×
STUDILMU Career Advice - Pengertian E-Learning
E-learning

Pengertian E-Learning

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
E-learning ini adalah sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Hampir semua orang berpindah dari metode pembelajaran tradisional ke e-learning. Wah, menarik bukan? 
 
Sekarang coba kita pikirkan, kira-kira adakah bentuk e-learning yang efektif untuk pelatihan industri? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 
Setiap industri pasti memiliki kebutuhan pelatihan, pembelajaran serta spesifikasi yang berbeda-beda. Sebagai contoh, Industri pengolahan kertas akan memiliki pelatihan industri yang sangat berbeda dengan industri tekstil. Bagaimana tidak? Dari bahan baku yang diperlukan saja sudah sangat berbeda. Jadi, tentunya materi yang disampaikan saat pelatihan berlangsung juga akan berbeda. 
 
Inilah mengapa Industri E-Learning harus terus menerus mengembangkan konten dan kualitas mereka agar bisa terus mengikuti permintaan pelatihan yang spesifik dan sesuai dengan setiap industri yang ada. Tidak hanya itu, platform e-learning juga perlu untuk terus dimodifikasi agar dapat mendukung kebutuhan pelatihan peserta e-learning dari berbagai industri.
 
Coba kita ambil contoh industri yang paling banyak digandrungi di era digital ini, industri Telekomunikasi. Nah, industri Telekomunikasi ini adalah salah satu industri yang paling terbesar dan paling cepat berkembang di seluruh dunia. Apalagi ditambah dengan kemajuan teknologi, ini berhasil membuat industri Telekomunikasi terus berada di posisi teratas. Popularitas ponsel yang semakin melonjak dengan ditandai banyaknya merk handphone yang bermunculan dari harga yang sangat murah sampai harga yang terus relatif mahal, dan ditambah lagi dengan internet dengan berkecepatan tinggi dengan harga yang murah, yang dapat dijangkau dengan mudah di rumah maupun kantor melalui DSL (Digital Subscriber Line). 
 
Perubahan yang sering terjadi pada teknologi telah membuat pelatihan khusus pada industri Telekomunikasi secara berkelanjutan menjadi sangat penting. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang faktor apa saja yang membuat e-learning menjadi sangat efektif untuk metode pelatihan pada industri Telekomunikasi.
 
Dengan kondisi geografis yang dimiliki oleh Indonesia, tersebar banyaknya pulau-pulau dari Sabang sampai Merauke, ditambah lagi dengan banyaknya peserta dari perusahaan yang berbasis telekomunikasi, ini semakin membuat e-learning menjadi metode pembelajaran yang tepat
 
E-learning dapat membantu semua perusahaan telekomunikasi yang tersebar luas di Indonesia bisa mendapatkan pelatihan khusus yang merata. Para peserta pelatihan di luar pulau Jawa tidak harus datang ke Jakarta untuk dapat pelatihan khusus dari para ahli. Mereka bisa mendapatkan materi pelatihan telekomunikasi yang sama seperti yang didapatkan oleh peserta di Jakarta. 
 
Dengan menggunakan e-learning, ini sangat memungkinkan kita untuk menjangkau semua peserta dengan cara yang sama sambil mencapai skala ekonomi yang diinginkan. Bagaimana dengan jumlah peserta? Apakah akan ada banyak peserta yang tertarik? 
 
Yap, tentu saja. E-learning dapat memberikan pelatihan dengan cara yang tepat dan mulus yang digerakkan oleh peserta pelatihan tersebut, karena para peserta tersebut dapat menyesuaikan jadwal pelatihan yang mereka inginkan sesuai dengan pilihan jadwal yang ada pada e-learning yang mereka pilih. 
 
Untuk mendapatkan hasil pelatihan karyawan yang maksimal, materi pelatihan perlu selalu diperbaharui, ditingkatkan dan dikembangkan agar sesuai dengan permintaan pasar yang sering berubah-ubah dan teknologi yang semakin maju. Nah, ini dapat diungguli oleh e-learning. Dengan menggunakan e-learning, materi pelatihan dapat diubah sesuai kebutuhan setiap industri dan karakteristik masing-masing karyawan di setiap departemen. Ini dapat dilakukan tanpa membuat perubahan yang drastis dalam mekanisme pengiriman dari perubahan materi tersebut. Positifnya? Ini benar-benar menghemat banyak waktu dan pelatihan yang dapat dilakukan dalam jadwal yang benar-benar menantang. 
 
Jadwal yang menantang di sini maksudnya jadwal kerja serta kesibukan tiada henti yang dimiliki masing-masing karyawan di tiap industri, dan tantangan besar ini dapat diatasi oleh e-learning. 
 
Dengan bantuan dari alat-alat interaktif yang digerakkan oleh teknologi yang semakin maju, kita dapat dengan mudah mengembangkan e-learning yang inovatif dan sesuai dengan beragam kebutuhan industri telekomunikasi. 
 
Apa sih manfaatnya dari mengubah materi atau konten pelatihan khusus industri? Manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengutak-atik konten yang sesuai dengan kebutuhan belajar karyawan akan memberikan informasi dan ilmu pengetahuan yang akan membantu mereka menjadi unggul dalam bidang pekerjaan masing-masing. 
 
Sebagai contoh, untuk tenaga penjualan atau sales, sangat penting untuk mereka memahami dengan baik terkait teknologi telekomunikasi yang dapat mendukung mereka menjual produk dengan semaksimal mungkin kepada para pelanggan. 
 
Kelebihan lainnya, modul dalam kursus e-learning dapat dibangun dan digunakan untuk peserta yang berbeda dan memungkinkan peserta untuk memilih modul sesuai dengan kebutuhan industri mereka. 
 
E-learning juga tidak hanya memudahkan para peserta kursus loh! Ini bisa dijadikan salah satu jalan terbaik untuk melatih mereka dalam bekerja lebih baik dan menjadi karyawan yang unggul. Bagaimana bisa? Tentu saja, karena e-learning dapat memberikan banyak kesempatan untuk berlatih dan mendapatkan pengetahuan praktis selain konsep-konsep yang teoritis. 
 
Metode pembelajaran melalui e-learning tidak hanya bermanfaat dan membantu banyak hal untuk bidang telekomunikasi, ini bisa untuk berbagai bidang industri. Meskipun e-learning tidak dapat memberikan metode pembelajaran secara tatap muka dengan para ahli. Namun, dengan kebutuhan kehidupan yang perlu serba cepat dan tepat di era digital ini, semakin memperhalus jalan e-learning untuk ada di hati semua penggunanya. Dan, Indonesia sangat memerlukan e-learning agar dapat menyetarakan pendidikan dan pelatihan para karyawan di setiap industri yang tersebar di Indonesia. 
 
Jadi, sudah siapkah pembaca Career Advice beralih ke e-learning? Jika sudah siap, selamat mencoba belajar melalui e-learning ya, rekan-rekan Career Advice.
 
 
STUDILMU memiliki produk e-learning atau learning management system atau LMS, yaitu STUDILMU LMS. STUDILMU LMS sangat mudah digunakan dengan harga terjangkau. Untuk mengetahui lebih detail, silakan klik link ini: STUDILMU LMS

Featured Career Advice