×
STUDILMU Career Advice - Perjalanan Semua Pemimpin Sukses
Leadership

Perjalanan Semua Pemimpin Sukses

STUDILMU Users By Berny Gomulya

Sebelum tahun 1954, hampir semua orang percaya bahwa manusia tidak mungkin bisa berlari sejauh 1 mil hanya dalam waktu kurang dari 4 menit. Para dokter berkata bahwa berlari 1 mil dalam waktu 4 menit tidak mungkin dilakukan. Jika ada orang yang melakukannya pasti akan meninggal. Tetapi ternyata pelari Inggris, Roger Bannister membuktikan bahwa pendapat itu salah. Ini menunjukkan bahwa tantangan terbesar dalam hidup ini adalah mencapai hal-hal yang tidak mungkin. Martin Luther King, Jr menasihati, ”Apapun pekerjaan Anda, lakukan dengan baik, sedemikian rupa sehingga baik orang yang masih hidup, sudah meninggal, atau yang belum lahir tidak bisa melakukan pekerjaan itu lebih baik dari pada yang Anda lakukan.”
 
Salah satu cara terbaik untuk mencapai hasil yang luar biasa dalam bidang apapun adalah dengan melakukan latihan rutin setiap hari. Para atlet ternama mengetahui dengan persis hal ini. Mereka tahu bahwa hanya dengan latihan rutin setiap hari mereka bisa menjadi juara. Sesungguhnya, para juara tidak menjadi juara di arena pertandingan. Ketika di arena, sebenarnya mereka hanya mendapat pengakuan sebagai juara. Tetapi pembentukan diri menjadi seorang juara justru mereka peroleh melalui kegigihan dalam kedisiplinan latihan setiap hari. 
 
Michael Phelps, atlet renang yang berhasil meraih delapan medali emas di Olimpiade Beijing 2008, membagikan rahasia kesuksesannya dalam bukunya ”No Limits” bahwa dia latihan selama 6 sampai 8 jam setiap hari. Ketika mungkin teman-temannya menonton televisi, jalan-jalan di mal, dan santai, dia sedang sibuk berlatih. Dia berani membayar harga untuk sebuah kesuksesan.
 
”Apapun pekerjaan Anda, lakukan dengan baik, sedemikian rupa sehingga baik orang yang masih hidup, sudah meninggal, atau yang belum lahir tidak bisa melakukan pekerjaan itu lebih baik dari pada yang Anda lakukan.”
~Martin Luther King, Jr~
 
Malcolm Gladwell dalam bukunya Outliers mengatakan bahwa pemimpin bisa sukses luar biasa karena menempa diri dengan latihan yang luar biasa kerasnya (disebut sebagai: ”The 10.000 Hour Rule”). Mereka melatih kemampuannya di satu bidang tertentu selama minimal 10.000 jam, atau kira-kira berlatih empat jam sehari secara terus-menerus selama sepuluh tahun.
 
Bill Gates sukses menciptakan Windows karena melatih kemampuannya mendesain software selama kira-kira 10.000 jam sebelum dia menciptakan software yang mengubah dunia tersebut. The Beatles sukses menjadi ikon musik rock karena berlatih kira-kira 10.000 jam setiap malam  saat diberi kesempatan manggung di sebuah klub di Hamburg. Mozart menjadi komponis luar biasa karena berlatih menggubah lagu selama lebih dari 10.000 jam sebelum ia menciptakan karya-karya legendarisnya.
 
Anda perlu berlatih setiap hari agar bisa tiba di tujuan Anda. Para atlet dan pemimpin sukses tahu persis prinsip ini. Latihan membutuhkan kedisiplinan. Harga sebuah kedisiplinan adalah lebih murah dari pada rasa sakit karena menyesal. Anda tidak mungkin bisa mencapai mimpi-mimpi Anda tanpa pengorbanan dan membayar harga dalam dedikasi dan pengendalian diri. Bayar harga dengan kerja keras! Semua pemimpin sukses mengerti hal ini.
 
Sebuah pepatah kuno berkata, ”Semakin keras saya bekerja, maka saya semakin beruntung.” Jika Anda keras dengan diri sendiri maka hidup ini akan lunak dengan Anda, tetapi jika Anda lunak terhadap diri sendiri, maka hidup ini akan keras terhadap Anda. Kehidupan ini hanya menolong orang-orang yang menolong dirinya sendiri. Saya percaya bahwa kita mendapatkan dari kehidupan ini apa yang kita berikan pada kehidupan ini. Saya percaya bahwa hal-hal baik terjadi pada orang yang ingin berusaha, melatih terus kedisplinan, memberikan pengorbanan, dan membayar harga. Setiap tindakan memiliki konsekuensi. Semakin Anda melakukan hal baik, maka kesempatan Anda untuk sukses semakin besar.
 
Jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang efektif, Anda bisa melakukannya. Setiap orang memiliki potensi itu, tetapi itu tidak terjadi dalam semalam. Itu menuntut ketekunan, disiplin, dan kerja keras. Kepemimpinan adalah proses seumur hidup.
 
Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa dengan bekerja keras, Anda melupakan keseimbangan antara pekerjaan dan aspek kehidupan Anda lainnya, misalnya keluarga, sosial dan spiritual. Saya adalah termasuk orang yang percaya bahwa sukses jangka panjang hanya bisa diraih jika ada keseimbangan dalam hidup Anda. Namun, apa yang saya tekankan di sini adalah bahwa semua pencapaian luar biasa, selalu membutuhkan usaha-usaha yang juga luar biasa. Ini adalah hukum alam! Tidak akan pernah berubah!
 
Anda tidak mungkin mendapatkan buah mangga, jika benih yang Anda tanam adalah biji jagung. Tanamlah benih baik kerja keras Anda. Karena apa yang Anda tanam, itu yang Anda tuai. Berikan yang terbaik dalam setiap hal yang Anda lakukan. Kerja keras akan membuka pintu-pintu yang tadinya mungkin tertutup buat Anda. Bayar harga untuk setiap kesuksesan yang Anda ingin capai. Tidak ada perkecualian, semua itu adalah jalan yang harus dilalui oleh semua pemimpin yang ingin mencapai sukses.

Featured Career Advice