×
STUDILMU Career Advice - Cara Meningkatkan Kualitas Tidur
Self Improvement

Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo pembaca Career Advice, apakah Anda memiliki stamina yang cukup pada hari ini? Berapa kali rekan pembaca datang ke kantor dengan sangat lelah karena memiliki tidur malam yang buruk? Kualitas tidur di malam hari sangat memengaruhi keadaan Anda sepanjang hari. ya, tidur nyenyak merupakan rahasia penting dalam menunjang produktivitas Anda dalam seluruh aspek kehidupan.
 
Saya juga pernah mengalami hal ini, saya pikir saya dapat menyelesaikan seluruh hal dengan mengorbankan waktu tidur yang padahal merupakan hal berharga. Tidak memiliki waktu tidur yang cukup dan tidak memiliki kualitas tidur yang baik sungguh sangat merusak produktivitas Anda dan juga kehidupan Anda secara keseluruhan.
 
Rekan pembaca mungkin bertanya-tanya, bagaimana kualitas tidur Anda dapat memengaruhi produktivitas. Itu tentu sangat berpengaruh pada perasaan kelelahan yang Anda alami. Berikut adalah 4 manfaat yang dihasilkan kualitas tidur yang Anda miliki terhadap produktivitas.
 

1. Meningkatkan Memori.

Tidur yang cukup sangat penting untuk menyimpan semua informasi yang diserap oleh otak. Tidur adalah waktu yang sangat tepat bagi otak kita untuk menyerap informasi baru.

2. Memperkecil Stres.

 Saat Anda mengalami stres, Anda akan cemas, lelah dan seperti ingin meledak. Saat Anda kehilangan waktu tidur, tubuh akan mudah mengalami kelelahan dan kelelahan membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi sehingga Anda merasa kewalahan dengan tugas-tugas yang Anda miliki. Memiliki waktu dan kualitas tidur yang baik akan membantu rekan pembaca untuk tidak mudah stres,dan rekan pembaca akan menjadi lebih produktif dan kreatif. Percayalah, stres adalah kondisi yang membuat Anda sulit untuk mengembalikan energi Anda.
 

3. Membantu Membuat Keputusan.

Penelitian membuktikan bahwa para pekerja yang kurang tidur sangatlah buruk dan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengambil keputusan. Mereka menghabiskan waktu tiga kali lebih banyak hanya untuk mencari cara dalam mengatur waktu. 

4. Menambah Keakuratan.

Saat Anda memiliki fokus dan konsentrasi yang lebih tajam, Anda akan meningkatkan kinerja. Faktanya, kurang tidur akan merampas semua ini. dan hal yang lebih buruk adalah kurang tidur dapat merusak keterampilan motorik hingga 50%. Mengerikan sekali, bukan? 
 
Setelah membaca 4 manfaat yang dihasilkan dari waktu tidur, apakah rekan pembaca masih ingin mengurangi jam tidur Anda? Meningkatkan kualitas tidur Anda sangatlah penting untuk meningkatkan produktivitas karena tidur merestorasi bagian tubuh dan memperkuat informasi menyerap lebih ke dalam memori Anda. proses ini terjadi pada tahapan tidur yang disebut dengan REM (Rapid Eye Movement). REM terjadi pada tahap paling akhir dalam tidur Anda. Ini adalah saat Anda tidur dengan sangat nyenyak dan terlelap. Jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup atau Anda mengalami gangguan saat tidur, maka Anda melewatkan tahapan paling penting tersebut.
 
Lalu bagaimana rekan pembaca dapat memiliki waktu tidur dan juga kualitas tidur yang lebih baik agar Anda menjadi lebih produktif? Berikut adalah tiga cara yang dapat rekan pembaca lakukan untuk meningkatkan waktu dan kualitas tidur yang Anda miliki.
 

1. Berpegang teguh terhadap jadwal.

Seringkali kita berpikir bahwa kita dapat mengganti waktu tidur yang terbuang di akhir pekan. Kita tidur selama berjam-jam dan berpikir bahwa itu cukup mengganti waktu-waktu yang terlewatkan. Ini adalah hal yang salah. Berhentilah melakukan kesalahan ini, rekan pembaca. Saat alarm Anda berbunyi di minggu pagi, Anda cenderung untuk menekan tombol ‘tunda’ dan melanjutkan tidur kembali. Sangatlah sulit untuk benar-benar bangun dan bangkit dari tempat tidur Anda di hari minggu. Ya, itu karena Anda belum terbiasa. Jika Anda melatih diri Anda untuk bangun pada suatu waktu tertentu maka Anda akan terbiasa dengan hal tersebut. 
 
Jadi, buatlah diri Anda terbiasa dengan jadwal yang telah dibuat. Semakin Anda terbiasa melakukannya, maka akan semakin mudah untuk Anda berada di dalamnya, bukan?
 

2. Dapatkan lebih banyak vitamin D.

Dapatkan lebih banyak vitamin D dari sinar matahari pagi. Bangunlah kebiasaan ini dan keluarlah dari rumah Anda. Semakin Anda membiasakan diri Anda dengan sinar matahari, maka ini akan membuat Anda semakin beradaptasi dalam siklus circadian, Anda bangun otomatis saat matahari terbit dan mulai mengantuk saat matahari terbenam. Tentunya, vitamin D juga sangat baik untuk kesehatan tulang rekan pembaca. Cobalah untuk membuka tirai kamar Anda saat matahari terbit atau berjalan sore menjelang matahari terbenam. 

3. Berolahraga.

Jika Anda memulai awal pagi dengan berolahraga, Anda akan benar-benar memberi energi yang dapat membuat Anda bertahan sampai sore, bahkan sore hari yang melelahkan sekalipun. Berolahraga melatih otot-otot tubuh Anda untuk tetap bugar sehingga Anda memiliki stamina yang cukup yang dibutuhkan untuk menjadi lebih produktif. Tubuh yang sehat akan menunjang kesehatan mental Anda. Dan juga, berolahraga membuat Anda menghilangkan waktu yang Anda perlukan untuk benar-benar terlelap dan menambah waktu tidur terbaik Anda. 
 
Itulah 3 cara yang dapat rekan pembaca lakukan untuk meningkatkan waktu tidur dan juga kualitas tidur di malam hari. Tidur adalah hal penting yang membuat rekan pembaca tetap berstamina dan produktif dalam menghadapi hari Anda. Jadi, jika Anda berkeinginan untuk begadang, menghabiskan waktu tidur Anda untuk sebuah acara kesukaan, atau menyelesaikan pekerjaan, pikirkan kembali manfaat pentingnya waktu tidur yang cukup bagi rekan pembaca. Jangan sampai rekan pembaca menjadi kelelahan dan melalaikan semua tugas-tugas. Miliki waktu tidur dan kualitas tidur yang baik, dan rekan pembaca akan menjadi lebih produktif juga lebih sejahtera. 

Featured Career Advice