Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 15 Cara Meraih Kesuksesan Dalam Hidup

15 Cara Meraih Kesuksesan Dalam Hidup


STUDILMU Users
by Studilmu Editor
Posted on Mar 11, 2019

 
Sukses. Ini adalah salah satu kata yang sering digembar-gemborkan banyak orang dalam menjalani kehidupan. Terutama kehidupan karier. Setiap orang memiliki definisi sukses yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa kesuksesan adalah berhasil menyekolahkan semua anak-anaknya hingga ke jenjang perguruan tinggi. Sebagian mengatakan bahwa kesuksesan itu adalah memiliki banyak rumah mewah dan mobil-mobil mahal. 
 
Apapun definisi “sukses” yang kita miliki, upaya kita menuju kesuksesan yang kita inginkan akan menjadi hal yang sering dipikirkan. Apa saja langkah-langkah yang perlu kita lakukan untuk mencapai kesuksesan sejati? 
 
Pada artikel kali ini, saya mengajak semua pembaca Career Advice untuk selalu fokus pada 15 hal penting di bawah ini dan rekan pembaca perlu untuk selalu mengingatnya agar dapat meraih kesuksesan dalam hidup, tidak peduli umur berapapun Anda sekarang. 
 
1. Belajar Mencintai Melakukan Hal-hal yang Kita Benci
“Hmm, sepertinya saya akan mulai membuat laporan besok saja deh” , “Rasanya saya sedang tidak mood untuk membersihkan rumah sekarang. Mengerjakannya di hari Sabtu, kayaknya ide yang bagus”. Kedua percakapan tersebut adalah salah satu contoh kecil dari menunda-nunda pekerjaan. 
 
Tanpa disadari mungkin kita tidak menyukai segala hal yang perlu kita lakukan. Inilah mengapa kita sering menunda-nunda pekerjaan. Kita tidak menemukan sebuah “gairah” yang berkobar-kobar saat kita mengerjakannya. 
 
Dengan situasi seperti ini, penting untuk kita belajar mencintai melakukan hal-hal yang tidak kita sukai. Ada dua elemen penting untuk kita pikirkan dalam hal ini, yaitu:
 
Pertama, coba cari tahu bagaimana hal-hal menyebalkan tersebut dapat berguna untuk pekerjaan kita secara keseluruhan. Sebagai contoh, kita sangat membenci Bahasa Inggris. Tapi, Bahasa ini adalah Bahasa internasional yang dapat membantu kita untuk memperluas koneksi dan mencari investor asing untuk bisnis kita. Saat kita mencoba untuk mempelajarinya, dan berhasil. Maka, kita akan merasa puas dalam hal ini. 
 
Kedua, coba cari hal yang menyenangkan dari aktivitas yang tidak kita sukai. Misalnya, saya sangat kesal kalau harus mencuci piring yang menumpuk di dapur. Tapi, saya berusaha untuk menyukai hal itu, karena mau tidak mau saya harus mencucinya. Setelah saya melakukannya, ternyata ada hal yang menyenangkan dari mencuci piring. Saya bisa mencuci sambil bermain air dan bernyanyi di dapur. 
 
2. Selesaikan yang Sulit Dulu, yang Mudah Kemudian
Sudah banyak teman-teman saya yang telah meraih kesuksesan berpesan bahwa kita perlu menyelesaikan tugas yang besar dan sulit terlebih dahulu. Mengapa begitu? Menurut pengalaman mereka, saat kita berhasil menyelesaikan masalah yang besar, masalah yang kecil akan terselesaikan begitu saja. 
 
Apapun profesi rekan pembaca, pastikan rekan-rekan Career Advice selalu membuat daftar tugas setiap harinya. Dan, klasifikasikan tugas-tugas tersebut berdasarkan tugas yang paling penting dan paling rumit untuk segera dikerjakan. Prioritaskanlah tugas-tugas tersebut, karena kita dapat dengan mudah menyelesaikan tugas-tugas ringan lainnya. 
 
