Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Kesederhanaan Adalah Sumber Kebahagiaan Hidup

Kesederhanaan Adalah Sumber Kebahagiaan Hidup


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Kesederhanaan adalah hal yang dapat memberi kita keseimbangan, kebebasan dan kebahagiaan hidup. Ketika memiliki kesederhanaan hidup dan merasakan manfaat yang dimiliki, kita mungkin akan bertanya, “Hal apa lagi yang dapat disederhanakan agar saya dapat memfokuskan diri pada hal-hal penting?”. Nah, sangatlah penting jika kita melakukan penyederhanaan dalam hidup. Lagipula, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, bukan? Kali ini, kita akan melihat 10 hal yang dapat disederhanakan dalam hidup. Dengan begitu, kita akan memiliki hidup yang seimbang dan bahagia.
 

1. Harta yang dimiliki.

Ada yang bilang bahwa kebahagiaan bergantung pada banyaknya harta yang dimiliki. Namun, kenyataannya tidak seperti itu. Memiliki harta banyak yang berlimpah hanya akan menguras tenaga dan perhatian. Kita juga akan memiliki ketakutan akan kehilangan semua harta. Sungguh, ini bukanlah hal yang dapat membuat bahagia, tetapi malah menjauhkan diri dari orang–orang yang disayangi dan hal lain yang bernilai bagi kita. Alangkah lebih baiknya, jika berinvestasi pada waktu yang dimiliki sehingga kita tidak akan pernah menyesal karena harus melewatkan waktu dengan melakukan hal-hal yang tidak penting.
 

2. Komitmen waktu.

Kita menghabiskan waktu yang dimiliki untuk kerja, keluarga, kegiatan komunitas, kegiatan keagamaan ataupun melakukan hobi. Ini lebih baik jika kita mampu meninjau ulang setiap komitmen waktu yang dimiliki. Jika memungkinkan, cobalah untuk menghilangkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan nilai-nilai yang kita anut dalam hidup. 
 

3. Tujuan.

Dalam hidup, kita harus selalu memiliki tujuan. Sederhanakan tujuan hidup kita menjadi satu atau dua hal saja. Dengan begitu, kita akan semakin bersemangat dalam mencapainya. Dengan menyederhanakan tujuan, kita dapat meningkatkan fokus. Ini juga dapat memperbesar peluang kita untuk meraih tujuan tersebut. Cobalah untuk menuliskan tujuan-tujuan yang dimiliki dan fokuslah pada satu atau dua tujuan utama. Jika telah berhasil mencapainya, kita dapat menambah tujuan baru.
 

4. Pikiran negatif.

Tidak ada gunanya memiliki emosi negatif. Rasa benci, kepahitan, cemburu dan iri hati hanya akan menurunkan kualitas diri dan menghambat kesuksesan. Jadi, pastikan bahwa kita dapat mengendalikan pikiran dengan baik. Kita harus mengampuni hal buruk yang terjadi di masa lalu dan memiliki pikiran yang positif.
 

5. Hutang.

Jika kita memiliki banyak hutang, berusahalah untuk menguranginya. Kita mungkin harus menahan diri untuk tidak memiliki gaya hidup mewah agar dapat melunasi hutang-hutang yang ada. Jika mengorbankan diri untuk tidak menikmati hal-hal mewah saat ini, kita akan memiliki kebebasan di masa depan.

6. Ucapan.

Hal lain yang juga perlu disederhanakan adalah ucapan yang kita miliki. Kita harus mengatakan hal dengan jujur, singkat dan fokus pada tujuan. Jangan sampai kita mengucapkan hal yang sia-sia. Jadi, hindari gosip ya, rekan pembaca.
 

7. Bahan pengawet makanan.

Kita juga harus memerhatikan kesehatan diri. Berusahalah untuk mengurangi makanan yang mengandung bahan pengawet dan zat kimia lainnya yang berbahaya agar tubuh kita memiliki energi yang baik dan tetap sehat. Kita juga harus mengurangi obat-obatan yang dikonsumsi. Pastikan kita tidak bergantung dengan obat-obatan ya, rekan pembaca. Jika merasa pusing atau sakit, jangan cepat-cepat memutuskan untuk mengonsumsi obat. Biarkan tubuh menyembuhkan rasa sakit itu secara alami. 

8. Interaksi dengan layar.

Menonton TV atau film, bermain video games dan teknologi lainnya dapat memberikan pengaruh besar bagi kita. Jika tidak dihentikan, media akan mendominasi kehidupan kita. Tentu saja ini akan mengubah tingkah laku dan penampilan kita. Selain itu, layar teknologi memiliki cahaya dapat membuat pusing bahkan berbahaya bagi mata. Tanpa disadari kita memang lebih banyak menghabiskan waktu dengan teknologi. Jadi, mulai sekarang, berusahalah untuk meminimalisir waktu bertatapan dengan layar ya, rekan pembaca.
 

9. Koneksi dengan dunia luar.

Memiliki hubungan dengan orang lain merupakan hal yang baik, tetapi jika terus menerus terhubung, kita akan menjadi terganggu. Untuk itu, kita perlu membatasi diri dalam menghubungkan diri dengan dunia luar. Berusahalah untuk meminimalisir waktu dalam menggunakan ponsel, media sosial seperti Facebook dan lainnya. Fokuslah pada hal-hal yang penting. Dengan begitu, kita dapat memiliki waktu untuk mengerjakan menyelesaikan hal lain yang jauh lebih penting. 
 

10. Multitasking.

Kita semua mengetahui bahwa multitasking hanya akan meningkatkan stres dan mengurangi produktivitas. Yuk, mulai sekarang berusahalah untuk tidak fokus pada banyak hal dalam satu waktu. Fokuslah pada satu hal dalam satu waktu saja. Jika fokus pada satu hal dalam satu waktu, kita dapat berkonsentrasi penuh dan menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan hasil yang maksimal. Setelah selesai, kita dapat berpindah dengan tugas lainnya. Kita dapat menyelesaikan setiap pekerjaan dengan hasil yang maksimal, bukan?
 
Nah, bisakah rekan pembaca membayangkan jika kita harus fokus pada 3 pekerjaan sekaligus? Konsentrasi kita pastinya akan terpecah belah dan menjadi sulit untuk menyelesaikannya. Kita hanya terlihat sibuk, tetapi sesungguhnya tidak menghasilkan produktivitas yang tinggi.
 
Nah, itulah 10 hal yang perlu disederhanakan dalam hidup. Kesederhanaan bukan berarti kita harus hidup terbatas dan susah lho ya. Kesederhanaan dalam hidup berarti kita lebih bertanggung jawab dan bijaksana untuk memilih apa yang harus dilakukan dalam hidup. Kita tidak perlu melakukan semua hal. Kita hanya harus melakukan hal-hal yang penting dan berguna bagi kehidupan. Tentu saja, jangan sampai hal tersebut melanggar norma-norma pribadi yang kita miliki ya, rekan pembaca. Dengan begitu, kita akan memiliki kehidupan yang seimbang, bebas dan penuh kebahagiaan.