STUDILMU Career Advice - Keluar dari Zona Nyaman

Keluar dari Zona Nyaman


by Studilmu Editor
Posted on Mar 11, 2019

 
Para pemimpin atau pun manajer sebuah perusahaan akan sangat mudah terjebak dalam rutinitas sehari-hari. Para pemimpin selalu memiliki pola pikir bahwa mereka harus menyelesaikan tugas-tugas mereka setiap hari, setiap bulan dan bahkan setiap tahun. 
 
Selain mementori, mendukung tim dan membantu pemecahan masalah dalam perusahaan, para pemimpin juga harus berfokus membekali anggota tim dengan alat dan masukan yang membuat anggota tim sukses dalam pekerjaannya. Para pemimpin tidak boleh mengabaikan pertumbuhan pribadi mereka sekalipun mereka berfokus pada kemajuan bawahannya dan kemajuan perusahaan.
 
Agar para pemimpin dapat bertumbuh secara profesional dan individual, mereka harus keluar dari zona nyaman dan melakukan sesuatu yang baru. Ini mungkin terdengar menakutkan. Para pemimpin dapat menggunakan pengalaman masa lalu untuk membimbing orang lain. Dengan memiliki pengalaman baru, para pemimpin akan mampu untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. 
 
Bagaimana caranya?
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencoba sesuatu yang baru. Apakah rekan pembaca pernah terpikirkan untuk mengambil kelas memasak, bergabung dengan pelatihan untuk mengatasi ketakutan akan berbicara di depan umum, mengikuti kegiatan lari untuk donasi, bergabung dan bertukar wawasan dengan orang-orang dalam dan luar perusahaan Anda, mengambil kelas menari atau menjadi seorang mentor dalam kegiatan sukarela? Anda mungkin akan merasa sangat canggung saat pertama kali berada diantara orang-orang yang tidak Anda kenal. Dan bagi para orang-orang yang introvert, ide-ide tersebut menjadi hal yang dapat membunuh mereka. 
 
Ketakutan dapat menahan Anda, tetapi ketika Anda benar-benar meyakinkan diri bahwa Anda dapat melakukannya, Anda akan menjadi lebih percaya diri dan mampu untuk mengatasi setiap tantangan yang ditemukan. Jika Anda memulai suatu hal baru dengan tindakan nyata, ketakutan Anda akan sirna.
 
Dengan mendorong batasan-batasan zona nyaman, Anda akan bertemu dengan orang-orang yang tidak terduga. Misalnya, ketika Anda mengambil kelas memasak, Anda memiliki peluang untuk bertemu dan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki pengalaman dan latar belakang berbeda, sehingga dapat saling berbagi. Banyak pelajaran yang akan Anda dapatkan dan tentunya berguna bagi kehidupan professional. Ketika kita mendengarkan perjuangan dan kemenangan yang dihasilkan orang lain, kita akan memiliki sudut pandang yang berbeda. 

Cara lain untuk melakukannya adalah:
1. Jangan mengambil pilihan yang aman
Manusia adalah makhluk yang menggunakan pola yang sama agar tetap aman. Namun, ini membatasi diri untuk mendapatkan hasil yang besar. Setiap kali Anda ingin mengambil pilihan, cobalah untuk mengambil pilihan yang penuh tantangan sehingga Anda dapat bertumbuh dengan cepat. 

2. Ambil keputusan dengan cepat
Apakah Anda terbiasa harus berpikir lama dalam mengambil keputusan? Ini bukanlah soal hidup dan mati, jadi abaikan pengambilan keputusan secara lama. Jika Anda bingung, Anda dapat menggunakan bantuan koin. Dengan begini Anda akan keluar dari zona nyaman dan memiliki rasa percaya diri lebih tinggi. 
 
3. Pertimbangan pendapat lain
Kelilingilah diri Anda dengan orang-orang pintar yang sedikit sombong dan memiliki banyak ketidaksetujuan dengan Anda. Berdebatlah dengan mereka, dengan cara yang sopan. Ini akan membuat Anda menguji lagi hal-hal yang Anda percayai.
 
4. Katakan ‘ya’ lebih sering
Katakan “ya” bahkan sekalipun Anda telah siap. Katakan “ya” untuk proyek baru dalam pekerjaan Anda, peran baru atau hal apapun yang belum pernah Anda coba. Ini akan memberikan peluang besar dan siapa yang tahu jika nantinya Anda akan sangat menikmati hal tersebut. 
 
5. Menjadi sukarelawan
Jadikan kegiatan sukarela menjadi sebuah pembelajaran. Pilihlah kegiatan sukarela yang tidak terlalu akrab dengan Anda dan tampilah maksimal. Anda akan menemukan nantinya Anda sangat berguna bagi orang lain.
 
6. Lakukan hal yang Anda takuti
Lakukan hal yang membuat Anda takut sampai rasa takut itu hilang. Dan Anda akan memiliki energi yang jauh lebih besar dari sebelumnya.
 
7. Ciptakan tantangan 
Ciptakan beberapa tantangan yang dapat membawa Anda keluar dari zona nyaman kepada hal-hal yang ingin Anda kembangkan.
 
Misalnya, jika Anda pergi ke kedai kopi, tantang diri Anda untuk meminta 10% diskon. Atau saat Anda bertatapan dengan orang lain, tantang diri Anda untuk menatap orang tersebut selama beberapa waktu. Beranikan diri Anda untuk melakukan tantangan tersebut dan nantinya Anda akan terbiasa.

8. Biarkan orang lain mengambil keputusan untuk Anda
Biarkanlah orang lain mengambil keputusan untuk Anda. Misalnya, saat Anda memutuskan pergi berlibur bersama teman-teman, cobalah untuk mengikuti rencana yang teman Anda buat. Jadi, temukan teman yang dapat mengambil keputusan untuk Anda dan ikutilah.

9. Ingatlah bahwa esok adalah hari baru
Seseorang berkata bahwa hal yang tidak mematikan Anda merupakan hal yang membuat Anda menjadi lebih kuat. Anda akan tetap bertahan, Anda akan pulih, Anda akan mempelajari hal baru, Anda akan memiliki kesempatan yang baru esok hari. Jadi nikmati saja. 
 
Itulah pentingnya keluar dari zona nyaman agar Anda dapat bertumbuh dan cara untuk melakukannya. Ketahuilah saat yang tepat untuk Anda, setiap rekan pembaca Career Advice,  keluar dari zona nyaman dan temukan orang-orang yang dapat membantu Anda mencapai hasil dengan cepat. Milikilah komitmen dan lakukan tindakan nyata yang positif, saat pola pikir Anda berkembang, mulailah menyerap hal baru dengan cepat. Anda akan melihat hasilnya dengan cepat. Dan nantinya, Anda akan menemukan bahwa Anda menikmati lingkungan baru dengan orang-orang dan situasi yang baru juga yang tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya.

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

2 Hal Penting Sebelum Mengundurkan Diri

Memahami Pola Pikir

Hindari 4 Strategi Pemasaran Digital yang Rumit Ini

Perbedaan Motto Hidup dan Kutipan Hidup

5 Kebahagiaan Meraih Keseimbangan Hidup

7 Halangan Diri Untuk Meraih Keseimbangan Hidup

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif