×
STUDILMU Career Advice - Musik Memperkuat Konsentrasi dan Fokus
E-learning

Musik Memperkuat Konsentrasi dan Fokus

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Nah, supaya tidak salah memilih jenis musik untuk menemani kegiatan kalian supaya bisa lebih berkonsentrasi dan lebih fokus, berikut ini beberapa referensi jenis musik untuk memperkuat konsentrasi dan fokus yang bisa kalian coba.

 

Jenis-Jenis Musik untuk Memperkuat Konsentrasi dan Fokus

1. Klasik

Membahas musik klasik, Wolfgang Amadeus Mozart atau yang lebih sering kita kenal dengan Mozart, merupakan salah satu komponis musik klasik Eropa yang paling berpengaruh dan terkenal sepanjang sejarah bahkan hingga saat ini. Karya-karya yang dihasilkan Mozart begitu banyak hingga telah tercipta kurang lebih 700 karya yang spektakular dan mengagumkan. Dan karena karya-karya musiknya terbukti mampu meningkatkan konsentrasi, fokus, kinerja otak, daya ingat, dan kreativitas untuk hampir seluruh lapisan masyarakat maka Istilah “The Mozart Effect” pun muncul. Bahkan musik Mozart digunakan sebagai salah satu alat atau metode terapi psikologi di bidang Kedokteran.

Disney yang merupakan salah satu perusahan raksasa di industri hiburan selain memproduksi berbagai macam film yang digandrungi oleh berbagai kalangan usia, Disney juga memproduksi musik soundtrack yang mengiringinya, musik-musik karya Disney ini termasuk dalam jenis musik klasik. Saat ini seiring dengan perkembangan teknologi, kita dapat dengan mudah menemukan soundtrack Disney di berbagai platform musik. Beberapa diantaranya ada yang diaransemen orkestra, lantunan piano, hingga jazz. Kumpulan musik klasik atau sering disebut dengan lagu soundtrack Disney ini dapat membantu seseorang untuk lebih fokus dan rileks, musik-musik ini juga akan memicu rasa bahagia dan nostalgia yang membangun suasana hati sehingga dapat lebih mudah berkonsentrasi.

2. Jazz

Jazz adalah jenis musik yang berasal dari orang Amerika kulit hitam yang menonjolkan improvisasi, sinkopasi, ritme, dan diiringi dengan instrumen khusus. Musik Jazz merupakan jenis musik yang sangat personal yang mirip seperti blues, memiliki vokal yang unik, suara instrumental, dan ditambah improvisasi dari pemainnya dan memperlihatkan kesempurnaan dalam sebuah musik. Asal usul kata jazz yaitu kata yang paling banyak dicari dalam bahasa Inggris Amerika modern. Kata Jazz muncul sebagai istilah dari bahasa slang, sebuah daerah pantai barat Amerika Serikat. Penggunaan istilah jazz pertama kali digunakan sebagai istilah musik pada tahun 1915 di Chicago. Musik jazz yang seringkali kerap disebut sebagai kesempurnaan musik ini terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus seseorang karena music jazz menonjolkan improvisasi, sinkopasi, ritme, dan diiringi dengan instrumen khusus.

3. Musik Alam

Musik alam adalah suara yang memiliki nada yang dihasilkan secara natural tanpa bantuan alat buatan tangan manusia. Contohnya suara langkah kaki manusia atau pun hewan yang sedang berjalan atau berlari, suara desiran angin, suara pepohonan atau rerumputan yang saling bergesekan satu dengan lainnya atau suara cuitan burung atau suara hewan lainnya bahkan termasuk juga suara desiran ombak. Musik alam terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus karena memberikan efek rasa ketenangan, keheningan dan kebebasan bagi pendengarnya. Musik alam juga seringkali digunakan sebagai alat bantu terapi tidur bagi seseorang yang mengalami kesulitan untuk tidur.

 

 

Sumber:

https://www.gojek.com/blog/gofix/gofix-lagu-konsentrasi-belajar/

https://www.kalderanews.com/2021/03/5-genre-musik-yang-membantumu-konsentrasi-belajar-cobain/

https://www.generali.co.id/id/healthyliving/detail/372/tingkatkan-fokus-dan-konsentrasi-dengan-musik

https://zonabanten.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-233289516/6-genre-musik-untuk-meningkatkan-fokus-dan-produktivitas

https://www.rukita.co/stories/musik-untuk-tingkatkan-konsentrasi/

123 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice