Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Pengertian Inovasi, Manfaat Inovasi, Tujuan Inovasi dan 5 Mitos Inovasi

Pengertian Inovasi, Manfaat Inovasi, Tujuan Inovasi dan 5 Mitos Inovasi


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

“Ada banyak kesalahpahaman bahwa inovasi hanya bisa diciptakan dari otak muda yang cerdas, sehingga ide-ide inovatif lebih mudah untuk dibuat. Padahal, inovasi adalah sesuatu yang tahan lama dan abadi, sehingga bukan hanya otak muda saja yang bisa menghasilkan inovasi, namun semua orang bisa melakukannya.”
 

Jika Inovasi adalah Keabadian, Lalu Apa Pengertian Inovasi? 

Kita tahu bahwa setiap generasi memiliki keunikannya masing-masing dalam menciptakan sesuatu yang baru. Setiap generasi bisa membuat “gebrakan baru” tersendiri yang dapat memukau para generasi lain. Tidak hanya sebuah gebrakan baru, namun hal tersebut bisa digunakan oleh banyak orang. Misalnya, generasi muda millennial membuat suatu kosa kata gaul baru dan nantinya kosa kata tersebut dijadikan suatu benda yang inovatif oleh seseorang. Sampai akhirnya, benda tersebut pun bisa memudahkan kegiatan manusia dan bisa dikategorikan sebagai inovasi baru
 
Di zaman modern seperti sekarang ini, contoh inovasi adalah suatu kosakata menarik yang dibuat terkenal oleh para millennial yaitu, selfie (berfoto sendiri). Kata selfie ini kemudian menjadi sangat booming di semua generasi. Sampai pada akhirnya, orang-orang yang inovatif membuat suatu benda yang dinamakan tongsis, yang sangat bermanfaat bagi orang-orang yang suka melakukan selfie. Ada bermacam-macam inovasi dalam kehidupan kita, begitu juga manfaat inovasi yang diberikan kepada kehidupan manusia. 
 
Jika Inovasi adalah keabadian, Lantas bagaimana dengan Pengertian Inovasi? Inovasi menurut para ahli adalah suatu contoh dimana suatu kreativitas, daya cipta dan inisiatif kuat dapat menghasilkan sesuatu yang secara materi jauh lebih baik daripada penemuan-penemuan sebelumnya. Jadi, salah satu tujuan inovasi adalah menciptakan kemudahan baru untuk kehidupan manusia melalui penemuan atau perkembangan baru dari ide-ide inovatif yang berhasil diwujudkan dengan baik. Suatu inovasi juga erat kaitannya dengan inovasi produk. Inovasi produk adalah suatu penciptaan baru yang mengandung beberapa unsur di bawah ini:
- Teknologi baru.
- Layanan dan solusi baru.
- Pengalaman baru. 
- Proses dan metode baru. 
- Sebuah hasil yang sangat berharga.
- Fashion dan desain baru. 
- Suatu barang atau produk sosial yang berguna bagi banyak orang. 
 

Apa Saja Manfaat Inovasi bagi Bisnis?

Hampir dari kita semua sepakat bahwa inovasi secara umum akan membawa manfaat banyak bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah mempermudah urusan dan pekerjaan manusia. Namun, bagaimana dengan manfaat inovasi bagi bisnis? 
 
Tentunya para pebisnis dan pengusaha akan selalu berusaha untuk mencari cara-cara baru dalam meningkatkan bisnis mereka. Mereka harus menemukan cara baru untuk menyelesaikan masalah, meningkatkan produktivitas karyawan, dan menyaingi para kompetitor dengan sangat baik. 
 
Solusi terbaik untuk menyelesaikan semua masalah tersebut adalah mendorong kreativitas yang kita miliki dan berusaha mewujudkan inovasi-inovasi baru. Singkatnya, tanpa kedua hal tersebut kita akan selalu terjebak dengan metode lama yang tidak akan menghasilkan inovasi apapun. 
 
Pada artikel kali ini, selain membahas tentang pengertian inovasi, kita juga akan membahas tentang beberapa manfaat inovasi, tujuan inovasi, serta 5 mitos yang sering melekat pada inovasi. Menurut website all business dot com, ada 4 manfaat inovasi paling utama yang pasti akan dirasakan oleh setiap bisnis, jika mereka terus mendorong diri untuk berinovasi. Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Inovasi dapat Memecahkan Permasalahan yang Terlihat Tidak Mungkin untuk Diselesaikan.

