×
STUDILMU Career Advice - 6 Tips Agar Anda Memiliki Hari yang Produktif
Productivity

6 Tips Agar Anda Memiliki Hari yang Produktif

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo pembaca Career Advice, sudahkah Anda menjadi produktif hari ini? Kunci penting untuk memaksimalkan produktivitas bergantung pada cara Anda menyusun kegiatan dalam satu hari. Cara yang tepat dalam menyusun hari akan mampu menghemat waktu, tenaga dan bahkan menghasilkan peningkatan produktivitas dan fokus. Namun, menyusun hari juga dapat menjadi suatu hal yang sangat membingungkan, apalagi jika Anda baru pertama kali mencobanya. Di awal memulainya, rekan pembaca dapat melakukan uji coba sampai menemukan cara yang paling cocok dan tepat. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam menyusun hari sehingga menjadi lebih produktif dan fokus.
 

1. Membuat Agenda

Jika Anda ingin menentukan susunan pekerjaan Anda selama seminggu, Anda harus mulai melakukannya di akhir pekan. Carilah waktu yang tepat saat Anda berada dalam suasana yang tenang dan pikirkan semua tugas yang harus Anda penuhi di minggu depan. Memiliki perencanaan yang jelas akan membantu Anda untuk memberikan hasil yang maksimal setiap harinya. Tuliskan semua tugas-tugas Anda dan berikan penjadwalan khusus untuk tugas-tugas tertentu yang memerlukan perhatian penuh. 
 
Misalnya, saya mengatur jadwal saya untuk datang lebih pagi dua kali seminggu dengan tujuan menyelesaikan pekerjaan yang sangat menyita perhatian saya seperti membuat proposal kontrak, membuat laporan bulanan. Lalu saya memiliki rapat, pertemuan dengan orang lain dan bahkan panggilan dengan orang lain di sore hari. Menyelesaikan tugas dan tanggung jawab pribadi di pagi dan di sore hari, membuat saya lebih fokus untuk menjalani siang hari dan mengerjakan tugas-tugas lainnya. 
 

2. Memiliki Daftar Pengecekan

Salah satu hal yang membuat seseorang tidak menghasilkan sebanyak yang dipikirkan adalah karena tidak adanya perencanaan yang jelas. Anda mungkin telah membuat seperempat perencanaan Anda, tetapi ini tidak akan cukup. Mengapa tidak membuat perencanaan yang rinci dan menyeluruh? Buatlah daftar yang dapat Anda periksa kemajuannya. 
 
Tuliskan lima hal yang ingin Anda selesaikan pada hari itu agar Anda tidak menjadi kebingungan saat menjalani hari. Pisahkan tugas-tugas yang tersulit dan selesaikanlah tugas-tugas itu terlebih dahulu. Fokuskan diri Anda untuk menyelesaikan tugas yang paling banyak menyita waktu pikiran dan tenaga Anda. Saat Anda memeriksa kemajuan setiap tugas, tandai tugas-tugas yang berhasil Anda selesaikan.  
 
Saat Anda sedang menyelesaikannya, manfaatkan waktu Anda dengan sangat baik. Hindari kemungkinan gangguan yang dapat timbul. Ini akan membantu Anda untuk tetap melakukan hal itu dengan dalam semangat yang tinggi.

3. Merancangkan Tujuan Besar

Semua orang memiliki sumber daya waktu yang terbatas. Anda perlu memastikan bahwa setiap pekerjaan, baik yang penting dan juga yang mendesak, mendapatkan perhatian Anda secara penuh. oleh karena itu, Anda perlu merencanakan tujuan besar. Beberapa lebih suka menyebutnya dengan ‘batu besar’. Tujuan besar adalah hal yang menuntun Anda untuk bergerak maju dan fokus dalam usaha, kehidupan pribadi, keluarga dan kehidupan spiritual Anda. kelima hal ini sama-sama menggerakkan Anda pada tujuan akhir, yakni surga. Temukan tujuan besar Anda dan pastikan bahwa tujuan itu menuntun Anda dan mendesak Anda dalam kesuksesan berikutnya.
 

4. Menghindari Pengalihan Konteks 

Menurut sebuah penelitian, saat Anda sedang fokus dengan suatu hal lalu Anda mengalami gangguan, Anda membutuhkan 25 menit untuk benar-benar kembali fokus dengan pekerjaan yang sebelumnya. Wah, ini waktu yang cukup lama, bukan? Oleh karena itu, pengalihan konteks merupakan hal yang harus dihindari agar Anda menjadi lebih produktif. Bagaimana cara menghindarinya? Jadwalkan setiap pertemuan dan rapat dalam hari yang bersama. Blok waktu Anda di hari lain untuk dapat fokus terhadap tugas-tugas lain. Jangan buka email Anda sepanjang hari, sediakan dua atau tiga waktu untuk memeriksanya. Setiap orang memang memiliki tugas-tugas yang harus diselesaikan, namun tidak semua tugas itu memerlukan pemikiran yang kritis. 

5. Menciptakan Sebuah Rutinitas

Menciptakan sebuah rutinitas adalah hal yang penting dalam menstrukturkan hari Anda. Ini juga dapat memaksimalkan produktivitas rekan pembaca. Cobalah untuk membangun sebuah rutinitas di pagi hari sebelum Anda memulai pekerjaan, misalnya minum segelas kopi sambil membaca berita terkini atau membaca beberapa blog. Dengan begini, Anda akan menghindari godaan untuk mengecek berita di siang hari yang mungkin mengganggu konsentrasi Anda. 
 
Jika Anda memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi di kantor, cobalah untuk datang lebih awal dan pulang lebih akhir dari rekan-rekan kerja. Ini akan memberikan Anda beberapa waktu sendiri dan Anda dapat berfokus dengan tugas-tugas tanpa ada gangguan dari luar. Temukan tempat yang paling membuat Anda merasa nyaman dan tenang dan pastinya mendatangkan produktivitas yang tinggi. 

6. Menggunakan Alat Bantu

Di era digital yang serba canggih saat ini, kita dapat menemukan banyak aplikasi yang dapat membantu kita untuk menjadi lebih produktif. Banyak aplikasi yang menawarkan keunggulannya masing-masing. Ada aplikasi yang dapat membuat tugas, proyek dan sub proyek yang mana Anda dapat menggunakan kode warna untuk mengelompokkan tugas-tugas Anda. Ada juga aplikasi yang membantu Anda dalam mengatur waktu dan menjadi pengingat. Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk fokus dengan pekerjaan dan waktu untuk beristirahat.
 
Tentukan aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda yang dapat mendorong Anda untuk menjadi lebih produktif dalam menjalani hari.
 
Itulah keenam cara yang dapat membantu rekan pembaca dalam menyusun hari. Penyusunan kegiatan dan tugas yang tepat sangatlah penting karena ini membantu Anda untuk menjadi lebih produktif. Yuk, kita mulai menyusun hari kita dengan tepat sehingga kita dapat bekerja lebih produktif dari sebelumnya. 

Featured Career Advice