×
STUDILMU Career Advice - Cara Memulai Bisnis Online
Entrepreneurship

Cara Memulai Bisnis Online

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice. Di era yang serba internet sekarang ini, cepat atau lambat, akan memaksa Anda untuk ada di dunia bisnis online. Untuk mewujudkan ini, Anda memerlukan nama domain, layanan hosting web, tema web dan CMS untuk mengatur juga mempublikasikan konten. Ada banyak strategi online yang digunakan para pengusaha untuk menaikkan bisnis mereka.
 
Apa saja yang harus menjadi bahan pertimbangan Anda saat memulai bisnis online? Berikut adalah 6 hal yang merupakan elemen penting sebelum memulai bisnis online.
 

1. Pilih produk atau jasa yang menguntungkan untuk dijual.

Ini merupakan langkah awal yang penting sebelum memulai bisnis online. Apa yang akan Anda tawarkan kepada pelanggan? Apapun produk ataupun jasa yang Anda jual, carilah pesaing yang memiliki kesamaan dengan bisnis Anda. Temukan cara mereka meningkatkan ide dalam menjalankan bisnis atau belajarlah tentang hal yang dapat menjadi nilai tambah bagi Anda. Pilih sesuatu yang akan membantu Anda menghasilkan uang. Ini dapat dilakukan dengan melakukan riset pasar, survei, dan melihat bukti statistik yang beredar dalam masyarakat.
 

2. Pilih segmen Anda

Temukan suatu kebutuhan dena penuhi kebutuhan itu dengan produk yang tepat. Ini merupakan cara tepat untuk memulai bisnis online dan memenuhi kebutuhan pasar yang ada. Jika Anda ingin memiliki bisnis online yang sukses, tentukan pasar yang spesifik. Cobalah untuk mencari sekelompok orang yang sedang mencari solusi bagi masalah yang mereka miliki. Anda dapat mencari banyak informasi melalui situs-situs tertentu agar penelitian Anda menjadi lebih mudah. Misalnya, cobalah untuk melihat strategi yang digunakan oleh pesaing Anda atau gunakan statistik yang ada.
 

3. Daftarkan domain web Anda dan buatlah situs web.

Langkah lain dalam memulai bisnis online adalah mendaftarkan domain web. Ini bergantung pada pa banyaknya aspek tujuan atau tujuan utama situs web Anda. Ini dapat berupa blog pribadi, blog bisnis yang merupakan sumber daya untuk target pelanggan Anda, toko online atau pun pasar.
 
Daftarkan domain web Anda dan buatlah situs web Anda agar Anda memiliki kemudahan untuk mengakses bisnis Anda dari berbagai tempat dan kapan saja. Anda harus menyediakan waktu yang cukup untuk mewujudkan rencana ini. tetapi jika Anda telah memiliki ide bagus jangan terlalu lama menunggu. Atau, Anda juga dapat mencari cara alternatif lainnya yang membantu Anda merancang situs web baru dengan mudah.
 
Jika Anda merupakan seorang yang ahli dalam bidang teknologi, ini bukanlah hal sulit yang dapat menjadi penghambat Anda. Tetapi, jika tidak, coba temukan pelatihan yang dapat Anda ikuti dan pelajari caranya. Atau temukan seseorang yang dapat dipercayai untuk membuatnya. 
 

4. Pilih layanan hosting terbaik.

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis online adalah menentukan layanan hosting terbaik yang tepat bagi Anda dan bisnis yang Anda jalani. Anda akan menemukan banyak penyedia layanan yang menawarkan layanan hosting dengan perbedaan harga dan manfaat yang berbeda juga. Kebanyakan pengusaha bisnis online lebih memilih layanan hosting web yang murah tetapi memiliki kualitas dan reputasi perusahaan yang baik. Ada juga yang memilih layanan hosting berdasarkan keamanan dan kinerja server yang baik. 
 
Itulah sebabnya, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan layanan hosting web yang akan Anda gunakan. Bergabunglah dalam forum diskusi, baca ulasan atau komentar yang diberikan oleh pengguna, tanyakan seseorang yang ahli tentang layanan hosting, ataupun lain-lain. Temukan penyedia layanan hosting yang terpercaya dan memiliki kualitas layanan yang Anda butuhkan. Ada banyak  yang dapat memungkinkan Anda mengelola seluruh halaman web Anda, baik itu konten, gambar, pendaftaran pengguna, dll. 

5. Tetap terhubung dengan klien dan pelanggan Anda.

Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis online adalah memastikan bahwa Anda tetap terhubung dengan klien dan pelanggan. Gunakan kekuatan email pemasaran dan buatlah orang-orang yang mengunjungi toko Anda menjadi pelanggan Anda. Ketika Anda membuat daftar pilihan, Anda membuat satu keputusan bisnis yang berharga dalam internet.
 
Klien dan pelanggan Anda akan mengizinkan Anda untuk mengirimi mereka email dengan informasi, berita terbaru, penawaran dan hal lainnya. Ini adalah strategi pemasaran yang jauh lebih murah dan lebih berguna dibandingkan dengan iklan televisi maupun iklan radio. Mengapa? Karena cara ini lebih spesifik. Tetapi jangan terlalu terburu-buru, anda dapat memiliki layanan ini setelah bisnis online Anda berjalan dengan stabil atau setelah bisnis online Anda telah beroperasi dalam beberapa bulan.
 
Cara lain untuk tetap terhubung dengan klien dan pelanggan Anda adalah melalui media sosial. Wah, siapa sih diantara kita yang tidak punya media sosial? Saya percaya bahwa setiap rekan pembaca Career Advice pasti memiliki setidaknya satu media sosial. Saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan media sosial ini untuk memantau tren yang sedang beredar di tengah masyarakat dengan segala kemungkinannya. Ingatlah bahwa orang-orang akan mengonsumsi konten yang aktual dan relevan. Tentunya ini mereka dapatkan melalui media social mereka setiap harinya.

6. Gunakan mesin pencari untuk mendatangkan traffic ke situs Anda.

Inilah langkah yang terakhir dalam memulai bisnis online, yaitu menggunakan mesin pencari untuk mendatangkan traffic ke situs Anda. Anda memiliki dua pilihan: traffic organic yang bebas biaya tetapi sulit untuk didapatkan atau iklan alternatif yang menawarkan traffic ‘pembayaran satu kali klik’ yang merupakan cara termudah dan tercepat dalam menambah traffic situs web Anda. 
 
Jadi, apakah rekan pembaca hendak memulai bisnis online Anda? Pertimbangkan 6 hal penting diatas agar bisnis online Anda dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Selamat mencoba.

Featured Career Advice