Kebanyakan bisnis selalu berputar-putar dalam putaran yang sama. Maksudnya, ketika suatu permasalahan besar datang, mereka hanya berusaha untuk menggunakan solusi lama yang dulunya sudah pernah dicoba. Padahal, jelas bahwa semua solusi lama tersebut tidak memberikan hasil yang efektif. Sehingga, semua usaha sebenarnya hanya akan sia-sia saja. 
 
Jadi, apabila bisnis kita memiliki masalah yang sepertinya tidak pernah hilang karena sangat sulit untuk diselesaikan, mungkin salah satu penyebab utamanya adalah kita selalu mengandalkan solusi lama yang tidak efektif. Solusi ampuhnya adalah kita perlu mendorong diri dan seluruh anggota tim untuk berpikir kreatif dan membangun inovasi baru dalam menyelesaikan masalah yang ada. Solusi yang inovatif akan menyelesaikan permasalahan bisnis yang sangat rumit. 
 

2. Inovasi dapat Meningkatkan Produktivitas Diri dan Karyawan di Tempat Kerja. 

Hebatnya lagi, inovasi bisa membantu kita dalam meningkatkan produktivitas diri dan karyawan di tempat kerja.
 
Misalnya, ketika kita melakukan observasi selama beberapa kali, kita menemukan banyak karyawan yang tidak bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Mereka suka mengundur-undur pekerjaan dan seringkali lewat dari tenggat waktu. Jika memang ini yang terjadi pada diri sendiri atau karyawan di kantor, maka inovasi dapat menjadi solusi yang terbaik. 
 
Coba gunakan ide-ide kreativitas kita untuk memikirkan hal-hal apa saja yang sebenarnya dapat disederhanakan, misalnya kebijakan kantor yang terlalu mengikat dan menyusahkan karyawan membuat mereka menjadi merasa semakin tertekan. Kira-kita bagian kebijakan mana yang bisa kita sederhanakan? Atau mungkin ruangan kerja terlihat sangat gelap dan membosankan, lantas inovasi apa yang bisa kita lakukan untuk menyulap ruangan kerja menjadi lebih menarik dan menyenangkan? Jangan remehkan suatu inovasi ya, karena inovasi yang kuat di dalam perusahaan akan membuat para karyawannya menjadi lebih “hidup” kembali. 
 

3. Inovasi dapat Menampilkan Kualitas-Kualitas yang Unik.

Kami yakin hampir semua pebisnis setuju bahwa bisnis mereka bisa menjadi lebih “menonjol” daripada kompetitor lainnya karena kualitas unik yang berhasil mereka ciptakan, sehingga dapat membedakan bisnis mereka dengan para kompetitor. Konsumen memang suka segala sesuatu yang berbeda, unik, namun kualitasnya tidak lebih rendah dari produk-produk sebelumnya. 
 
Dengan kualitas yang unik, bisnis kita akan semakin spesifik dan mengerucut. Sehingga, kita memiliki target pelanggan khusus untuk bisnis kita sendiri. Kita tidak perlu khawatir jika kompetitor akan berusaha untuk menarik perhatian pelanggan kita, karena pelanggan kita tahu keunikan dan kepuasan yang mereka mau hanya bisa didapatkan dari bisnis kita.
 

4. Inovasi dapat Membantu Bisnis Kita Mengalahkan Para Pesaing Bisnis yang Tangguh.

Ketika kita adalah seorang pemikir inovatif dalam bisnis, maka secara otomatis kita dapat mengalahkan para pesaing terberat kita dalam bisnis. Kita akan lebih lihai dalam mencari cara untuk merancang produk-produk baru, terhubung dan meningkatkan customer service dengan kualitas yang dapat diandalkan, mempromosikan bisnis kita secara efektif, meningkatkan penjualan, mengembangkan strategi periklanan produk, dan lain sebagainya. 
 

Apa Saja Tujuan Inovasi yang Perlu Kita Ketahui?

Sekarang kita sudah mengenal dan memahami manfaat apa saja yang bisa diberikan oleh inovasi dalam bisnis kita. Lantas, apa yang sebenarnya menjadi tujuan inovasi? Tujuan inovasi adalah tujuan untuk memperbaiki berbagai hal yang sebelumnya sudah ada. Kebanyakan inovasi yang telah tercipta pastinya membutuhkan eksperimen, pengambilan risiko yang besar, dan kreativitas yang tinggi. Oleh karena itu untuk meraih tujuan inovasi, kita akan melibatkan banyak ketidakpastian demi bisa mendapatkan perbaikan yang tepat dan cepat. Yuk, sekarang kita simak 13 tujuan inovasi berikut ini. 
 