3. Berpikir dengan Matang Berapapun Usia Kita
Jika kita masih muda, kita perlu berpikir dengan matang dan jika kita sudah tua, kita perlu berpikir seperti anak muda. Apa maksud dari pernyataan ini? maksudnya adalah sebagai anak muda, kita harus belajar segala kebijaksanaan dan pengalaman yang dimiliki oleh para orang tua. Di sisi lain, sebagai orang tua, kita perlu belajar melakukan hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Jadikan kreativitas anak muda sebagai salah satu pembelajaran kita. 
 
Masa-masa remaja adalah saat semua hal seperti petualangan yang menyenangkan. Cara terbaik untuk tetap belajar adalah terus merasa penasaran dengan hal-hal baru yang belum kita ketahui sebelumnya. Dan, jangan lupa ‘mengosongkan otak’ kita untuk mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat. 

4. Jadilah Pendengar yang Baik
Seringkali kita mendengar hanya untuk merespon, bukan untuk memahami apa yang orang lain sampaikan kepada kita. Jika kita terus menjadi orang egois yang hanya ingin merespon apa yang kita dengar, tanpa mencoba memahaminya. Percayalah, kesuksesan akan semakin menjauh dari kita. 
 
Mendengar untuk memahami adalah salah satu cara efektif agar kita bisa belajar lebih. Dan, mereka yang tidak pernah berhenti belajar adalah orang-orang yang memiliki kesempatan besar untuk sukses. 
 
5. Jaga Kesehatan Kita
Pernahkah pembaca Career Advice mengerjakan sesuatu saat sedang tidak enak badan? Pasti merasa sangat tidak enak, bukan? Tidak akan ada yang dapat melakukan sesuatu dengan saat baik saat sedang sakit. 
 
Inilah mengapa kita penting untuk selalu menjaga kesehatan dan berolahraga. Ada begitu banyak orang sukses yang saya kenal suka berolahraga di pagi hari dengan rutin. Jika kita memiliki tubuh yang sehat, maka kita bisa meraih kesuksesan di umur berapapun. 

6. Berpakaian Satu Tingkat Lebih Baik dari yang Dibutuhkan
Kita memang tidak perlu berpakaian selalu formal setiap harinya. Tapi setidaknya, penting untuk kita selalu menjaga penampilan. Apalagi jika kita baru bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya. Kesan pertama adalah segalanya, ini dapat menentukan kesan-kesan yang kita miliki pada waktu berikutnya. 
 
Saat kita harus menghadiri acara wawancara kerja, kencan, pertemuan bisnis atau pertemuan sosial. Cobalah untuk berpakaian 10% lebih baik dari yang kita perlukan. Dengan begitu, orang-orang akan menghargai kita, karena kita juga menghargai diri sendiri dengan memakai pakaian yang rapi dan baik. 

7. Menjadi Orang yang Bijaksana
Ada begitu banyak orang yang pintar di dunia ini. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengambil keputusan dengan bijaksana. Apa sih yang dimaksud dengan bijaksana? Menjadi bijak berarti memiliki pengalaman, pengetahuan, dan penilaian yang baik. Orang-orang yang bijaksana selalu berusaha untuk mengantisipasi semua dampak dari keputusan yang mereka buat. 
 
Tidak peduli berapapun umur kita, cobalah untuk tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Luangkan waktu sejenak sebelum membuat keputusan untuk memikirkan semua orang dan segala sesuatu yang akan terkena dampak dari keputusan kita. 

8. Dapat Dipercaya
Hampir semua orang sukses dapat meraih kegemilangan karier mereka berawal dari menjadi orang kepercayaan. Logikanya, bagaimana seseorang bisa meraih kesuksesan, jika orang lain saja tidak mempercayai mereka? 
 
Dapat dipercaya artinya menjadi orang yang selalu bisa diandalkan. Jadi, apakah pembaca Career Advice ingin sukses di umur berapapun? Jika ya, jadilah orang yang bekerja keras dan dapat dipercaya oleh orang lain. 
 
