×
STUDILMU Career Advice - Musik Memperkuat Konsentrasi dan Fokus
E-learning

Musik Memperkuat Konsentrasi dan Fokus

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apakah Musik Dapat Memperkuat Konsentrasi dan Fokus?

Musik dapat menjadi salah satu cara untuk memperkuat konsentrasi dan fokus. Mengapa demikian? Karena pada saat mendengarkan musik, saraf-saraf otak akan jauh lebih aktif untuk bekerja, saraf-saraf akan menimbulkan sinyal-sinyal listrik. Lalu sinyal listrik dari music tersebut akan merangsang hubungan antara otak kiri dan kanan secara bersamaan. Hal inilah yang dapat mengaktifkan area otak yang berhubungan dengan memori, kognitif, dan emosional. Itulah mengapa ketika kita mendengarkan musik mood kita akan terasa lebih baik serta fungsi kognitif otak, terutama daya ingat, lebih meningkat sehingga disaat mendengarkan musik kita akan lebih mudah untuk berkonsentrasi dan lebih fokus.

Selain itu di dalam proses pembuatan setiap musik melibatkan perasaan dan emosional penciptanya. Dan ketika musik tersebut didengarkan oleh para penikmat musik, secara langsung atau tidak langsung mereka akan merasakan apa arti atau makna yang tersirat dari musik tersebut. Para pendengar dapat merasakan emosi yang sesuai dengan arti atau makna dari lagu tersebut.

Musik juga bisa membuat pendengarnya merasa lebih rileks dan menghilangkan rasa penat. Karena dasar itulah musik dapat memotivasi dan meningkatkan suasana hati atau seringkali dikenal dengan “mood” seseorang menjadi lebih bagus. Apabila suasana hati meningkat menjadi bagus, maka otak dan pikiran pun akan lebih mudah untuk berkonsentrasi dan fokus terhadap sesuatu. Namun tidak semua jenis musik dapat meningkatkan atau memperkuat konsentrasi dan fokus. Mari kita kenali musik lebih dalam agar dapat memilih musik yang tepat untuk dapat membantu memperkuat konsentrasi dan fokus dalam menjalankan segala aktivitas.

Di era zaman modern ini, perkembangan music semakin meningkat drastis dan jenis-jenis musik pun semakin bertambah banyak dan beraneka ragam. Berikut beberapa jenis musik di antaranya:

a. Musik Alam

b. Musik Klasik

c. Musik Jazz

d. Musik Blues

e. Musik Country

f. Musik Techno

g. Musik Reggae

h. Musik R&B

i. Musik Rap

j. Musik Metal

k. Musik Dangdut

l. Musik Pop

m. Musik Balada

Musik memang terbukti menjadi salah satu cara yang dapat memperkuat konsentrasi dan fokus seseorang. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk semua jenis musik karena beberapa jenis musik justru dapat mengacaukan atau merusak konsentrasi dan fokus.

Featured Career Advice