×
STUDILMU Career Advice - 3 Cara Jitu Mengatur Pola Pikir Anda
Mindset

3 Cara Jitu Mengatur Pola Pikir Anda

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo pembaca Career Advice, apakah Anda menjalani kehidupan yang selalu Anda inginkan? Sebagian besar dari kita memiliki pandangan yang kabur tentang hal yang pantas kita dapatkan. Ketika kehidupan tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan, kita sering menjadi frustasi dan kesal. ‘Mengapa ini terjadi?’ kalimat ini sering menjadi pergejolakan dalam hati kita. Ketidakpuasan ini memacu kita untuk melakukan perubahan.
 
Tetapi ketidakpuasan adalah pedang bermata dua. Begitu banyak yang akhirnya membalikkan frustasi dan kesal terhadap diri kita. Ketidakpuasan juga membuat kita mulai berpikir bahwa kita pantas mendapatkan yang lebih baik, dan kita mungkin bekerja sedikit lebih keras. 
 
Bagaimana kita dapat mengambil kendali pikiran kita dan mengalihkan fokus untuk menjadikan hidup kita sebagai sebuah mahakarya? Bagaimana cara kita memrogram ulang pikiran untuk merancang kehidupan yang memberi kepuasan, kegembiraan dan gairah?
 
Pikiran adalah kunci kesuksesan. Jika Anda ingin menjalani kehidupan yang Anda inginkan, maka sudah saatnya untuk memutuskan, memiliki komitmen dan memecahkan masalah. Ambil kendali atas pikiran dan arahkan pandangan Anda pada sesuatu yang lebih baik saat ini. Bagaimana para pembaca Career Advice dapat melakukannya? Berikut hal-hal yang dapat dilakukan.

1. Membuat Keputusan

Langkah pertama yang perlu Anda ambil untuk memrogram ulang pikiran adalah mendapatkan kejelasan mutlak tentang hal yang Anda inginkan. Apa hasil yang Anda inginkan? Apa yang Anda inginkan dari hidup Anda? Kejelasan adalah kekuatan. Semakin banyak pemikiran yang Anda masukkan ke dalam ini, semakin Anda rinci, maka tujuan Anda akan semakin kuat. Ini menciptakan pikiran bawah sadar Anda, memberitahu otak Anda alat yang diperlukan untuk membuat tujuan itu menjadi kenyataan.
 
Apakah pembaca Career Advice ingin mempelajari cara memrogram ulang pikiran bawah sadar? Berdebatlah dengan pasangan Anda. Terdengar aneh? Ya, ketika bertukar pikiran dengan orang yang kita cintai, kita sering mencapai ketidaksepakatan dan selalu ingin didengar, selalu ingin menang, bukan? Itulah cara cepat untuk meningkatkan argumen menjadi jauh lebih buruk. Lalu, Anda merenung dan bertanya pada diri sendiri “Mengapa saya berdebat sejak awal?. 
 
Anda tidak bertarung untuk sebuah pertandingan. Anda hanya tidak setuju tentang sesuatu dan menginginkan perubahan, namun Anda hanya fokus dalam memenangkan pendapat pribadi. Ketika Anda berpusat pada kemenangan, Anda kehilangan jejak masalah yang sebenarnya. Setelah Anda mengingatnya, Anda dapat mengalihkan fokus kembali kepada masalah asli, memrogram ulang pikiran secara efektif untuk menghasilkan sebuah keputusan yang tepat.
 
Jadi tentukan dengan jelas hal yang Anda inginkan sekarang dan di masa depan. Fokuslah pada hal itu dan cara yang harus ditempuh untuk mendapatkannya.  Berikan arahan kepada otak tentang yang Anda inginkan secara fisik, finansial, emosional, spiritual, dalam bisnis Anda dan dalam kehidupan pribadi Anda. Buat keputusan bahwa Anda tidak bersedia untuk diam di tempat dan tidak mau hidup dengan cara yang Anda jalani saat ini. Tetapkan pandangan Anda pada hal yang Anda inginkan.
 

2. Memiliki Komitmen

Sekarang saatnya untuk menyingkirkan pikiran akan ketakutan dan keraguan diri. Bagaimana caranya? Dengan memiliki komitmen dan motivasi.
 