9. Memiliki Integritas yang Kuat
Integritas adalah proses melakukan hal yang benar bahkan ketika tidak ada yang melihat. Sikap integritas adalah satu hal yang sangat dicari oleh banyak pemimpin pada karyawan mereka. Mereka yang memiliki integritas yang kuat merupakan orang-orang yang dapat dipercaya dan diandalkan. Dan jika kita menjadi orang yang dapat dipercaya, sudah tahu kan apa dampak positif yang kita dapatkan? Yap! kesuksesan. 

10. Bekerja dengan Cerdas, Bukan Bekerja Terlalu Keras
Terlalu banyak orang yang meremehkan pernyataan ini. Padahal, saat kita bekerja, kita pasti memiliki sebuah tim, yang mana kita tidak perlu mengerjakan segala hal dalam satu malam. Ada beberapa tugas yang memang bisa dan perlu kita delegasikan kepada orang lain. Pembaca Career Advice perlu selalu ingat bahwa kesuksesan bukan selalu tentang karier. Tapi, mendapatkan kebahagiaan dengan keluarga dan pasangan juga merupakan sebuah kesuksesan yang sangat baik. Bekerjalah dengan cerdas, bukan bekerja terlalu keras. 

11. Jangan Pernah Menyerah
Semua orang termasuk saya, pasti pernah menghadapi rintangan kehidupan yang begitu berat. Sehingga, kita merasa ingin menyerah dan meninggalkan semuanya. Namun, menyerah bukanlah pilihan yang terbaik. Sebagai seseorang yang ingin sukses, tidak peduli kita masih muda atau sudah tua, menyerah bukan pilihan yang dimiliki oleh orang-orang sukses. 
 
12. Bersikap Ramah dan Murah Senyum 
Tidak akan ada yang suka bekerja dan berteman dengan orang-orang yang selalu cemberut, mengeluh dan marah-marah karena hal yang tidak jelas penyebabnya. Jika ingin sukses, jangan lupa berbuat baik dengan orang lain dengan bersikap ramah dan murah senyum. Dengan begitu, kita bukan hanya menjadi sukses, tetapi juga menjadi orang yang menyenangkan. 
 
13. Memiliki Visi dan Misi yang Jelas 
Sukses adalah pergi ke suatu tempat yang benar-benar kita inginkan. Itu lebih dari sekedar tujuan hidup. Untuk sampai kesana, kita memerlukan visi dan misi yang jelas. Jika semua itu masih buram, bagaimana kita dapat menuju kepada kesuksesan? 
 
14. Memiliki Passion yang Kuat
Mereka yang berhasil mencapai kesuksesan adalah orang-orang yang memiliki passion yang kuat. Mereka tahu apa yang disukai dan apa yang tidak disukai mereka, sehingga setiap mereka melakukan sesuatu, mereka benar-benar melakukannya dengan sepenuh hati. 
 
15. Lemah Lembut, Namun Tidak Lemah
Kelemahlembutan berarti bersikap lembut dan tenang. Tidak gegabah dalam memutuskan segala hal. Mereka lemah lembut, namun bukan berarti lemah. Mereka selalu berusaha untuk memberikan sisi positif mereka. Inilah orang-orang yang layak untuk sukses, karena mereka berhasil membuang ego mereka jauh-jauh dan tetap rendah hati. 
 
Yap, itu dia 15 hal yang sangat penting untuk selalu kita ingat agar kita bisa meraih kesuksesan dalam hidup. Tidak peduli berapapun umur kita sekarang, apakah masih terbilang sangat muda atau sudah tidak muda lagi, kita semua berhak untuk mendapatkan kesuksesan. Jadi, apakah pembaca Career Advice benar-benar ingin sukses? Yuk, kita mulai terapkan 15 hal penting di atas. Selamat mencoba rekan-rekan. 
Featured Career Advices
5 Cara Meningkatkan Harga Diri

