×
STUDILMU Career Advice - 7 Cara Hidup Bahagia
Happiness

7 Cara Hidup Bahagia

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice. Setiap kita pastinya menginginkan kehidupan yang bahagia. Tidak ada seorangpun menginginkan kehidupan yang biasa-biasa saja. Setiap orang berhak untuk memiliki kesuksesan yang diinginkan. Anda tidak memerlukan keberuntungan untuk memilikinya. 
 
Jika kita melihat latar belakang orang-orang sukses seperti Bill Gates, Steve Jobs dan Michael Jordan, mereka hidup dalam keadaan yang tidak baik sebelum mereka menjadi orang-orang terkenal. Namun, mereka mampu untuk menghasilkan hal-hal luar biasa. Jika mereka bisa, Anda pun bisa. Memiliki kehidupan yang sukses dan bahagia bukanlah tentang mengendarai mobil mewah dan tinggal di rumah mewah. Inti dari kehidupan yang bahagia adalah pencerahan yang datang dari dalam diri. Bagaimanakah kita dapat mewujudkannya? Berikut adalah 7 cara sederhana yang dapat rekan pembaca lakukan agar hidup bahagia.
 

1. Lebih berpusat terhadap diri sendiri.

Ini berbeda dengan egois. Ini juga bukan tentang menjadi narsis den menjadikan semuanya tentang Anda. Berpusat terhadap diri sendiri adalah hidup dengan cara yang Anda pilih tanpa harus peduli dengan yang orang pikirkan tentang Anda. Orang-orang hebat tidak peduli dengan yang dipikirkan orang lain tentang diri mereka. Mereka adalah orang-orang yang berpusat pada diri sendiri. 
 
Jadi, mulai hari ini, berpusatlah pada diri Anda sendiri. Hiduplah dengan cara yang Anda pilih dan lakukan yang terbaik. Anda tidak harus mengikuti keramaian yang ada ataupun cara yang diminta oleh orang lain. Anda adalah diri Anda sendiri dan Anda bertanggung jawab penuh 100% terhadap diri Anda sendiri.
 

2. Jadilah sederhana.

Menjadi sederhana bukanlah tidak memiliki mobil mewah atau benda mewah lainnya. Ini bukanlah tentang segala sesuatu yang Anda miliki, ini adalah tentang memiliki pendirian. 
 
Banyak orang melakukan kesalahan dalam hidupnya. Mereka berpikir bahwa kehidupan yang sukses adalah jika mereka memiliki mobil mewah, rumah mewah, makan di restoran mewah dan menghabiskan banyak uang. Uang bukanlah tolak ukur kesuksesan Anda. Uang hanyalah jumlah dari nilai yang Anda ciptakan dalam hidup orang lain.
 
Jika Anda mengendarai sebuah mobil mewah, itu tidak berarti bahwa Anda adalah orang yang sukses. Materi dan hal material lainnya bukanlah penentu siapa diri Anda. Penentunya adalah cara Anda memancarkan sinar dari dalam, dan cara memaksimalkan kemampuan yang Anda miliki dalam menciptakan nilai untuk orang lain. Inilah yang dimaksud dengan hidup sederhana. Jadi, jika Anda ingin menjadi sukses dan bahagia, hiduplah sederhana. 
 

3. Jaga kesehatan mental dan fisik.

Kesehatan mental dan fisik adalah kekayaan Anda. Jika Anda selalu merasa ngantuk, lelah dan sakit, Anda tidak dapat menjalani kehidupan dengan maksimal. Dan jika Anda tidak menjalani kehidupan dengan maksimal, Anda tentunya tidak akan pernah merasa bahagia dan sukses.
 
Hindari alkohol dan hentikan kebiasaan merokok. Gunakanlah waktu Anda untuk berolahraga dan membaca. Tentunya Anda ingin tetap sehat, baik secara fisik maupun mental.
 
Jadi, jagalah kesehatan mental dan juga fisik Anda. Orang-orang sukses adalah orang-orang yang produktif. Untuk menjaga Anda tetap produktif sepanjang hari, Anda harus menjaga kesehatan. Tidurlah yang cukup, berolahraga dan konsumsi makanan sehat bergizi. 
 
Ketika Anda memiliki energi yang cukup, keinginan dan tingkat kepercayaan diri Anda akan meningkat. Tentunya, Anda juga dapat melakukan lebih banyak hal dibandingkan orang-orang yang memiliki tingkat kesehatan lebih rendah.

