×
STUDILMU Career Advice - Menjadi Seorang yang Berpengaruh dan Dihormati
Self Improvement

Menjadi Seorang yang Berpengaruh dan Dihormati

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
“Seorang yang berpengaruh, biasanya dihormati oleh banyak orang”
 
Apakah pembaca Career Advice setuju dengan pernyataan di atas? Ya, sebagai makhluk sosial, pastinya kita ingin keberadaan kita diakui oleh orang lain. Setiap dari kita juga memiliki harga diri yang tidak boleh dijatuhkan oleh orang lain. Inilah mengapa kita perlu menghormati satu sama lain. Menghormati orang lain itu mencakupi rasa dihormati atas apa yang kita capai, dihormati atas setiap ide yang kita berikan. 
 
Di sisi lain, kita juga perlu memberikan pengaruh yang baik di tempat kerja. Ketika kita memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang lain di tempat kerja, secara tidak langsung ini dapat membantu kita mencapai tujuan karier yang diinginkan.
 
Jika pembaca Career Advice sedang mencari tahu bagaimana cara yang efektif untuk menjadi seorang yang berpengaruh dan mendapatkan rasa hormat di tempat kerja, maka artikel ini sangat cocok untuk Anda. 
 

Kira-kira adakah manfaat yang bisa kita dapatkan saat kita menjadi seorang yang berpengaruh di tempat kerja? 

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh seorang pemimpin adalah pandai dalam memengaruhi orang lain. Faktanya, kemampuan mempengaruhi ini tidak hanya berguna bagi para pengusaha atau pedagang, tetapi juga berguna untuk para pemimpin perusahaan, pebisnis dan karyawan di kantor. 
 
Apa contohnya? Saat kita memiliki kemampuan dalam memengaruhi orang lain, kita dapat meraih tujuan karier dengan lebih mudah. Saat kita memiliki proyek di kantor, kita dapat memengaruhi orang lain untuk terlibat dalam proyek dan memberikan kinerja terbaik dari mereka. Tidak hanya itu, dengan menjadi seorang yang berpengaruh, kita juga dapat menyampaikan poin-poin penting kepada orang-orang yang bekerja dengan kita.
 
Ini tidak hanya memberikan dampak yang positif kepada perusahaan, namun ini juga baik untuk pertumbuhan, pengembangan, serta kesuksesan pribadi kita. Pembaca Career Advice perlu selalu ingat bahwa yang dapat menentukan kesuksesan kita di masa depan adalah diri kita sendiri, bukan orang lain.
 

Mengapa Dihormati di Tempat Kerja adalah Sesuatu yang Penting? 

Tentunya ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari merasa dihormati. Contohnya, saat kita dihormati oleh orang lain, ini akan membuat kita menjadi lebih semangat dalam menjalani hari-hari di kantor. Selain itu, ini akan menjadi dorongan yang luar biasa agar kita terus berusaha menjadi seorang yang lebih baik dari hari ke hari.
 
Salah satu indikasi bahwa kita dihormati oleh orang lain adalah ketika kita berbicara, orang lain akan mendengarkan dan memperhatikan. Nah, ini akan meningkat ke tahap ‘pengaruh’, saat kita tidak hanya didengarkan dan diperhatikan oleh orang lain, namun apapun yang kita sampaikan dapat menginspirasi orang-orang di sekitar kita. 
 
Sayangnya, rasa hormat bukanlah sesuatu yang diobral dan tidak bisa didapatkan dengan mudah.  Rasa hormat adalah sesuatu yang harus diraih, ini didapatkan tergantung dari apa yang kita katakan dan apa yang kita lakukan terhadap orang-orang di sekitar. 
 

Lalu, Bagaimana Agar Kita Dapat Berpengaruh Di Tempat Kerja?

Setelah mengetahui manfaat yang diraih saat menjadi seorang yang berpengaruh dan dihormati, sekarang mari kita simak apa saja cara agar kita dapat menjadi seorang yang berpengaruh di tempat kerja? 

