×
STUDILMU Career Advice - 6 Tips Tetap Produktif Walau Sedang Bepergian
Productivity

6 Tips Tetap Produktif Walau Sedang Bepergian

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Tidak dapat disangkal lagi bahwa bepergian dapat menurunkan tingkat produktivitas. Tidak peduli apakah kita menyukai atau bahkan membenci hal-hal yang berkaitan dengan bepergian, diperlukan berjam-jam perencanaan dan koordinasi untuk mempersiapkan beberapa perjalanan, belum lagi waktu yang sebenarnya Anda habiskan untuk bepergian. 
 
Secara tidak langsung, waktu yang dihabiskan untuk persiapan sebelum bepergian telah membuang beberapa waktu yang seharusnya kita habiskan untuk mengejar tujuan kita. Untungnya, ada beberapa tips bermanfaat yang dapat membuat kita menjadi lebih produktif, meskipun kita harus bepergian ke suatu tempat (misalnya, perjalanan bisnis).

1. Membiasakan diri dengan siklus tidur yang berbeda

Pasti Anda pernah mendengar kata “jet lag” kan? Yap! salah satu sumber gangguan produktivitas terbesar saat bepergian adalah gangguan dalam siklus tidur. Kemungkinan besar kita akan berurusan dengan perubahan zona waktu pada tempat atau negara yang kita kunjungi, dan kita mungkin tidak bisa mendapatkan tidur delapan jam yang nyaman ketika kita sudah terbiasa mendapatkannya.
 
Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba siklus bifasik atau siklus orang biasa yang mengandalkan pola split atau membagi waktu tidur yang kita miliki. Dengan begitu, perjalanan yang jauh mungkin tidak akan begitu menyulitkan bagi Anda.
 

2. Naik jet pribadi

Wow! Ini adalah salah satu cara yang digunakan oleh beberapa artis atau pengusaha besar di Indonesia. Disadari atau tidak, salah satu sumber penundaan waktu terbesar saat bepergian adalah menavigasi bandara seperti, mengantri untuk melalui bea cukai, menunggu untuk naik pesawat, berurusan dengan penundaan penerbangan, dan lain sebagainya. Saat kita sudah memperkirakan berapa lama waktu perjalanan yang akan dilalui, kenyataannya sering kali perkiraan kita menjadi salah karena beberapa hal yang terjadi di luar dugaan (salah satunya seperti penundaan penerbangan). 
 
Inilah mengapa bagi mereka yang cukup mampu untuk menaiki jet pribadi, akan lebih memilih jet pribadi dibandingkan dengan pesawat biasa. Apalagi jika Anda benar-benar sedang “dikejar” oleh waktu dan tidak punya waktu banyak untuk mengejar jadwal penerbangan yang ada. 

3. Cari ruang kerja bersama saat tiba di tempat tujuan

Sekarang ini sudah sangat banyak ruang kerja bersama yang dapat disewa untuk beberapa jam. Mungkin kita dapat mencoba pergi ke ruang kerja umum sebelum benar-benar menginjakkan kaki di hotel untuk beristirahat. Tempat ini juga biasanya menjual kopi, jus dan beberapa cemilan yang bisa mengisi perut sebelum Anda harus masuk ke ruang rapat bertemu dengan mitra bisnis dan membicarakan hal-hal yang serius. 
 
Jika Anda rasa sudah siap untuk kembali ke hotel, menaruh barang, ganti baju dan segerap ke lokasi rapat, setidaknya sudah ada beberapa pekerjaan yang terselesaikan di ruang kerja umum, jadi manfaatkan itu.
 

4. Kerjakan yang masih bisa dikerjakan

Saat bepergian, kita akan mengalami kesulitan untuk menemukan Wifi gratis atau bermasalah dengan koneksi internet yang membuat kita kesulitan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Tetapi, itu tidak berarti Anda tidak bisa menjadi seorang yang produktif.
 
Cobalah fokus pada tugas-tugas yang tidak memerlukan koneksi internet. Contohnya dengan mendengarkan rekaman rapat sebelumnya untuk mempersiapkan laporan, atau mendengarkan buku audio yang dapat meningkatkan keterampilan dan memperluas cakrawala profesional Anda. 
 

5. Berani berkata "tidak" dan coba untuk mendelegasikan tugas

Kerjaan memang tidak akan pernah ada habisnya. Bahkan jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tugas-tugas sebelum berangkat, tetap saja, kerjaan akan bertambah lagi dan lagi. 
 
Contohnya, tiba-tiba Anda mendapatkan email dari klien yang meminta perubahan desain logo. Jika ini adalah jenis pekerjaan yang tidak dapat dilakukan secara efisien saat bepergian, jangan mudah untuk mengatakan “ya”, dikhawatirkan hasil kerja yang diberikan tidak akan semaksimal yang diharapkan.  Cobalah untuk memberitahu mereka bahwa Anda sedang bepergian, dan tidak dapat melakukannya sekarang.
 
Namun jika tugas tersebut darurat sementara kita tidak dapat melakukannya untuk sementara waktu, coba pertimbangkan untuk mendelegasikannya kepada seseorang yang dapat menanganinya.

6. Jangan lupa untuk beristirahat

Bagi sebagian orang, tidur mungkin tampak seperti sesuatu yang merusak tingkat produktivitas. Namun pada kenyataannya, tidur adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk energi mental dan kapasitas kognitif Anda. Bahkan tidur juga dapat mengurangi kerentanan Anda terhadap penyakit dan meningkatkan kesehatan fisik Anda secara keseluruhan.
 
Karena itu, jika selama penerbangan panjang atau naik mobil memungkinkan Anda untuk tidur siang, maka manfaatkan kesempatan itu. Gunakan penutup mata, bantal leher, atau penutup telinga seperti headphone agar tidur menjadi lebih nyenyak. 
 
Dari semua tips di atas, kita harus menyadari bahwa tidak semua orang dapat melakukan perjalanan dengan cara yang sama. Misalnya, beberapa orang mungkin tidak dapat membaca saat berada di dalam kendaraan, dan beberapa mungkin mengalami kesulitan tidur di pesawat terbang. Tujuannya artikel ini bukan untuk menyamaratakan kebiasaan produktif yang ada, tetapi lebih untuk membentuk kebiasaan diri sendiri demi memaksimalkan produktivitas. Pelajari tips dan tindakan mana yang paling cocok dan coba sesuaikan serangkaian pendekatan yang cocok dengan diri kita.
 
Yap! Itu dia beberapa tips ampuh yang dapat membantu kita untuk tetap produktif meskipun harus bepergian ke suatu tempat. Kami juga menyarankan Anda untuk memiliki jadwal pembagian tugas yang jelas dan rinci, jauh sebelum hari keberangkatan tiba. Hal ini agar kita merasa sedikit lega karena telah menyelesaikan sebagian besar tugas-tugas yang harus diselesaikan. Walaupun nantinya pekerjaan akan bertambah, Anda dapat mengerjakan tugas tersebut setelah pulang dari perjalanan yang melelahkan. 

Featured Career Advice