4. Menempel dengan tujuan yang berarti.

Albert Einstein mengatakan bahwa jika Anda ingin memiliki hidup yang bahagia, mendekatlah kepada tujuan, bukan orang atau hal lain. Jika Anda hidup sederhana, apakah Anda harus tetap memiliki tujuan?
 
Banyak orang yang salah dalam menentukan tujuan. Mereka menetapkan bahwa tujuan mereka adalah memiliki uang miliaran, memiliki mobil mewah atau sebuah usaha multinasional. Tujuan-tujuan ini sangat baik, namun Anda harus membuat tujuan yang berarti bagi diri sendiri. Apa inti yang didapat dari memiliki uang miliaran, memiliki mobil mewah atau sebuah usaha multinasional? 
 
Jika Anda memiliki tujuan yang tidak berarti, sangat sulit untuk Anda bertahan dalam situasi yang penuh tantangan. Orang-orang ingin menjadi kaya bukan karena mereka hanya ingin menjadi kaya, tetapi karena mereka mengetahui hal yang akan mereka lakukan dengan uang yang dimiliki. 
 
Uang hanyalah alat yang Anda gunakan, begitupun dengan materi lainnya, apakah yang Anda inginkan dari memiliki mobil ataupun rumah mewah? Makna dibalik tujuan itulah yang memotivasi Anda. Oleh karena itu, buatlah tujuan yang berarti, bukan hanya sekedar tujuan.

5. Tidak menjadi paranoid.

Daripada harus memikirkan hal buruk yang Anda dapatkan, cobalah berpikir bagaimana semesta membantu dan mendorong Anda. ketika Anda diberhentikan oleh perusahaan, pikirkanlah kemungkinan dan peluang lain yang Anda miliki. Anda bisa saja mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan gaji yang lebih tinggi.
 
Jack Ma, pendiri Alibaba mengatakan bahwa orang-orang sukses adalah orang-orang yang positif dan selalu berharap akan hal baik di masa depan. Mereka adalah orang-orang yang berpikir sebaliknya dari yang dipikirkan oleh paranoid. 
 
Jadi, jika sesuatu terjadi di luar kendali Anda, tetaplah tenang dan percayalah bahwa setiap hal terjadi karena ada tujuan. Milikilah selalu pandangan yang positif dan peluang besar yang dapat menjadi milik Anda. 
 

6. Menghidupi waktu  yang ada.

Hidupilah waktu yang Anda miliki. Saat Anda sedang berlibur, berhenti memikirkan pekerjaan Anda, begitu pula sebaliknya. Orang yang bahagia adalah orang yang mampu menghidupi waktu yang ada dan bebas dari kecemasan. Kecemasan hanya akan membuat Anda semakin tertekan. 
Jadi, jika rekan pembaca ingin bahagia, lakukan hal ini. Anda tidak perlu mencemaskan masa depan yang berada diluar kendali. Kemarin adalah sejarah, hari esok adalah misteri dan hari ini adalah hadiah, itulah sebabnya dalam bahasa Inggris, masa kini dinamakan present. Belajarlah dari masa lalu dan gunakan masa depan sebagai hal yang menginspirasi Anda saat ini, gunakan waktu Anda saat ini.
 

7. Bertindak

Orang-orang sukses dan bahagia adalah orang-orang yang mengacu pada tindakan. Mereka membuat sesuatu, bukan menunggu sesuatu itu datang. Jika Anda ingin menjadi orang sukses, tetapi Anda menghabiskan hari Anda dengan bermain, Anda akan merasa bersalah nantinya. Sebaliknya, jika Anda menggunakan waktu Anda untuk mewujudkan tujuan Anda, Anda akan merasa puas dan bahagia. Mengapa? Karena Anda melakukan sesuatu berdasarkan rencana yang dibuat. Itulah sebabnya tindakan nyata merupakan hal yang penting.
 
Kerja keras adalah hal yang dapat membuat Anda bahagia. Hasilnya bertahan lama dan memberikan Anda banyak apresiasi. Jadi, semakin Anda berusaha, semakin Anda mendapatkannya. Semakin Anda mendapatkannya, semakin Anda merasa puas. 
 
Itulah 7 cara sederhana yang dapat membuat Anda memiliki hidup bahagia. Kesuksesan membutuhkan waktu tetapi Anda dapat mengetahui apakah Anda telah berada dalam jalur yang tepat atau tidak. Selamat berjuang menuju kesuksesan dan kebahagian yang rekan pembaca impikan. 

Featured Career Advice