Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan sebagai Karyawan Tetap

7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan sebagai Karyawan Tetap


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 

Penghasilan tambahan merupakan hal yang sering dipikirkan oleh orang banyak. Meskipun gaji mereka dapat dikatakan terbilang cukup, namun harga makanan, pendidikan, uang transportasi, dan kebutuhan sehari-hari lainnya semakin lama semakin mencekam. Realita ini membuat banyak orang harus memutar otak mereka dalam mencari penghasilan tambahan, meskipun mereka sudah bekerja sebagai karyawan tetap
 
Apabila rekan-rekan Career Advice tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tanpa meninggalkan pekerjaan rekan pembaca yang sekarang, kami rasa artikel ini sangat cocok untuk dibaca sampai akhir dan diterapkan oleh rekan-rekan pembaca.  Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini. 
 

1. Memulai Bisnis Jasa secara Online. 

Tanpa harus pusing-pusing mencari penghasilan tambahan, kita bisa memulai bisnis jasa, baik melalui online atau menjajakinya secara langsung kepada orang-orang terdekat kita. Perkembangan digital sangat memudahkan kita untuk bisa berkreasi di dunia online, bahkan mencari uang tambahan dari sana. Coba pikirkan kembali, kira-kira keahlian apa ya yang kita miliki selain keahlian yang kita salurkan di tempat kerja?
 
Sebagai contoh, rekan pembaca adalah seorang yang sangat ahli dalam Bahasa Inggris dan Bahasa asing lainnya. Melalui keahlian ini, rekan pembaca bisa membuka bisnis jasa melalui online seperti membuka layanan penerjemah Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia atau mungkin Bahasa Perancis- Bahasa Indonesia. 
 
Contoh lainnya, saya adalah seorang pemasak handal. Nah, keterampilan ini bisa saya gunakan untuk membuka bisnis catering melalui online. Para pekerja dari perusahaan lain yang mungkin tidak memiliki waktu banyak untuk memasak atau sedang ingin makan suatu jenis makanan tertentu, mereka bisa menggunakan jasa saya. 
 
Hanya dengan menghubungi kontak saya yang tertera di website, saya dan para pelanggan dapat terhubung dengan baik. Apabila bisnis ini berjalan dengan lancar, saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi karyawan penuh waktu dari Senin-Jumat dan memasak catering di hari Sabtu-Minggu. 
 
Dengan berbisnis melalui online, rekan-rekan Career Advice tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak dan tidak perlu susah-susah mencari koneksi atau calon pelanggan di luar rumah. Rekan pembaca cukup menyebarkan informasi layanan jasa yang Anda buat di internet, atau menyebarkannya dari mulut ke mulut kepada rekan-rekan kerja di kantor. 
 

2. Berinvestasi dalam Real Estate. 

Hmm, mungkin beberapa rekan pembaca akan sangat meragukan ide ini. Ya, bagaimana bisa untuk seorang karyawan tetap yang bekerja penuh waktu dari jam 9 pagi sampai 5 sore, dan kekurangan uang tunai (modal) yang jelas-jelas sedang mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Lah, ini kok malah disuruh untuk berinvestasi dalam real estat, apakah mungkin? 
 
Yap! ini mungkin terdengar tidak masuk akal, tapi bukan berarti tidak mungkin toh? Caranya, rekan pembaca bisa mencari-cari agen properti yang menyewakan sebuah kondominium atau properti kecil di negara lain yang bisa ditempati para pelancong saat liburan. 
 
Ajak mereka untuk bekerjasama dengan Anda, minta tarif yang terbilang cukup murah, namun tetap memberikan kualitas yang baik dan bagus, dengan perjanjian bahwa rekan pembaca akan mencari para pelanggan yang akan menyewa properti mereka. 
 
Cara lainnya, rekan pembaca bisa merelakan tabungan Anda sementara untuk membeli properti dan menyewakannya. Memang ini akan terasa menyulitkan di awal karena tabungan yang sudah kita jaga setelah sekian lama harus diambil untuk membeli properti, namun dampak positifnya bisa kita rasakan nanti. Kita akan memiliki pendapatan pasif yang bisa menambah penghasilan utama kita sebagai karyawan tetap di kantor. 
 

3. Menerbitkan Ebook atau Kursus Online.

Cara ketiga untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan meluncurkan ebook atau kursus online. Ini akan sangat cocok bagi rekan-rekan Career Advice yang suka menulis atau mengajarkan suatu subjek ilmu kepada banyak orang. Misalnya, menulis adalah hobi yang rekan pembaca miliki sampai sekarang. Dengan meluangkan waktu untuk menulis setiap malam (pulang kerja) atau setiap akhir pekan. Rekan pembaca dapat memiliki ebook yang siap diluncurkan secara online. 
 
