STUDILMU Career Advice - Pilihan Menentukan Kepemimpinan Anda

Pilihan Menentukan Kepemimpinan Anda


by Berny Gomulya
Posted on May 30, 2018

”Para pemimpin dapat mengubah kehidupan mereka dengan mengubah cara berpikir mereka.”
~Lee Iacocca~
 
PIKIRAN DAN SIKAP Anda sebagai pemimpin akan memunculkan gambaran-gambaran, dan emosi-emosi Anda. Gambar, dan emosi itu akan menjadi pemicu sikap kepemimpinan Anda. Pilihan sikap Anda pada gilirannya memiliki konsekuensi-konsekuensi yang menentukan apa yang terjadi dalam hidup Anda secara menyeluruh. Jika Anda terus berpikir tentang sukses, dan membangun kepercayaan diri, Anda akan merasa kuat dan berkompeten, kemudian Anda akan melakukan yang terbaik. Sebaliknya, jika Anda berpikir tentang ketakutan berbuat salah dan minder, maka Anda akan melakukan sesuatu yang buruk, walaupun Anda sebenarnya Anda bisa melakukan hal itu dengan baik.
 
Prinsip dasar terpenting yang pernah ditemukan adalah bahwa, semua orang, termasuk pemimpin selalu menjadi seperti apa yang mereka pikirkan. Kehidupan di luar mereka, kehidupan yang kasat mata, yang dilihat orang, sesungguhnya ditentukan oleh apa yang ada di dalam diri mereka. Seringkali apa yang sedang terjadi di luar adalah refleksi, dan manifestasi dari apa yang sedang terjadi dalam diri mereka. Anda bisa mengetahui kondisi di dalam diri seorang pemimpin dengan memerhatikan apa yang dilakukannya.
 
Pikiran Anda sangat luar biasa! Pikiran Anda mengendalikan, dan menentukan hampir semua yang terjadi dalam hidup Anda. Pikiran Anda dapat membuat Anda bahagia atau sedih, percaya diri atau minder, positif atau negatif, pemenang atau pecundang. Apa yang sedang Anda pikirkan dapat menyebabkan jantung Anda berdetak kencang, membuat Anda bisa tidur lelap, atau membuat Anda terjaga sepanjang malam, alias tidak bisa tidur.
 
Manusia, sebagai makhluk complex, merupakan hasil serangkaian elemen-elemen pikiran, perasaan, sikap, keinginan, harapan, opini, dan ambisi. Setiap elemen ini selalu berubah-ubah, terkadang berubah sangat cepat. Setiap elemen ini saling memberikan dampak satu sama lain, kadang-kadang dengan cara yang tak terduga. Keseluruhan hidup Anda adalah hasil dari keterkaitan dari elemen-elemen itu.
 
Pada kenyataannya, pikiran Anda dapat membuat Anda sukses atau gagal. Pikiran Anda memicu tindakan-tindakan Anda, menentukan hidup Anda. Berita baiknya adalah: apa yang Anda pikirkan berada dalam kendali Anda. The Law of Belief mengajarkan, ”Apapun yang pemimpin pikirkan dan percayai, akan menjadi kenyataaan.”
 
Pemimpin-pemimpin sukses tahu betul hal ini. Itu sebabnya, mereka memilih dengan sadar apa yang mereka pikirkan. Oleh karenanya, jika Anda ingin menjadi pemimpin sukses seperti mereka, maka Anda juga harus belajar memikirkan hal-hal yang sama. Jika Anda mengubah cara berpikir Anda, maka Anda akan mengubah hidup Anda. Lee Iacocca, salah seorang pemimpin dibidang otomotif, berkata, ”Penemuan terbesar dari generasi ini adalah bahwa para pemimpin dapat mengubah kehidupan mereka dengan mengubah cara berpikir mereka.”
 
 
Menangkan Pikiran & Ubah Sikap Anda
 
Suatu kali saya hadir dalam acara reuni sekolah. Saya bertemu dengan beberapa teman yang sudah belasan bahkan puluhan tahun tidak berjumpa. Saya terkejut dengan banyaknya perubahan yang terjadi dalam diri mereka. Mereka telah berhasil menjadi pemimpin.
 
Ada kawan yang kurang pintar, sekarang berhasil menjadi pemimpin perusahaan sukses. Kawan lain yang kelihatan aneh, berhasil menduduki posisi direktur di sebuah perusahaan besar. Yang lain lagi, orangnya kuper, sukses menjadi pengacara. Saya bertanya di dalam hati, ”Bagaimana cara mereka bisa mencapai hal-hal itu?”
 
Setelah ngobrol-ngobrol dengan mereka, saya menarik kesimpulan bahwa orang-orang itu telah berubah. Mereka mengubah cara mereka berpikir. Mereka berhasil mentransformasi diri. Saya memberikan penilaian berdasarkan bagaimana mereka adanya ketika masih di bangku sekolah dulu. Itu sebabnya saya terkejut dengan pencapaian mereka. Padahal, mereka telah mengubah cara berpikir, sikap, dan tindakan mereka menuju ke arah yang lebih baik.
 
 
“Segala sesuatu adalah mungkin selama Anda benar-benar memikirkan, mengerjakan dan menyediakan waktu untuk hal itu. Pikiran Anda benar-benar mengendalikan segala sesuatu.”
~Michael Phelps~
 
 
Perubahan tidak terjadi dalam sekejab. Mereka berevolusi secara perlahan. Itu sebabnya seringkali perubahan itu tidak terlihat oleh orang-orang yang bertemu dengan mereka setiap hari. Sama seperti orangtua tidak melihat perubahan seorang anak kecil seperti yang dilihat orang lain. Tetapi bagi mereka yang tidak bertemu selama bertahun-tahun, perubahan itu begitu luar biasa, seperti seekor ulat yang bermetamorfosis menjadi kupu-kupu.
 