1. Menghemat Waktu

Inovasi membuat waktu seakan-akan mudah untuk kita kendalikan. Inovasi bertujuan untuk membantu manusia agar kita dapat menggunakan waktu secara lebih efektif dan efisien. Misalnya, produsen alat-alat masak berhasil menciptakan oven atau alat pemanggang yang dapat membantu makanan kita matang dalam waktu 10 menit. Padahal sebelumnya, kita perlu waktu 30 menit untuk melakukannya. Dengan begini, kita sudah menggunakan waktu dengan sangat efektif. 
 

2. Meningkatkan Produktivitas

Inovasi bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, karena dengan menerapkan inovasi kita bisa mengerjakan banyak hal atau menghasilkan output dalam waktu yang singkat. Misalnya, dengan hadirnya mesin fotocopy, kita tidak perlu menyalin catatan berlembar-lembar, kita hanya perlu meletakkannya di mesin fotocopy dan menggandakannya dengan jumlah yang banyak. 
 

3. Meningkatkan Efisiensi

Tentu saja, inovasi juga membantu kita untuk lebih efisien dalam bekerja. Efisien yang tinggi akan semakin memperbanyak output yang kita hasilkan, namun tanpa ongkos atau biaya yang berlebihan. 
 

4. Memperbaiki dan Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan Jasa

Kehidupan bisnis akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Dalam hal ini, inovasi bertujuan untuk membantu manusia dalam terus meningkatkan kualitas produk dan layanan jasa agar sesuai dengan kebutuhan zaman. 
 

5. Menciptakan Kenyamanan

Inovasi bertujuan untuk membuat segalanya menjadi lebih mudah bagi pelanggan. Sebagai contoh, untuk membuat passport, kita tidak perlu datang mengantri pagi-pagi di depan kantor imigrasi, namun inovasi telah membantu kita untuk menciptakan suatu software yang memudahkan publik dalam mengisi formulir dan mendapat nomor antrian melalui internet. 
 

6. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Kebutuhan manusia memang tidak terbatas, namun inovasi akan membantu kita dalam memenuhi kebutuhan manusia secara perlahan-lahan, namun pasti. Misalnya, para ahli berusaha untuk menemukan obat kanker yang ampuh untuk para penderita kanker saat ini. 
 

7. Pengalaman Pelanggan yang Memuaskan

Ketika pelanggan memiliki pengalaman yang memuaskan atau customer experience yang baik terhadap produk atau layanan jasa kita, maka mereka cenderung loyal dengan bisnis kita. Inovasi dapat mempermudah kita dalam menciptakan customer experience yang menyenangkan melalui perkembangan teknologi. 
 

8. Mengurangi Risiko

Inovasi juga bertujuan untuk mengurangi risiko bisnis yang sebelumnya sering kita hadapi. Misalnya, risiko tabrakan yang sering terjadi ketika memarkir mobil. Inovasi membantu manusia untuk menciptakan alarm parkir yang berguna untuk menghindari kecelakaan atau risiko lain di tempat parkir. 
 

9. Mempercepat Kinerja Diri dan Karyawan

Inovasi juga bertujuan untuk membantu percepatan kinerja kerja kita sehari-hari. Dengan inovasi, kita akan lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan. 
 

10. Mengembangkan Wawasan atau Pengetahuan yang Kita Miliki

Semakin berkembangnya inovasi, maka semakin berkembang ilmu pengetahuan yang kita miliki. Misalnya, dulu kita mungkin akan kesulitan untuk belajar bahasa asing. Namun, inovasi dalam perkembangan teknologi telah membantu kita untuk belajar secara online. 
 

11. Bisnis Kita akan Semakin Kompetitif

Tidak dapat disangkal lagi bahwa dengan bantuan inovasi, maka bisnis kita akan semakin kompetitif dan hebat. 
 

12. Menjamin Keberlanjutan Hidup di Masa Depan

Dengan adanya inovasi, manusia yang hidup di zaman sekarang dapat berusaha dan bekerja keras untuk menjamin keberlanjutan kehidupan anak cucu mereka di masa mendatang. Misalnya, inovasi membantu para peneliti untuk mencari pengganti bahan bakar yang dapat digunakan di masa depan. 
 