Apabila konten yang ditulis sangat menarik dan mendapatkan sambutan hangat dari para pembaca online, rekan pembaca bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari cara ini. Atau, apabila menulis bukan hal yang Anda kuasai, rekan pembaca dapat mengajar dengan membuat video dan membuka kursus online. Ini bukan hanya dapat menambah penghasilan utama kita, namun juga memberikan banyak manfaat kepada orang lain. 

4. Memanfaatkan Kekuatan E-commerce. 

Perkembangan e-commerce di Indonesia semakin meningkat dan persaingan di antara mereka juga semakin ketat. Ini sangat memanjakan para konsumen di Indonesia karena mereka bebas memilih e-commerce mana yang mereka jadikan andalan untuk membeli barang-barang kebutuhan mereka. 
 
Pastinya, rekan-rekan Career Advice juga merasa sangat terbantu dengan kehadiran e-commerce ini kan? Nah, daripada hanya belanja barang dari e-commerce, bagaimana kalau kita juga membuka toko online atau menjual produk kita melalui platform tersebut? 
 
Kami yakin ini akan selalu menjadi hal yang membanggakan dan mengagumkan bagi kita yang dapat meluncurkan toko online sendiri, apalagi kalau kita bisa menghasilkan produk andalan di sela-sela kesibukan kita sebagai karyawan penuh waktu, dan menjualnya melalui online. Wah, pasti keren banget deh! Jadi, jika rekan pembaca benar-benar ingin menambah penghasilan utama Anda, Yuk mulai berdagang melalui online dari sekarang. 
 

5. Menyewakan Rumah atau Mobil. 

Apakah rumah atau apartemen rekan pembaca sangat luas dan nyaman, namun Anda hanya tinggal sendirian di sana? Di sisi lain, rekan pembaca juga memerlukan penghasilan tambahan karena sudah mulai kewalahan dalam membayar tagihan air atau listrik. Apabila realitanya seperti ini, kami menyarankan rekan-rekan Career Advice untuk menyewakan salah satu ruangan kamar di rumah atau apartemen Anda. Tawarkan kamar tersebut ke dalam platform online yang memudahkan para pelancong atau traveler untuk mencari dan menyewa kamar yang Anda sewakan. 
 
Selain itu, jika rekan pembaca juga memiliki mobil lebih dari satu, dan sedang memutar otak untuk membayar pajak mobil Anda. Kenapa tidak disewakan saja? Penghasilan yang didapat bisa ditabung untuk membayar pajak mobil rekan pembaca nanti. 
 

6. Menjadi MC atau Pembawa Acara.

Cara keenam ini cocok untuk rekan-rekan Career Advice yang suka berbicara di depan umum. Ide lain yang kami tawarkan adalah dengan menjadi MC atau pembawa acara. Misalnya, menjadi MC di acara pertunangan, pernikahan atau bahkan ulang tahun. Rekan pembaca bisa memasang iklan secara online bahwa Anda membuka layanan jasa untuk menjadi MC. Menjadi MC atau pembawa acara juga tidak akan mengganggu waktu kerja rekan-rekan loh! Karena biasanya, acara-acara formal seperti pertunangan dan pernikahan diadakan saat akhir pekan (Sabtu atau Minggu). Jadi, penghasilan utama tetap ada dan penghasilan tambahan juga bisa mengalir deh! Hehe.
 

7. Dapatkan Bayaran untuk Melakukan Apa yang Sudah Rekan Pembaca Lakukan. 

Mulai dari sekarang, coba rekan-rekan Career Advice catat apa saja yang sudah Anda lakukan di setiap waktu luang yang rekan pembaca miliki. 
 
Misalnya, apabila rekan pembaca sangat suka berenang dan cukup jago dalam hal itu, kenapa tidak buka kursus renang saja? Lumayan kan, ini bisa menjadi pekerjaan sampingan dan rekan pembaca juga bisa melakukan hobi Anda di setiap waktu luang yang dimiliki.   
 
Nah dari 7 cara di atas, kira-kira cara mana nih yang paling melekat di hati rekan-rekan Career Advice? Tertarik untuk menerapkannya dari sekarang? Kalau “ya”, Yuk, kita mulai dari sekarang untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang kita inginkan. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.