×
STUDILMU Career Advice - 8 Cara Sederhana Meningkatkan Produktivitas Kerja
Productivity

8 Cara Sederhana Meningkatkan Produktivitas Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Produktivitas kerja merupakan hal yang serius. Banyak hal yang dapat membuat Anda melakukan penundaan dan kehilangan fokus. Jika Anda mampu menjadi produktif, Anda akan menjadi lebih efektif. Anda bukan hanya akan menyelesaikan tugas-tugas yang Anda miliki. Anda juga menempatkan diri pada jalan kesuksesan. 
 
Bagaimana rekan pembaca Career Advice dapat meningkatkan produktivitas kerja? Berikut adalah 8 cara sederhana yang dapat Anda lakukan.
 

1. Mendengarkan musik.

Mendengarkan musik merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda. Ini dapat membuat Anda merasa tenang. Dengan begitu Anda akan dapat menghasilkan ide-ide yang lebih cemerlang dan juga bekerja dengan lebih cepat. Mendengarkan musik juga dapat memperbaiki suasana hati Anda. 
 
Cobalah untuk mendengarkan beberapa jenis lagu untuk menambah perpustakaan musik Anda. jika Anda merasa musik itu mengganggu, carilah jenis musik lain yang lebih bisa menenangkan Anda dan membuat Anda merasa nyaman. 

2. Berolahraga.

Berolahraga merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan produktivitas kerja. Berolahraga akan membuat tubuh Anda sehat dan bugar sehingga Anda dapat bekerja dengan baik. Bayangkan jika Anda tidak dalam keadaan yang sehat, apakah Anda mampu untuk berkonsentrasi penuh dan menjadi produktif? Tentu tidak.
 
Kesehatan adalah senjata yang penting. dan untuk memilikinya, berolahraga adalah cara yang tepat untuk dilakukan. Sediakan waktu Anda setidaknya 30 menit dalam sehari dan carilah latihan-latihan yang Anda sukai. Apapun itu, pastikan Anda berkeringat.

3. Hijaukan kantor Anda.

Cara selanjutnya untuk meningkatkan produktivitas adalah menghijaukan kantor Anda. Lengkapi ruangan kantor dengan beberapa tanaman hias. Ini akan membantu mengurangi stres dan penyakit. Tanaman juga dapat membantu membersihkan udara dalam ruangan kerja dan mempercantik ruangan kerja Anda. Sehingga, setiap kali Anda merasa lesu dan lemas, memandangi tanaman hias akan mampu memperbaiki suasana hati Anda. 
 
Tetapi, cobalah untuk menghindari tanaman bonsai, seperti kaktus. Melihat kantor dengan banyak tanaman mati justru tidak akan membuat Anda menjadi lebih produktif. Carilah tanaman hias yang hijau, segar dan hidup.
 

4. Tidur yang cukup.

Tidur yang cukup dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa karyawan yang memiliki waktu tidur yang sedikit akan kehilangan produktIvitas kerja mereka tiga kali lipat daripada mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup. Waktu tidur juga akan memengaruhi motivasi, fokus dan kemampuan mengingat Anda. milikilah tujuh hingga delapan jam tidur setiap hari agar Anda dapat menjadi produktif, termotivasi, mudah fokus dan memiliki kemampuan ingatan yang baik. 
 

5. Fokus pada satu hal dalam satu waktu.

Orang-orang yang melakukan multitasking bukanlah orang-orang yang lebih produktif. Mereka hanya beralih dari tugas yang satu ke tugas lainnya. Jadi jika Anda ingin meningkatkan produktivitas dan menyelesaikan tugas Anda, jangan lakukan multitasking. Kerjakanlah satu tugas dalam satu waktu. Ini akan meningkatkan fokus Anda dan membuat Anda menjadi lebih produktif.
 
Jika Anda sedang berfokus dalam satu tugas, matikan notifikasi atau hal apapun yang dapat mengganggu konsentrasi Anda. Misalnya, saat Anda sedang membuat laporan bulanan, matikan notifikasi email Anda agar Anda tidak mengalihkan diri pada email tersebut.
 

6. Ambil jeda untuk beristirahat.

Cara selanjutnya untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda adalah mengambil jeda untuk beristirahat. Jangan lupa untuk beristirahat sejenak sepanjang hari. tentukan waktu yang tepat untuk melakukannya. Tidak perlu terlalu lama. 15-20 menit merupakan waktu istirahat yang ideal. Percayalah, Anda pasti membutuhkan istirahat. Kelelahan hanya akan membuat Anda menjadi tidak fokus dan tidak bersemangat. Ini tidak akan menuntun Anda ke produktivitas yang seharusnya. Ya, tentu saja, siapa yang dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan kondisi tubuh yang lemah? Jadi, ambil jeda dan beristirahat.
 

7. Power nap.

Ini adalah cara yang dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda. Anda mungkin berpikir bahwa tidur siang di kantor merupakan hal yang buruk. Ini akan dipandang sebagai tindakan membangkang atasan. Namun, berdasarkan penelitian, perusahaan yang mendorong para karyawan untuk tidur siang justru memiliki produktivitas yang lebih meningkat. Tidur siang mungkin bukan  merupakan suatu rutinitas yang menjadi budaya tim dan juga perusahaan Anda. tetapi, ini dapat dipertimbangkan.
 
Tidur siang akan membuat Anda memiliki pikiran yang lebih segar dan lebih jernih. Setidaknya, lakukan power nap selama 30 menit. Jadi manfaatkan waktu istirahat Anda untuk melakukan power nap sehingga Anda akan dapat kembali bekerja dengan pikiran yang lebih segar dan kondisi tubuh yang lebih prima. 

8. Keluar dan berjalan.

Sebuah studi mengatakan bahwa karyawan yang keluar dari kantor dan berjalan-jalan dalam beberapa waktu, menunjukkan bahwa 60% karyawan merespon stimulus dengan hal-hal yang unik.
 
Jika Anda mencoba untuk menyelesaikan sebuah masalah, atau saat Anda mulai merasa lelah, tinggalkan tempat duduk Anda, keluar dari ruangan dan berjalan-jalan. Berjalan-jalan merupakan cara yang bagus untuk merangsang pikirin kreatif Anda muncul. Pikiran kreatif ini akan mengarahkan Anda pada solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.
 
Jadi apakah Anda merasa bosan, penat dan lelah? Bangkit dari kursi Anda dan berjalan-jalanlah. Inilah cara yang tepat untuk Anda mengembalikan semangat dan meningkatkan produktivitas kerja Anda.
 
Inilah 8 hal yang dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda. dan untuk memiliki produktivitas kerja jangka panjang, jangan lupa untuk merawat diri secara fisik maupun mental. Menjadi produktif adalah keharusan yang dapat menuntun Anda pada kesuksesan, selamat menjadi produktif rekan pembaca Career Advice.

Featured Career Advice