×
STUDILMU Career Advice - 7 Cara Menjadi Tokoh Terkenal di Dunia Bisnis
Self Improvement

7 Cara Menjadi Tokoh Terkenal di Dunia Bisnis

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Faktanya, menjadi tokoh yang terkenal dan memiliki pengaruh yang tinggi bukan hanya perlu dimiliki oleh para artis dan aktor dari film-film terkenal loh! Namun, kriteria ini juga sangat diperlukan di dalam dunia bisnis, terutama bagi para pengusaha dan pebisnis. Mereka adalah orang-orang yang memiliki andil besar di dalam dunia bisnis. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu bagaimana caranya agar bisa menjadi seorang tokoh terkenal di dunia bisnis. Apabila rekan-rekan Career Advice ingin menjadi salah satu di antaranya, maka artikel ini akan membantu Anda. 
 
Menurut website entrepreneur, ada 7 cara menjadi tokoh terkenal di dunia bisnis. Apa saja ya? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Memiliki Koneksi secara Emosional. 

Menurut studi yang dilakukan oleh Van Edwards, para tokoh terkenal di dunia bisnis adalah orang-orang yang pandai mengikat hati orang-orang di sekitarnya. Misalnya, klien, mitra bisnis atau para pelanggan
 
Bagaimana cara mereka bisa mengikat hati orang banyak? Salah satu cara utama adalah memiliki koneksi secara emosional dengan orang lain. Kita perlu menguasai cara untuk memberikan dopamin kepada orang-orang di sekitar. Pernyataan dalam penelitiannya ini disampaikan sesuai dengan penemuan dari seorang ahli biologi molekuler, John Medina. 
 
Menurutnya, dopamin dapat memberikan sensasi hangat kepada orang lain yang menerimanya.  Cara terbaik untuk memberikan dopamin kepada orang lain adalah dengan melakukan obrolan singkat setiap kali bertemu dengan mereka. 
 
Dua pertanyaan paling penting yang akan memberikan efek dopamin kepada seseorang adalah “Bagaimana hari Anda selama satu hari ini?” dan “Proyek hebat apa yang sedang kamu kerjakan saat ini?”. Kita juga bisa membuatnya menjadi lebih ringan menjadi “Hei! Bagaimana keadaan hari ini?” dan “Hallo, eh sekarang kamu sedang sibuk apa?”
 

2. Memiliki Bahasa Tubuh yang Energik. 

Apakah rekan pembaca sebelumnya pernah meremehkan bahasa tubuh di depan orang lain? Jika ya, untuk kali ini jangan remehkan lagi ya. Menurut para peneliti dari Harvard Business School mengatakan bahwa para tokoh terkenal selalu memberikan bahasa tubuh yang terbaik dari diri mereka. 
 
Mereka selalu memiliki bahasa tubuh yang energik, sehingga selalu terlihat bersemangat ketika bertemu dengan orang lain. Jangan tunjukkan bahasa tubuh yang malu, kurang percaya diri atau ketakutan. Namun, milikilah bahasa tubuh yang tegap, kepala terangkat (tidak menunduk), dan berikan kontak mata yang hangat kepada lawan bicara kita. Dengan memiliki bahasa tubuh yang seperti ini, orang-orang yang berinteraksi dengan kita akan menyadari bahwa kita memiliki pengaruh yang besar. Tentunya, kita juga berpotensi untuk menjadi tokoh terkenal dengan bahasa tubuh yang baik. 
 

3. Peduli dengan Orang-orang di Sekitar.  

Bagaimana bisa kita menjadi seorang tokoh yang terkenal, jika orang-orang di sekitar kita tidak mengenali “siapa diri kita?” Oleh karena itu untuk menjadi terkenal dan berpengaruh, kita perlu memberikan perhatian kepada orang-orang di sekitar kita secara emosional. Buat mereka merasa bahwa kita benar-benar menyukai kepribadian mereka, mencintai mereka dan menerima mereka apa adanya. 
 
Apabila kita sudah berhasil untuk melakukan hal tersebut kepada orang lain, maka mereka akan menyadari bahwa kita adalah seseorang yang berpengaruh di dalam lingkungan tersebut. Orang-orang yang memiliki pengaruh tinggi biasanya lebih mudah untuk dikenal oleh orang banyak.
 
Izinkan orang lain untuk menceritakan keluh kesah mereka terhadap kehidupan, ajukan beberapa pertanyaan yang membuat mereka nyaman, tunjukkan bahwa kita benar-benar tertarik dan bahagia untuk berteman atau berinteraksi dengan mereka, dan jagalah hubungan baik dengan mereka. 
 

