STUDILMU Career Advice - SIAPAKAH CUSTOMER ANDA? (2)

SIAPAKAH CUSTOMER ANDA? (2)


by Studilmu Editor
Posted on Dec 05, 2017

Ada yang membedakan Pelanggan dalam tiga lingkup, yaitu:
 
 1. Pelanggan Internal (Internal Customer)
 
Pelanggan atau Customer internal adalah orang yang berada dalam perusahaan dan memiliki pengaruh pada performa pekerjaan (atau perusahaan) kita. Bagian pembelian, produksi, penjualan, pembayaran gaji, rekruitmen dan karyawan , merupakan contoh pelanggan internal.
 
2. Pelanggan Antara (Intermediete Customer)
 
Pelanggan Antara adalah mereka yang bertindak sebagai perantara, bukan sebagai pemakai akhir produk itu. Distributor yang mendistribusikan produk, agen atau biro perjalanan yang memesankan kamar hotel untuk pemakai akhir, merupakan contoh Intermediete Customer. Tetapi ada yang berpendapat bahwa Intermediete Customer Adalah termasuk dalam External Customer, karena mereka bukan bagian dari karyawan, atau tidak bekerja di bawah naungan perusahaan yang sama.
 
3. Pelanggan Eksternal (External Customer)
Pelanggan eksternal adalah pembeli atau pemakai akhir produk itu, sering disebut sebagai pelanggan nyata (Real Customer). Pelanggan eksternal merupakan orang yang membayar untuk langsung menggunakan produk atau jasa tersebut. 
 
Setiap orang dalam dunia industri mempunyai pelanggan yang harus dipuaskan. Kepuasan pelanggan relevan untuk kita semua, apapun pekerjaan kita. Bagi seorang karyawan, maka rekan kerja dan atasannya adalah customer internal. Baik mereka berada dalam departemen yang sama atau tidak. Hasil kerja kita sangat mungkin mempengaruhi hasil kerja mereka, dan keseluruhan hasil kerja yang diterima oleh customer eksternal perusahaan. Jika kita tidak memenuhi kebutuhan mereka dengan baik, mereka dapat menyampaikan keluhan pribadi maupun formal ke bagian Kepegawaian, dan tentunya itu berefek pada penilaian kinerja kita. 
 
Hal yang serupa berlaku bagi jajaran manajemen. Hanya karena seseorang adalah pemilik perusahaan atau atasan dalam suatu perusahaan, bukan berarti ia tidak memiliki customer internal. Justru lingkup customer internalnya semakin luas. Semua orang di bawah garis komando adalah customer internal. Beberapa dari mereka mungkin dikenal cukup baik, karena merupakan orang-orang terbaik di bidangnya yang dimiliki perusahaan. Mereka mendukung berjalan dan berkembangnya bisnis, dan mereka bisa pergi kapan saja jika merasa tidak puas atas apa yang mereka dapatkan di perusahaan. Mereka bisa pindah ke perusahaan yang memberi tawaran yang menurutnya lebih baik, dan mulai menjadi bagian dari pesaing. Sama seperti halnya customer eksternal. Customer internal dan eksternal merupakan pelanggan nomor dua. 
 
Oleh karena itu, Pengertian Customer sangat penting bagi kita untuk mengenal dengan baik siapa customer kita sesungguhnya. Bukan perihal mengenal dan mengetahui segala data tentang mereka, tetapi makna “mengenal” di tahap ini adalah mengidentifikasi, mengetahui dengan tepat, siapa saja pihak yang menjadi pendukung kelangsungan bisnis kita. Baik internal maupun eksternal, memenuhi kebutuhan customer kita sama besar pengaruhnya bagi karir kita pribadi secara khusus, maupun bagi perusahaan tempat kita menuai penghidupan.
 
Jika ingin menyelenggarakan training Customer Service, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com

Tinggalkan Komentar Anda

Respon Pengunjung

Aldy Septi Sadewo

Pengertian Customer, Customer Adalah, Apa itu Customer, Customer Service adalah, Pengertian Customer Service

Dec 27, 2018 at 02:33 AM
Featured Career Advices

4 Jenis Komunikasi Yang Efektif

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z

3 Kondisi Kerja yang Menekan dan Cara Menghadapinya

15 Ciri Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif Dalam Pengembangan Karier

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

12 Bahasa Tubuh Yang Dihindari Pada Wawancara Kerja

3 Cara Menjadi Diri Sendiri

Cara Kerja di Perusahaan Baru

3 Tips Merespon Pekerjaan Tambahan

Ingin Hasil Kerja Lebih Baik? Lakukan 8 Hal ini.

Pengalaman Interview Seseorang

4 Cara Negosiasi Yang Efektif

Menjaga Komitmen Kerja

6 Hal Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

40 Kata-Kata Motivasi Kerja

7 Strategi Manajemen Waktu

3 Cara Menghadapi Kesulitan

Wawancara Kerja: Hobi, Pengalaman dan Kesuksesan

4 Cara Meraih Kesuksesan Di Bidang Penjualan

3 Cara Utama Menjadi Wanita Karier Hebat Indonesia

Perbedaan Empati dan Simpati

8 Cara Menghadapi Lingkungan Kerja yang Sulit

2 Cara Keluar Dari Zona Nyaman

3 Cara Agar Sukses di Usia Muda

7 Cara Hidup Bahagia

15 Cara Agar Berhasil Melewati Wawancara Kerja