13. Meningkatkan Kualitas Hidup

Tujuan inovasi yang terakhir dan tidak kalah penting adalah membuat kehidupan kita menjadi lebih baik seperti, membuat desain tata kota yang ramah lingkungan dimana kehidupan manusia dan alam akan lebih seimbang di masa depan. 
 

Apa Saja Mitos yang Melekat dengan Inovasi?

Ternyata, selain terkenal dengan manfaat dan tujuannya, Inovasi juga memiliki beberapa mitos loh, rekan-rekan. Penasaran apa saja mitos yang melekat pada inovasi? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Inovasi adalah Hasil dari Pekerjaan yang Dilakukan Bersama Tim Kerja.

Kita sering mendengar pernyataan bahwa “Inovasi hanya akan terbentuk ketika tim kerja bekerja dengan kompak”. Padahal, inovasi hanya bisa terbentuk jika para pemimpin atau “orang-orang bagian atas” juga ikut mendorong inovasi tersebut terbentuk di dalam perusahaan. Jadi, jangan hanya menggantungkan inovasi yang kita inginkan kepada tim kerja saja. Jika kita adalah seorang pemimpin, maka doronglah inovasi tersebut agar segera terbentuk dengan baik. 
 

2. Inovasi akan Datang dengan Sendirinya.

Masalahnya, masih banyak orang yang berpikir bahwa “Jika kita berusaha untuk membangun inovasi, maka secara otomatis inovasi tersebut akan datang ke dalam kehidupan kita”. Nyatanya, itu hanyalah sebuah mitos belaka. Inovasi tidak semudah itu untuk terbentuk. Logikanya, jika kita membuat sebuah inovasi pada produk atau layanan jasa kita, maka kita perlu mempromosikannya secara besar-besaran. Mengapa demikian? Karena belum tentu inovasi yang kita buat dapat diketahui oleh banyak orang. Jadi, jangan beranggapan bahwa inovasi akan datang dengan sendirinya. 
 

3. Pelanggan akan Memberi Arahan kepada Kita tentang Bagaimana Caranya Berinovasi.

Banyak orang yang beranggapan bahwa berhubungan langsung dengan pelanggan akan membantu kita untuk lebih terarah tentang bagaimana cara berinovasi yang benar. Kenyataannya, tidak semudah itu loh. Faktanya, pelanggan akan lebih sering menyampaikan kritik dan umpan baliknya yang berkaitan dengan rasa ketidakpuasan yang dialaminya pada produk atau layanan jasa kita, bukan tentang bagaimana kita harus berinovasi. Kalaupun ada, persentasenya hanya sedikit sekali. Jadi untuk menciptakan inovasi yang baik, kita perlu mengarahkan umpan balik yang pelanggan berikan ke dalam kategori inovasi yang perlu kita lakukan.  
 

4. Inovasi Membutuhkan Teknologi yang Sangat Besar.

Inovasi memang sangat berkaitan dengan teknologi, tapi nyatanya untuk menghasilkan suatu inovasi, kita tidak selalu memerlukan teknologi. Hal paling terpenting untuk menghasilkan inovasi adalah mendorong diri kita untuk berpikir secara kreatif dan inovatif, bukan sekedar memiliki teknologi yang besar. 
 

5. Inovasi bukan berarti Memiliki Impian Setinggi Bulan.

Ya, inovasi memang akan membawa manusia ke dalam kehidupan yang sangat berbeda dari waktu-waktu sebelumnya. Namun, inovasi perlu memiliki batasan impian yang realistis, bukan impian yang mengada-ada. Misalnya, memiliki kehidupan yang baik dan sejahtera di atas bulan. Sehebat apapun inovasi, manusia tetap harus tinggal dalam dunianya yang realistis. 
 
Kita sudah menyimak pengertian inovasi, manfaat inovasi, tujuan inovasi dan 5 mitos inovasi yang sering kita dengar di kalangan masyarakat. Jadi, apakah rekan-rekan sudah siap untuk berinovasi? Yuk, kita mulai menciptakan inovasi yang membanggakan mulai dari sekarang. Semangat ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advice
Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Communication

Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Leadership

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Leadership

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

Leadership

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

Emotional Intelligence

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya

Leadership

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya