STUDILMU Career Advice - 6 Makanan Sehat Penambah Produktivitas Kerja

6 Makanan Sehat Penambah Produktivitas Kerja


by Studilmu Editor
Posted on Apr 16, 2019

 
Halo rekan pembaca Career Advice, tahukah Anda bahwa makanan yang kita makan dapat memberikan dampak bagi kinerja kita? Ya, makanan dapat meningkatkan produktivitas kerja. Nutrisi tertentu memberi makan pikiran kita dan menciptakan energi jangka panjang untuk membantu kita tetap fokus dan produktif sepanjang hari.
 
Jika kita ingin menjadi seefisien dan seproduktif mungkin selama hari kerja, kita mungkin ingin mengetahui apakah makanan yang biasa kita konsumsi merupakan bahan bakar bagi tubuh dan pikiran kita. Jika kita tidak mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuh, kinerja pekerjaan kita juga akan menurun.
 
Bagaimana ini bisa terjadi? Semua makanan tidak diproses dengan kecepatan yang sama. Sebagian besar yang kita makan dipecah menjadi glukosa. Glukosa dapat dilepaskan dengan cepat atau lambat dan berkelanjutan. Makanan yang melepaskan glukosa dengan cepat, seperti permen, soda, roti, dan makanan yang dipanggang, akan menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Meskipun makanan-makanan ini dapat memberi Anda energi secara cepat, kadar gula darah Anda juga akan turun dengan cepat dan ini akan mengarah pada kemerosotan kinerja khususnya di sore hari. 
 
Makanan yang melepaskan glukosa secara perlahan memberikan lebih banyak energi berkelanjutan, dan membuat kita kenyang lebih lama. Ini termasuk biji-bijian, gandum, buah-buahan dan sayuran. Makanan-makanan ini tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah karena mereka memberikan aliran energi yang stabil ke otak. Mereka menaikkan dan menurunkan gula darah secara perlahan. Oleh karena itu, ini adalah makanan yang tepat untuk dikonsumsi karena otak kita membutuhkan jumlah glukosa yang stabil untuk tetap waspada, fokus, dan produktif.
 
Makanan yang dapat meningkatkan produktivitas juga menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Agar berfungsi dengan baik, tubuh kita membutuhkan sejumlah nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Jadi, sangatlah penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi untuk membuat kita produktif sepanjang hari. Nah, kira-kira makanan apa sajakah yang baik untuk kesehatan kita dan dapat meningkatkan kinerja kita? Berikut adalah 6 makanan sehat yang dapat membuat kita menjadi lebih produktif.
 
1. Telur
Makanan sehat penambah produktivitas kerja yang pertama adalah telur. Telur adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi di pagi hari. Kuning telur mengandung kolin, yang memiliki kandungan lemak sama seperti vitamin B. kolin dapat menambah energi, meningkatkan perkembangan otak, dan fungsi saraf. Kolin juga meningkatkan daya ingat dan meningkatkan keterampilan kognitif. Selain itu, telur mengandung vitamin B12 dan B6 yang membantu kita meningkatkan mood dan mengurangi stres. Jika kita menjadi lebih bahagia, kita akan mengurangi tingkat stress yang dimiliki, ini akan mengarahkan kita pada hari yang lebih produktif dan fokus di kantor.
 
2. Buah-buahan dan sayur-sayuran
Makanan sehat penambah produktivitas kerja yang kedua adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Mengonsumsi berbagai buah dan sayuran dapat memengaruhi fungsi otak. Sebuah studi meneliti bagaimana pilihan makanan dapat memengaruhi pengalaman sehari-hari mereka. Dalam penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa semakin banyak mengonsumsi buah dan sayuran, mereka akan menjadi lebih bahagia, lebih terlibat, dan lebih kreatif. Ini karena buah dan sayuran memberikan nutrisi dan antioksidan penting dalam jumlah yang luar biasa yang meningkatkan fungsi otak dengan meningkatkan suasana hati dan meningkatkan daya ingat.

3. Ikan salmon.
Makanan sehat penambah produktivitas kerja yang ketiga adalah ikan salmon. Ikan salmon penuh mengandung banyak gizi baik salmon mengandung asam lemak Omega-3, zat besi, vitamin B dan protein. Nutrisi ini berfungsi untuk kesehatan dan fungsi otak yang optimal. Bahkan, kekurangan asam lemak Omega-3 dapat mengakibatkan gangguan daya ingat dan kemampuan belajar. Kandungan baik dalam ikan salmon membuat kita tetap produktif dengan memperkuat daya ingat, fokus, dan keterampilan berpikir kritis.
 