Jadi, jika Anda ingin mengubah hidup Anda, mulailah dengan mengubah pikiran Anda. Carilah orang-orang sukses yang Anda hormati di bidang yang Anda sukai. Pahami dan tirulah jalan pikiran mereka. Percayalah bahwa Anda bisa berubah menjadi seperti mereka. Michael Phelps, seorang atlet renang yang berhasil meraih delapan medali emas di Olimpiade Beijing 2008, dalam bukunya ”No Limits” berkata, “Segala sesuatu adalah mungkin selama Anda benar-benar memikirkan, mengerjakan dan menyediakan waktu untuk hal itu. Pikiran Anda benar-benar mengendalikan segala sesuatu.”
 
Banyak pemimpin tidak dapat menjadi pemimpin efektif karena pola pikir mereka salah. Mereka tidak dapat menjalani kehidupan positif dengan memikirkan hal-hal negatif. Mereka tidak dapat memiliki pikiran-pikiran kegagalan dan mengharapkan keberhasilan. Kehidupan mengikuti pikiran-pikiran mereka. Kehidupan mereka tidak akan berubah sampai mereka mengubah pikiran mereka terlebih dahulu.
 
Ketika membaca buku ini, mungkin beberapa di antara pemimpin berkata, ”Tapi keadaan saya sekarang tertekan. Krisis ekonomi sedang melanda seluruh dunia ini. Banyak hal negatif yang tidak diharapkan terjadi dalam hidup saya. Orang-orang tidak bisa mengerti saya. Orang-orang yang saya pimpin tidak mengikuti saya. Kepemimpinan saya lemah.”
 
Saya mengerti keadaan Anda. Anda mungkin sekarang sedang berada dalam keadaan negatif. Anda mungkin merasa berada dalam kondisi paling bawah dari seluruh perjalanan hidup Anda. Anda mungkin merasa gagal. Kepemimpinan Anda barangkali tidak berhasil. Barangkali ada banyak hal negatif yang menimpa hidup Anda akhir-akhir ini. Tetapi saya mau katakan ini kepada Anda, jangan membuat kesalahan dengan tenggelam dalam hal-hal itu! Anda jangan terus bersedih dan meratapinya. Anda harus bangkit! Anda harus mengarahkan pikiran Anda ke arah yang baru. Ingat! Kehidupan Anda mengikuti pikiran-pikiran Anda. Kehidupan Anda tidak akan berubah sampai Anda mengubah pikiran Anda terlebih dahulu. Kahlil Gibran bertutur, “Kehidupan para pemimpin tidak ditentukan oleh apa yang dibawa oleh kehidupan ini kepada mereka, tetapi lebih ditentukan oleh bagaimana sikap mereka ke hidup ini; tidak ditentukan oleh apa yang terjadi ke mereka, tetapi ditentukan oleh cara berpikir mereka melihat apa yang terjadi.”
 
Pikiran pemimpin harus dimenangkan terlebih dahulu. Jika pemimpin pesimis, maka itu bagai virus yang akan menyebar dengan cepat ke seluruh organisasi. Jika pemimpin berpikir negatif, maka sulit meminta bawahan Anda berpikir positif. Jika Anda tidak berpikir bahwa Anda berhasil, Anda tidak akan pernah berhasil. Jika Anda tidak berpikir bahwa Anda bisa keluar dari masalah Anda, Anda tidak akan pernah keluar dari masalah Anda. Jadi mulai hari ini, Anda harus membuat keputusan untuk menjaga pikiran Anda terpusat pada hal-hal yang positif.
 
 
“Kehidupan para pemimpin tidak ditentukan oleh apa yang dibawa oleh kehidupan ini kepada mereka, tetapi lebih ditentukan oleh bagaimana sikap mereka terhadap hidup ini; tidak pula ditentukan oleh apa yang terjadi atas mereka, tetapi ditentukan oleh cara berpikir mereka dalam melihat apa yang terjadi.”
~Kahlil Gibran~

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

4 Jenis Komunikasi Yang Efektif

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z

3 Kondisi Kerja yang Menekan dan Cara Menghadapinya

15 Ciri Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif Dalam Pengembangan Karier

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

12 Bahasa Tubuh Yang Dihindari Pada Wawancara Kerja

3 Cara Menjadi Diri Sendiri

Cara Kerja di Perusahaan Baru

3 Tips Merespon Pekerjaan Tambahan

Ingin Hasil Kerja Lebih Baik? Lakukan 8 Hal ini.

Pengalaman Interview Seseorang

4 Cara Negosiasi Yang Efektif

Menjaga Komitmen Kerja

6 Hal Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

40 Kata-Kata Motivasi Kerja

7 Strategi Manajemen Waktu

3 Cara Menghadapi Kesulitan

Wawancara Kerja: Hobi, Pengalaman dan Kesuksesan

4 Cara Meraih Kesuksesan Di Bidang Penjualan

3 Cara Utama Menjadi Wanita Karier Hebat Indonesia

Perbedaan Empati dan Simpati

8 Cara Menghadapi Lingkungan Kerja yang Sulit

2 Cara Keluar Dari Zona Nyaman

3 Cara Agar Sukses di Usia Muda

7 Cara Hidup Bahagia

15 Cara Agar Berhasil Melewati Wawancara Kerja