4. Bersikap Terbuka dengan Orang Lain. 

Untuk bisa menjadi tokoh terkenal bukan berarti kita harus selalu terlihat kuat di hadapan orang lain, namun kita juga perlu bersikap rentan atau berani membuka diri kepada orang lain. Dengan sikap membuka diri kepada orang lain, mereka akan tahu bahwa semua orang pasti memiliki kekurangan seperti dirinya. Kondisi seperti ini membuat orang merasa lebih nyaman dengan kita. 
 
Sebaliknya jika kita selalu berpura-pura kuat, maka orang lain akan menganggap tidak ada kekurangan dari diri kita, sehingga mereka akan merasa sungkan untuk bergaul dengan kita. Orang-orang yang pintar membuka diri akan lebih mudah didekati oleh banyak orang, daripada seseorang yang selalu terlihat sempurna di hadapan orang lain. 
 
Namun perlu diingat, meskipun kita menunjukkan kelemahan kita kepada orang lain, bukan berarti kita tidak memperlihatkan kekuatan kita untuk bertahan akan semua hal tersebut, namun kita tetap harus menjadi seseorang yang tangguh. Dengan begitu, kita bisa saling bertukar cerita dan pengalaman tentang bagaimana kita menghadapi segala rintangan di dalam hidup. Ketika kita menjadi seseorang yang selalu berusaha menguatkan diri sendiri dan orang lain, maka orang-orang di sekitar kita akan lebih suka dan nyaman berteman dengan kita. 

5. Jangan Gengsi untuk Meminta Bantuan. 

Kira-kita apa hubungannya antara meminta bantuan dengan bisa menjadi tokoh terkenal di dunia bisnis? Meminta bantuan adalah tindakan alamiah yang dilakukan oleh manusia kepada manusia lainnya. Perlu diingat kembali bahwa kita semua adalah makhluk sosial, yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. 
 
Dengan berani meminta bantuan kepada orang lain, kita juga harus mempersiapkan diri menjadi seseorang yang mau menolong orang lain. Sehingga, sikap tolong-menolong akan terbentuk dengan baik. Meminta bantuan menunjukkan bahwa kita adalah makhluk sosial dan menjadi seorang yang dermawan akan membuat kita menjadi seorang yang sangat disukai oleh orang lain. Lagipun, tolong-menolong itu sudah menjadi hal yang lumrah di dalam dunia bisnis. Jadi, jangan malu untuk meminta bantuan dan memberikan bantuan kembali ya. 
 

6. Suka Bercerita dengan Orang Lain. 

Hampir semua orang suka mendengarkan cerita, karena otak manusia memang terprogram untuk memahami informasi dengan lebih mudah melalui cerita singkat. Ada banyak orang terkenal yang menjadi terkenal seperti sekarang karena cerita-cerita inspiratif yang mereka sampaikan kepada banyak orang. 
 
Disadari atau tidak, setiap orang sukses dan terkenal yang kita temui adalah orang-orang yang memiliki kisah hidup hebat dan bisa diceritakan kepada orang lain sebagai bahan penyemangat. Para tokoh terkenal atau pebisnis sukses di dunia bisnis selalu memiliki kisah-kisah inspiratif yang dapat diceritakan. Terutama tentang bagaimana mereka memulai bisnis dan berhasil menjalankan bisnis yang sukses sampai sekarang.
 

7. Jadilah Seorang yang Karismatik. 

Hampir semua tokoh terkenal memiliki sifat karismatik ini. Mereka berhasil membuat orang-orang di sekitar mereka lupa dengan apa yang orang ini katakan, tapi mereka ingat bagaimana perasaan mereka ketika bersama orang-orang karismatik ini. 
 
Orang-orang yang berkarismatik akan membuat orang lain merasa senang dan nyaman bersama mereka. Menurut Van Edwards, ada 3 cara berkomunikasi secara nonverbal yang akan meningkatkan karisma seseorang. Pertama, ketika berbicara dengan seseorang, miringkan kepala kita. Kedua, sejajarkan tubuh kita dengan lawan bicara dan ketiga, arahkan jari kita ke arah orang tersebut. 
 
Menjadi seorang yang berkarismatik sangatlah penting, terutama di dunia bisnis. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mendapatkan pelanggan baru dan investor untuk bekerja sama. 
 
Yap! itulah 7 cara untuk menjadi tokoh terkenal dan berpengaruh di dunia bisnis. Yuk, kita terapkan dari sekarang agar bisa menjadi seorang yang berpengaruh di dunia bisnis. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice