×
STUDILMU Career Advice - Proses Kepemimpinan
Leadership

Proses Kepemimpinan

STUDILMU Users By Berny Gomulya

Bagaimana Anda mengisi hari-hari Anda? Apakah dengan kesia-siaan, atau dengan hal-hal yang bermakna? Apa yang telah dan belum Anda capai? Setiap hari yang Anda lewati adalah miniatur hidup Anda. Sebagaimana Anda melewati setiap jam, Anda melewati hari-hari Anda. Sebagaimana Anda menghidupi hari-hari Anda, sebenarnya Anda sedang melukis tahun-tahun hidup Anda. Apa yang Anda lakukan hari ini akan menentukan masa depan Anda. Kata-kata yang Anda ucapkan, hal-hal yang Anda pikirkan, nasihat yang Anda dengar, buku-buku yang Anda baca, makanan yang Anda makan, dan tindakan yang Anda lakukan, menentukan masa depan Anda. Pilihan-pilihan kecil setiap hari terakumulasi memberikan konsekuensi besar dalam hidup Anda. Itu sebabnya berhati-hatilah dengan pilihan-pilihan kecil setiap hari Anda. Tidak ada hari yang tidak penting, setiap hari adalah penting. Oprah Winfrey berkata, ”Pelajaran terbesar adalah bahwa para pemimpin bertanggung jawab terhadap hari-hari hidup mereka sendiri.”
 
Memang kita hidup di hari ini, namun akibat dari tindakan kita tidak berhenti pada hari ini. Ia terus berjalan seiring dengan detak waktu. Tindakan kita sekarang selalu membawa dampak pada kehidupan di kemudian hari.  Coba lemparkan sebutir batu pada permukaan danau yang tenang. Sekejap ia akan menimbulkan riak-riak kecil. Namun perlahan-lahan riak-riak itu menghilang. Permukaan danau kembali tenang. Jika lemparan batu itu adalah tindakan Anda, apakah ketika air danau menjadi tenang lantas Anda berpikir bahwa segala sesuatunya kembali seperti sedia kala? Apakah tindakan Anda, sekecil apa pun itu, kelak akan lenyap tak berbekas? Tidak. Memang permukaan danau tak lagi menampakkan riak, namun sesungguhnya riak itu telah mengubah wajah tepian pantai danau tersebut. Tindakan Anda telah mengubah dunia, sekecil apa pun perubahan itu. Lalu, perubahan apa yang sebenarnya ingin Anda catat dari tindakan Anda sekarang?
 
”Pelajaran terbesar adalah bahwa para pemimpin bertanggung jawab terhadap hari-hari hidup mereka sendiri.”
~Oprah Winfrey~

Setiap orang adalah pemimpin hebat. Setiap orang memiliki sesuatu yang luar biasa di dalam dirinya. Setiap kita bisa memberikan dampak luar biasa ke dunia ini. Pemimpin-pemimpin hebat disekitar kita, bukan karena mereka diberikan sesuatu yang lebih dari pada orang lain. Mereka hanya mengambil langkah setiap hari menuju kehidupan mereka yang luar biasa. Hari berganti minggu, minggu berganti bulan, bulan berganti tahun, dan sebelum pemimpin-pemimpin hebat itu menyadarinya, mereka telah tiba di suatu tempat yang disebut luar biasa.
 
Pepatah Cina berkata, ”Waktu terbaik untuk menanam sebuah pohon adalah 20 tahun lalu. Tetapi kesempatan terbaik kedua adalah hari ini.” Kepemimpinan luar biasa yang ada di dalam diri Anda harus digunakan sekarang juga. Semakin Anda melatih kekuatan tersebut, maka semakin hebat kekuatan itu. Semakin Anda membangunkannya, maka Anda menjadi semakin percaya diri.
 
Rahasia keberhasilan kita terletak pada jadwal harian kita. Apa yang dapat Anda lihat saat Anda melihat jadwal pribadi seseorang? Prioritas, membangun hubungan, belajar, disiplin pribadi, visi, dan pengaruh? Lihatlah apa yang dilakukan setiap hari, dan Anda akan mengetahui siapa orang itu dan ia akan menjadi apa. Jadwal Anda adalah barometer terbaik tentang hal-hal apa yang Anda hargai dan percayai. Tunjukkan pada saya jadwal Anda dan saya akan tunjukkan kepada Anda siapa diri Anda dan akan menjadi apa Anda nantinya. 
 
Kemampuan untuk memimpin sesungguhnya adalah suatu kumpulan dari berbagai keterampilan, dimana semua itu dapat dipelajari. Namun, ini tidak terjadi dalam semalam. Menjadi seorang pemimpin hampir sama dengan berinvestasi di pasar saham. Jika harapan Anda adalah berhasil dalam satu hari, lupakan saja, Anda tidak akan berhasil di pasar saham. Tidak ada keberhasilan ”sehari” dalam pengembangan kepemimpinan. Yang terpenting adalah apa yang Anda lakukan dari hari ke hari dalam jangka panjang. Jika Anda terus-menerus menginvestasikan pengembangan kepemimpinan Anda, mengijinkan uang Anda berlipat ganda, hasilnya sudah pasti pertumbuhan dalam jangka panjang. Kepemimpinan adalah sebuah proses.

Featured Career Advice