4. Kacang-kacangan.
Makanan sehat penambah produktivitas kerja yang keempat adalah kacang-kacangan. Kacang almond, kenari, dan kacang mete merupakan camilan peningkat produktivitas yang sempurna. Almond memberi tubuh fenilalanin, asam amino yang sangat baik untuk kesehatan saraf secara keseluruhan. Ini merangsang dopamin, adrenalin dan noradrenalin yang berfungsi meningkatkan suasana hati kita. Kacang almond juga kaya akan vitamin B2 yang dapat membantu meningkatkan daya ingat.
 
Kacang kenari menyediakan sumber protein, asam lemak Omega-3 dan vitamin. Kandungan tersebut merupakan bahan bakar yang sangat baik untuk otak dan sistem saraf. Kacang mete juga merupakan pilihan yang bagus karena kandungan magnesiumnya yang tinggi dapat membuat kita tetap fokus dan waspada.
 
5. Beras merah.
Makanan sehat penambah produktivitas kerja yang kelima adalah beras merah. Beras merah memiliki kandungan gizi yang jauh lebih baik dari beras putih maupun roti. Beras merah mengandung kombinasi vitamin dan magnesium yang baik, yang telah terbukti dapat meningkatkan dan meningkatkan fungsi kognitif. 
 
6. Coklat.
Makanan sehat penambah produktivitas kerja yang keenam adalah coklat, dark chocolate. Selain lezat coklat juga dapat meningkatkan produktivitas dan bertindak sebagai penghilang stres yang alami. Tetapi, ini hanya didapatkan dari dark chocolate. Dark chocolate akan memberi kita dorongan energy baik yang dibutuhkan tubuh. Dark chocolate penuh dengan antioksidan yang telah terbukti meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan fokus dan konsentrasi. Memanjakan diri dengan sebatang coklat adalah cara yang bagus untuk menjaga pikiran Anda dari keinginan mengonsumsi sesuatu yang manis.
 
Itulah 6 makanan sehat penambah produktivitas kerja yang dapat membuat saya dan rekan pembaca memiliki energy yang cukup sepanjang hari. perhatikan asupan gizi yang rekan pembaca masukkan dalam tubuh. Pilihlah makanan-makanan sehat diatas dibandingkan dengan jajanan-jajanan yang kurang sehat. Makanan adalah hal penting yang dapat menunjang kinerja kita, jadi perhatikan makanan yang Anda konsumsi ya rekan pembaca.
Featured Career Advices

Magang adalah Peluang Karier yang Berharga

8 Manfaat Media Sosial

4 Cara Menjadi Pengusaha Sukses

7 Karakter Unik yang Membawa Kebahagiaan Sejati dan Kesuksesan

3 Kunci Kesuksesan Tim

3 Cara Mempertahankan Hubungan Profesional

11 Karakter Orang Baik yang Membawa Perkembangan Karier

10 Cara Orang Sukses untuk Tetap Tenang

6 Cara Bersosialisasi Ala Kaum Milenial

3 Cara Menghadapi Masalah: Ketidakpuasan Kerja

4 Cara Menangani Korupsi Waktu yang dilakukan Karyawan

10 Tips Ampuh Meningkatkan Kualitas Rapat Kerja

6 Cara Transfer Pelatihan Kerja ke Praktek Kerja Lapangan

4 Cara Menghilangkan Stres dengan Terapi EFT

10 Ciri Orang Sukses

8 Cara Memaksimalkan Akhir Pekan

3 Keterampilan Abad 21

4 Cara Menjaga Nama Baik Perusahaan secara Online

6 Makanan Sehat Penambah Produktivitas Kerja

5 Nilai Positif dari Aplikasi Permainan Anak: Candy Crush

5 Cara Manajemen Krisis ala Pemimpin Hebat

3 Cara Meningkatkan Semangat Pagi

5 Tips Kepercayaan Diri Para Pengusaha Sukses

4 Cara Memperbaiki Diri dan Mendapatkan Promosi

10 Cara Mengembangkan Usaha melalui Persaingan Bisnis

10 Resolusi Konflik di Tempat Kerja

3 Cara Mendapatkan Teman Banyak dan Mempengaruhi Orang Lain

4 Cara Menghadapi Kompetitor dengan Cara Pintar

Simpati dan Empati, Mana yang Terbaik?

Keteguhan Hati