5 Cara Meningkatkan Harga Diri

Kebahagiaan adalah Kunci Kesuksesan

Kebahagiaan adalah Kunci Kesuksesan

Hubungan Pengaturan Waktu dan Produktivitas Kerja

Hubungan Pengaturan Waktu dan Produktivitas Kerja

5 Ciri-ciri Kepemimpinan yang Baik dan Menginspirasi

5 Ciri-ciri Kepemimpinan yang Baik dan Menginspirasi

5 Cara Menangani Kasus Nepotisme di Tempat Kerja

5 Cara Menangani Kasus Nepotisme di Tempat Kerja

10 Frasa Pasif-Agresif yang Dapat Menghancurkan Bisnis

10 Frasa Pasif-Agresif yang Dapat Menghancurkan Bisnis

3 Tips Memiliki Kepercayaan Diri dalam Setiap Percakapan

3 Tips Memiliki Kepercayaan Diri dalam Setiap Percakapan

12 Karakteristik Orang yang Memiliki Kesadaran Diri

12 Karakteristik Orang yang Memiliki Kesadaran Diri

4 Cara Mendapatkan Pengembangan Diri yang Baik

4 Cara Mendapatkan Pengembangan Diri yang Baik

7 Elemen Etos Kerja yang Sangat Penting

7 Elemen Etos Kerja yang Sangat Penting

7 Cara Meningkatkan Kesehatan di Lingkungan Kerja

7 Cara Meningkatkan Kesehatan di Lingkungan Kerja

4 Tanda Memiliki Hubungan Kerja dengan Klien yang Tidak Baik

4 Tanda Memiliki Hubungan Kerja dengan Klien yang Tidak Baik

4 Cara Meredakan Amarah

4 Cara Meredakan Amarah

5 Cara Mendorong Inovasi Terbaru di Perusahaan

5 Cara Mendorong Inovasi Terbaru di Perusahaan

8 Kunci Kebahagiaan dan Kesuksesan ala Richard Branson

8 Kunci Kebahagiaan dan Kesuksesan ala Richard Branson

6 Cara Menumbuhkan Kreativitas dan Inovasi

6 Cara Menumbuhkan Kreativitas dan Inovasi

8 Karakteristik Orang yang Menjadi Penghambat Kesuksesan

8 Karakteristik Orang yang Menjadi Penghambat Kesuksesan

5 Cara Mudah Memenangkan Hati Atasan

5 Cara Mudah Memenangkan Hati Atasan

7 Sifat Negatif Pemimpin yang Menjadi Penghambat Kesuksesan Tim

7 Sifat Negatif Pemimpin yang Menjadi Penghambat Kesuksesan Tim

3 Cara Mengatasi Emosi Negatif

3 Cara Mengatasi Emosi Negatif

Fungsi Moodle dalam Bidang Pendidikan

Fungsi Moodle dalam Bidang Pendidikan

8 Cara Generasi Milenial Menjadi Jutawan dalam 5 Tahun

8 Cara Generasi Milenial Menjadi Jutawan dalam 5 Tahun

10 Cara Orang Sukses Berhenti Merendahkan Harga Diri Mereka

10 Cara Orang Sukses Berhenti Merendahkan Harga Diri Mereka

7 Cara Meningkatkan Kebahagiaan Sejati dan Produktivitas Para Karyawan

7 Cara Meningkatkan Kebahagiaan Sejati dan Produktivitas Para Karyawan

10 Rasa Takut yang Harus Diatasi Ketika Memulai Bisnis

10 Rasa Takut yang Harus Diatasi Ketika Memulai Bisnis

Pengertian Moodle dan 9 Fungsi Moodle di dalam Bisnis

Pengertian Moodle dan 9 Fungsi Moodle di dalam Bisnis

10 Hal yang Tidak Boleh Diucapkan di Tempat Kerja

10 Hal yang Tidak Boleh Diucapkan di Tempat Kerja

6 Prinsip Dasar yang Dapat Menciptakan Inovasi dan Kreativitas

6 Prinsip Dasar yang Dapat Menciptakan Inovasi dan Kreativitas

6 Tips Membuat Rapat Tinjauan tentang Peningkatan Kinerja Karyawan

6 Tips Membuat Rapat Tinjauan tentang Peningkatan Kinerja Karyawan

5 Alasan Pentingnya Pelatihan untuk Menjadi Trainer Handal

5 Alasan Pentingnya Pelatihan untuk Menjadi Trainer Handal