×
STUDILMU Career Advice - Peranan Kecerdasan Buatan
Self Improvement

Peranan Kecerdasan Buatan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice, apakah Anda familiar dengan Artificial Intelligence (AI)? Ini bukanlah istilah yang asing lagi bagi kita. Artificial Intelligence yang dikenal dengan sebutan kecerdasan buatan atau lebih dikenal dalam wujud robot, semakin berkembang dengan pesat. Kecerdasan buatan membantu perusahaan-perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan usaha menerapkan sistem otomatisasi besar-besaran. Jadi, saat ini, kita semua sedang dihadapkan dengan kecerdasan buatan.
 
Ada banyak pertanyaan yang mungkin muncul di benak rekan pembaca. Seperti, apa peranan kecerdasan buatan dalam kehidupan kita? Bagaimana kecerdasan buatan ini dapat membantu saya dan juga Anda? Apakah kecerdasan buatan ini sama seperti teknologi lain yang harus kita pelajari untuk kesuksesan hidup? Atau apakah kecerdasan buatan merupakan jalan yang membuat kita berkembang di masa depan? Apakah kecerdasan buatan akan membuat hidup kita lebih baik atau haruskah kita menghidupi berita tentang kiamat yang beredar di media massa? 
 
Jawabannya pasti akan bervariasi, tentunya itu semua tergantung pada peran kita masing-masing. Dan menurut saya, kecerdasan buatan dapat menjadi hal yang menambah nilai bagi kehidupan kita, selama kita menggunakan dengan cara yang baik dan tepat. Mari kita lihat peranan kecerdasan buatan dalam beberapa peran di bawah ini. 
 

Peranan kecerdasan buatan bagi pekerja.

Sebagai pekerja, kita selalu melakukan banyak jenis pekerjaan. Beberapa pekerjaan tersebut menyenangkan, beberapa merupakan hal yang wajib dan beberapa lainnya merupakan pekerjaan yang tidak menyenangkan atau membosankan. Dalam beberapa peran pekerjaan, pekerjaan dapat menjadi hal yang berbahaya. Kecerdasan buatan atau robot telah membantu manusia untuk membuat pekerjaan yang membosankan menjadi pekerjaan yang lebih menyenangkan. Sekalipun pekerjaan menyenangkan tersebut membutuhkan jumlah informasi yang besar, pengetahuan dan kebijakan yang dimiliki kecerdasan buatan dapat membantu kita di masa depan.
 
Kecerdasan buatan juga dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan kita dalam mengonsumsi dan menambah pengetahuan dalam skala besar, bahkan melebihi keahlian, budaya dan kemampuan berbahasa yang kita miliki. Kecerdasan buatan akan membuat kita menjadi lebih aman, lebih pintar dan lebih terlibat. 
 
Nantinya, kita akan belajar untuk berkolaborasi dengan kecerdasan buatan dan mengoptimalkan hasil yang diinginkan. Kita juga akan belajar untuk dapat membangun komunikasi yang lebih baik dengan kecerdasan buatan dan menggunakan kecerdasan buatan ini dengan penuh rasa nyaman. Peranan kecerdasan buatan akan mengoptimalkan produktivitas kita secara kolektif.

Peranan kecerdasan buatan bagi pelanggan.

Sebagai pelanggan, kita semua ingin mencapai tujuan dengan cara yang menyenangkan dan transparan. Walaupun terdapat beberapa kompleksitas saat berurusan dengan organisasi, kita berharap bahwa tujuan kita akan tercapai dengan memaksimalkan waktu, kebutuhan informasi dan usaha yang dapat kita berikan. Kenyataannya, setiap organisasi dibuat untuk mengoptimalkan hasil dan keuntungan mereka. 
 
Jika pengalaman pelanggan dapat digabungkan dengan kecerdasan buatan, maka kompleksitas dan kebutuhan organisasi akan memudar, sementara, kebutuhan pelanggan akan ditampilkan dalam sistem organisasi, pertemuan tatap muka dan kendala. Bahkan, peranan kecerdasan buatan bagi pelanggan adalah membantu kita memilih organisasi yang tepat untuk bekerja sama berdasarkan jumlah data sosial dan hukum yang biasanya ditampilkan dalam teks komentar.
 
Kecerdasan buatan juga dapat menyarankan pendekatan yang paling cocok untuk konsumen, baik pelanggan yang telah ada maupun pelanggan yang sedang ditargetkan. Kecerdasan buatan membuat kekuatan berada di tangan konsumen. Ketika konsumen menjadi pelanggan, kecerdasan buatan dapat membantu kualitas pelayanan yang dapat mendeteksi bahkan menanggapi suasana hati pelanggan dengan tepat.
 

Peranan kecerdasan buatan bagi individu.

Sebagai individu, setiap kita selalu berusaha untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi dan menjadi warga Negara yang lebih baik juga. Kecerdasan buatan juga dapat membantu peran kita dalam kehidupan sehari-hari. Dalam interaksi yang terdiri dari berbagai budaya, kecerdasan buatan membantu kita untuk menerjemahkan bahasa dan budaya yang berlaku. Kecerdasan buatan juga membantu kita untuk berinteraksi dengan orang lain dengan memberikan masukan akan perilaku yang tepat dalam sebuah situasi. Bisakah Anda bayangkan jika sara yang didapat dari kecerdasan buatan ini dibisikkan di telinga Anda? Pastinya akan sangat mengagumkan.
 
Peranan kecerdasan buatan bagi individu juga dapat membantu kita dalam melakukan langkah-langkah perbaikan diri yang tepat. Misalnya, saya ingin menjadi seorang seniman yang lebih baik, kecerdasan buatan akan menyarankan saya untuk mengikuti video pelatihan berdasarkan karya seni yang saya buat. Dengan cara yang sama, kecerdasan buatan juga dapat mengajarkan saya cara menulis yang lebih baik berdasarkan jumlah topik dalam blog saya. Sebagai pelatih pribadi, kecerdasan buatan akan membantu saya untuk memusatkan topik penulisan dengan tujuan yang saya miliki.
 
Dengan kata lain, kecerdasan buatan akan membantu kita secara fisik maupun mental. Tentunya, peluang kita untuk terus memperbaiki diri berada dalam jumlah yang tinggi. 
 
Itulah 3 peranan kecerdasan buatan bagi kita, baik sebagai pekerja, pelanggan atau bahkan pribadi yang terus berusaha menjadi lebih baik lagi. Kecerdasan buatan akan menambah nilai bagi kehidupan kita. Tetapi, jika digunakan dengan cara yang salah dan ditangan orang jahat, kecerdasan buatan akan menjadi hal yang membahayakan. Apakah kecerdasan buatan atau robot akan menggantikan kita, umat manusia? Tentunya tidak. Mereka hanya diciptakan  untuk membantu kita menjadi lebih mudah dalam menjalankan pekerjaan dan kehidupan kita.
 
Semua bergantung pada kita , sebagai orang yang menggunakan kecerdasan buatan ini. Apakah kita akan menggunakan dengan cara yang bijak atau salah, sama seperti teknologi lainnya. Menurut saya, kecerdasan buatan ini akan mampu membantu kita dengan cara-cara yang tidak terpikirkan sebelumnya. Jadi, bagaimana dengan rekan pembaca? Apakah Anda siap masuk dalam era yang terus mengembangkan kecerdasan buatan ini dan melibatkan kecerdasan buatan mengambil peranan dalam kehidupan Anda?

Featured Career Advice