Ketakutan adalah salah satu perangkap terbesar yang menghalangi seseorang mengambil tindakan. Kita semua memiliki ketakutan, takut ditolak, takut gagal, takut sukses, takut sakit, dan ketakutan lainnya. Jika Anda tidak melakukan apapun, ketakutan itu akan tetap ada dan menghalangi jalan Anda. Anda tidak akan bergerak. Anda tidak melakukan yang lebih buruk, tetapi juga tidak melakukan yang lebih baik. Dan ketakutan itu akan selalu hadir di benak Anda, mendorong Anda menjauh dari tujuan. Jangan biarkan kalimat negatif meracuni pikiran Anda, misalnya "Untung saya tidak mencobanya. Saya pasti tidak berhasil.” Hentikan kalimat negatif ini. Ketika dibiarkan, pikiran negatif ini akan menyebar dan meresap ke dalam semua pikiran tentang diri Anda.
 
Satu-satunya cara untuk mengatasi rasa takut adalah menghadapinya. Anda harus menghadapi rasa takut itu dan mengambil tindakan. Apakah Anda takut gagal? Ubahlah pandangan ini. Kegagalan adalah guru terbaik. Jika Anda melakukan sesuatu dan gagal, Anda akan tahu hal-hal yang membuat tidak berhasil. Anda akan dapat mengambil pendekatan yang lebih baik ketika Anda mencoba lagi. Anda akan membuatnya lebih baik daripada sebelumnya!
 
Memrogram ulang pikiran berarti mengubah kalimat negatif ‘Saya tidak bisa’ menjadi ‘Saya pasti bisa’. Pikiran memiliki cara kerja yang sama seperti membangun otot di gym. Pada awalnya, itu akan tampak sulit dan mungkin bahkan melelahkan. Tetapi jika Anda memulai dari yang kecil dan mencobanya lagi setiap hari, secara bertahap Anda akan menjadi lebih kuat. Dan tak lama, itu akan menjadi mudah.
 
Yuk, pembaca Career Advice, kita mulai berkomitmen pada diri sendiri, berkomitmen untuk mengatasi hal-hal negatif, dan juga berkomitmen untuk kehidupan yang lebih baik. Jika Anda berpegang teguh dengan komitmen, Anda akan mendorong diri Anda ke tingkat berikutnya dan menuntut lebih banyak dari yang bisa diharapkan orang lain. Dan itu adalah kekuatan sejati.

3. Memecahkan Masalah dan Menemukan Solusi 

Setelah memutuskan jalur yang ingin ditempuh dan berkomitmen penuh, apa langkah selanjutnya? Arahkan pikiran Anda untuk menilai hal yang berhasil dan yang tidak. Analisa setiap masalah yang datang dan dapatkan solusi yang tepat bagi masalah tersebut. Ini akan membantu Anda menjadi lebih baik ketika harus menghadapi permasalahan yang sama. 
 
Bagian penting dari memecahkan masalah dan menemukan solusi adalah fleksibilitas. Mengapa demikian? Saya memiliki satu pertanyaan disini, apakah hidup Anda berjalan sesuai rencana? Mungkin tidak. Jalan yang Anda ambil tidak pernah berupa garis lurus. Dan itulah mengapa sangat penting untuk tetap fleksibel di sepanjang jalan; belajarlah dari kesalahan, terima kegagalan dan miliki motivasi untuk melakukan perubahan.
 
Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan para pembaca Career Advice untuk mengatur ulang pola pikir Anda sehingga Anda dapat mencapai tujuan Anda dengan tepat. Miliki tekad yang kuat untuk tujuan tersebut, dengan memfokuskan diri Anda pada tekad, Anda mengembangkan kemampuan untuk mengubah pendekatan Anda terhadap masalah. Tidak semua hambatan, rintangan, atau keadaan datang dengan cara yang sama. Masing-masing memiliki kesulitannya sendiri. Kekuatan sejati datang dari dalam dengan memrogram ulang kondisi pikiran bawah sadar Anda untuk sukses. Frustasi merupakan hadiah karena itu berarti Anda berada di ambang terobosan. Jadikan kegagalan sebagai sebuah pelajaran yang menasihati Anda untuk menjadi lebih baik di masa depan. Jadikan setiap penghalang sebagai peluang untuk berputar dan menemukan solusi baru yang kreatif. 

Featured Career Advice