang tak selamanya didapatkan dengan bermewah-mewahan. Terkadang kita menganggap seseorang yang hidup mewah itu pasti hidupnya bahagia, namun belum tentu juga. Demikian pula sebaliknya, belum tentu seseorang yang hidup sederhana pasti hidupnya biasa-biasa saja dan tidak bahagia.
 

Cara Menciptakan Bahagia Itu Sederhana

Nah, bagaimanakah kita dapat benar-benar hidup dengan slogan bahagia itu sederhana? Mari kita lihat 6 cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan kebahagian Anda.
 

1. Membuat perubahan.

Hal pertama yang dapat membuat bahagia itu sederhana adalah dengan melakukan perubahan. Jika Anda selalu melakukan apa yang selalu Anda lakukan, Anda akan selalu mendapatkan apa yang selalu Anda dapatkan.segala sesuatu yang terjadi merupakan siklus yang akan terus berlanjut sampai Anda melakukan intervensi. Perubahan akan menempatkan Anda berada di jalur yang baru. 
 
Jadi apakah Anda telah merasa bahagia dengan apa yang Anda lakukan saat ini? Lanjutkan. Apakah Anda merasa Anda membutuhkan yang lebih? Lakukan perubahan. Jika hal yang Anda buat tidak berfungsi atau tidak menghasilkan apa yang Anda harapkan, ubahlah, carilah cara yang tepat untuk membuat Anda bahagia.
 

2. Mengevaluasi diri. 

Hal kedua yang dapat membuat bahagia itu sederhana adalah dengan mengadakan evaluasi diri. Siapkan diri Anda untuk mendapatkan umpan balik yang jujur dan kejam. Jangan lupa belajar dari setiap kesalahan yang Anda lakukan. Jika Anda telah menilai dan mengevaluasi diri Anda, apa pendapat yang orang lain miliki tentang Anda? 
 
Bersyukurlah dengan kelebihan yang Anda miliki dan temukan kesempatan untuk menggunakan kelebihan tersebut. Anda tidak perlu merasa kaget dengan apa yang dikatakan orang lain. Anda adalah orang yang tahu persis apa kelebihan dan kelemahan Anda. Jadi, Anda tidak perlu meminta orang lain untuk mengatakan apa kekurangan Anda dan merasa kaget saat mendengarnya.
 

3. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

Hal ketiga yang dapat membuat bahagia itu sederhana adalah berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Saya tahu, ini pasti terjadi berkali-kali. Anda akan merasa senang dengan pekerjaan Anda sampai Anda mendengar cerita orang lain yang terdengar lebih baik. Anda akan merasa senang dengan pertumbuhan bisnis sampai Anda mendengar kemajuan bisnis orang lain yang tumbuh dengan cepat. Anda merasa segalanya berjalan cukup baik hingga rekan kerja melakukan sesuatu yang Anda sukai. Jika Anda terus membandingkan diri Anda dengan orang lain, maka Anda menciptakan ketidakbahagiaan.
 
Bahkan beberapa orang paling sukses dan inspiratif memiliki momen di mana mereka ingin bertukar tempat dengan orang lain. Wah, ini gila. Tentu ada banyak hal yang dapat Anda lakukan, tetapi, itu berarti bahwa Anda harus meninggalkan jalan yang Anda pilih saat ini. Jadi, tetaplah berada dalam jalur yang Anda tempuh saat ini sampai Anda melihat hasil yang nyata. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Satu-satunya yang dapat Anda bandingkan hanya keadaan diri Anda saat ini dengan diri Anda sebelumnya. Apakah Anda melakukan banyak perbaikan? Apakah Anda mengalami pertumbuhan dan perkembangan diri yang maksimal?

4. Tentukan kebahagiaan Anda.

Hal keempat yang dapat membuat bahagia itu sederhana adalah dengan menentukan defines kebahagiaan Anda sendiri. Apa yang menurut orang lain membahagiakan belum tentu akan membahagiakan Anda. Pilihan yang Anda buat dan kenyataan yang Anda jalani bisa jadi akan menjadi derita bagi orang lain, dan sebaliknya. Kebahagiaan yang Anda cari harus didasarkan pada versi kebahagiaan Anda sendiri dan bukan milik orang lain.
 
Apa yang membuat Anda bahagia? Cobalah renungkan apa yang Anda miliki. Bersyukurlah dengan segala hal yang Anda miliki, baik itu pekerjaan, keluarga, teman-teman bahkan hal-hal sederhana yang Anda miliki dalam hidup. Dengan begini, Anda akan lebih mudah untuk bahagia.

5. Menjaga bibir tetap rapat.

Hal kelima yang dapat membuat bahagia itu sederhana adalah dengan menjaga bibir Anda dalam keadaan rapat. Lakukan apa yang telah Anda rencanakan sebelum Anda meminta komentar dari siapapun. Yakinkan diri Anda dengan langkah yang akan Anda tempuh selanjutnya sebelum  Anda meminta nasihat atau masukan dari orang lain. 
 
Ketahuilah bahwa setiap kali Anda menyampaikan niat dan tujuan Anda, Anda membiarkan diri Anda mudah dipengaruhi. Perjelas rencana Anda, lakukan pekerjaan Anda, kemudian bagikan hasilnya, bukan perjalanan. Ini akan menjaga diri Anda tetap fokus dengan apa yang yang menurut Anda akan bekerja dengan maksimal. Jangan biarkan masukan orang lain menghalangi langkah Anda untuk mengerjakan bagian Anda. 
 

6. Merancang kehidupan Anda sendiri. 

Hal keenam yang dapat membuat bahagia itu sederhana adalah dengan merancang kehidupan Anda sendiri. Ambilah selembar kertas dan tuliskan hal-hal yang akan Anda lakukan dalam satu hari, di hari berikutnya, setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, setiap kuartal dan setiap tahun. Misalnya, pergi berjalan-jalan setiap pagi dan makan bersama teman setiap minggu dan mengunjungi Dunia Fantasi setiap tahun. 
 
Tuliskan apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup Anda. Rancang kehidupan Anda dengan hal-hal yang Anda sukai dan yang membuat Anda bahagia. Jika Anda tidak dapat menentukan kebahagiaan Anda, Anda akan selalu bingung bagaimana Anda dapat mencapainya. 
 
Saat kita mengucapkan kata kata Bahagia itu sederhana, entah mengapa perasaan ini menjadi tenang seketika. Mungkin itu adalah dampak dari rasa bersyukur kita atas semua yang kita miliki saat ini. Tak perlu iri dengan apa yang dicapai dan didapat orang lain, jika kita mampu bersyukur, itu sudah cukup untuk membuat kita bahagia.
 
Itulah 6 cara sederhana yang dapat menciptakan kebahagiaan Anda. Setelah Anda membaca poin-poin tersebut, bahagia itu sederhana, bukan? Hanya Anda yang berhak untuk mengendalikan kebahagiaan Anda sendiri. Tidak ada faktor eksternal yang bisa membuat Anda merasakan apa pun yang tidak ingin Anda rasakan. Bahagia itu adalah tanggung jawab Anda, jadi tentukan apa yang membuat Anda bahagia dan lakukanlah.
 
Tetap bahagia ya, rekan pembaca Career Advice. Bahagia itu sederhana.

Featured Career Advice