1. Yuk, Perluas Koneksi Kita

Saat kita ingin menjadi seorang yang berpengaruh, pastinya kita perlu orang-orang yang dapat kita pengaruhi. Inilah mengapa sangat penting bagi kita untuk memperluas jaringan atau koneksi dari sekarang. Misalnya, mengikuti acara konferensi dan seminar, jangan lupa bawa kartu nama rekan-rekan pembaca dan berikan kartu nama Anda kepada orang-orang yang memiliki pengaruh yang baik. Mereka mungkin bisa membantu rekan-rekan Career Advice untuk dapat menjadi orang yang berpengaruh juga di masa depan. Yuk, kita perbanyak teman dan perluas koneksi. 
 

2. Menjadi Pendengar yang Baik

Cara komunikasi yang terbaik adalah saat seseorang berbicara, maka yang lain harus mendengarkan. Dengan menerapkan cara komunikasi yang seperti ini, rasa hormat akan tercipta di antara sesama kita. 
 
Pastikan kita mendengar apa yang orang lain katakana, dan kita mengerti. Kebanyakan dari kita mendengarkan hanya untuk membalas dengan apa yang ingin kita ungkapkan. Sangat jarang bagi kita untuk mendengarkan orang lain agar lebih mengerti apa yang mereka sampaikan. 
 
Akibatnya? Sering terjadi kesalahpahaman, hanya karena kita mendengar bukan untuk memahami. 
 

3. Memiliki Hubungan Emosional

Untuk menjadi seorang yang berpengaruh, kita juga perlu memiliki ‘tempat yang spesial’ di hati orang lain. Sebagai contoh, pasangan kita pastinya memiliki tempat khusus di hati kita, sehingga apapun yang mereka ucapkan dapat memengaruhi pola pikir dan perilaku kita. Tidak hanya itu, kita pun memiliki rasa hormat kepada setiap pasangan kita karena mereka memiliki pengaruh yang luar biasa bagi kehidupan kita. 
 
Dalam kata lain, rekan pembaca perlu memiliki hubungan emosional dan keterikatan yang baik dengan orang-orang di sekitar Anda, sampai Anda memiliki tempat yang spesial bagi mereka, dan dapat menjadi seorang yang berpengaruh. 
 

4. Bangun Kredibilitas 

Kebanyakan orang-orang yang memiliki pengaruh tinggi adalah mereka yang memiliki kredibilitas yang baik. Jika pembaca Career Advice ingin menjadi seorang yang berpengaruh, ini saat yang baik bagi rekan pembaca untuk membangun kredibilitas di tempat kerja atau di lingkungan Anda. 
 
Bagaimana cara membangun kredibilitas? Caranya adalah dengan menunjukkan kepada orang lain bahwa rekan pembaca adalah seorang yang ahli dalam bidang tertentu. 
 

5. Bekerja Keras dan Konsisten

Tidak dapat disangkal lagi bahwa seorang yang bekerja keras dan selalu konsisten dengan apa yang mereka katakan dan lakukan, akan sangat mudah untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain. 
 

6. Bantu Orang Lain untuk Berhasil

Membantu orang lain menjadi sukses adalah cara yang pasti untuk mendapatkan rasa hormat dan akan membantu pembaca Career Advice dalam menjadi seorang yang berpengaruh di tempat kerja. Ketika kita meluangkan waktu untuk membantu orang lain sampai berhasil, ini merupakan perbedaan yang luar biasa antara kita dengan orang lain. 
 
Ok rekan-rekan Career Advice, itu dia beberapa cara yang dapat rekan pembaca terapkan untuk bisa menjadi seorang yang berpengaruh dan dihormati oleh orang lain. Menjadi seorang yang berpengaruh itu sangat penting untuk menunjang karier kita di masa yang akan datang. Tapi perlu diingat ya rekan-rekan, jangan sampai kita menjadi seorang yang memberikan pengaruh yang negatif kepada orang lain, karena pengaruh yang kita bahas pada artikel ini adalah pengaruh-pengaruh dalam hal kebaikan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kita coba kiat-kiat di atas.

Featured Career Advice