×
STUDILMU Career Advice - 5 Tips Menemukan Pekerjaan yang Cocok dengan Kepribadian
Resume & Interviewing

5 Tips Menemukan Pekerjaan yang Cocok dengan Kepribadian

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice, bagaimana kabar Anda hari ini? Salah satu penyebab ketidakpuasan kerja terbesar adalah memiliki pekerjaan yang salah, atau dengan kata lain memiliki karier yang tidak sesuai dengan diri sendiri dan keinginan yang dimiliki. Apakah rekan pembaca telah memiliki karier yang sesuai dengan kepribadian Anda? Wah, tentunya ini adalah hal yang sangat bagus. Saya turut merasa senang. Pertahankan dan tetaplah lakukan yang terbaik.
 
Atau, apakah rekan pembaca merasa memiliki  pekerjaan yang tidak sesuai dengan Anda? Kalau begitu, artikel ini cocok untuk Anda. Artikel ini memberikan beberapa tips untuk membantu rekan pembaca memahami diri sendiri dan pilihan Anda. sehingga, rekan pembaca mampu untuk menempatkan diri pada jalur karier yang lebih baik. Mari kita simak 5 tips menemukan pekerjaan yang cocok dengan kepribadian.
 

1. Temukan aktivitas yang disukai.

Tips menemukan pekerjaan yang cocok dengan kepribadian yang pertama adalah menemukan aktivitas yang disukai. Ketika kita mampu menemukan kegiatan yang kita sukai, kita akan menemukan hal yang mengejutkan. Coba rekan pembaca meninjau kembali semua kegiatan yang Anda sukai. Ini bisa saja hobi, kegiatan sukarela atau hal lain apapun yang membuat Anda tertarik untuk melakukannya. Misalnya, rekan pembaca sangat menikmati pekerjaan sukarela di dapur umum yang membuat Anda berjalan kaki di hutan dan membuat komunitas Anda semakin baik. Atau, rekan pembaca mungkin suka untuk berkenalan dan mengobrol banyak hal dengan orang baru. Anda menikmati setiap detik yang dihabiskan untuk berbincang-bincang di sebuah kedai kopi. Apapun itu, cobalah untuk menemukan hal yang sangat Anda sukai.
 

2. Temukan keterampilan yang disukai.

Tips menemukan pekerjaan yang cocok dengan kepribadian yang kedua adalah menemukan keterampilan yang disukai. Cobalah untuk membuat daftar pekerjaan yang disukai serta daftar keterampilan yang yang disukai. Misalnya, rekan pembaca bekerja sebagai seorang akuntan, tetapi Anda sangat menyukai bidang pelatihan. Anda suka melatih orang lain dan membantu mereka memahami konsep-konsep baru yang sangat bermanfaat. Tentunya, bidang pelatihan tidak terlalu memberikan dampak yang signifikan dengan keterampilan yang Anda kuasai. Itu berarti bahwa bidang akuntansi bukanlah pekerjaan yang cocok. Karier yang cocok untuk Anda adalah bidang pelatihan atau pendidikan. Jadi, apa pekerjaan dan keterampilan yang rekan pembaca sukai? Cobalah untuk menemukannya.

3. Temukan bakat dan minat terpendam.

Tips menemukan pekerjaan yang cocok dengan kepribadian yang ketiga adalah menemukan bakat dan minat terpendam yang kita miliki. Seringkali kita mengubur dalam-dalam bakat dan minat yang kita miliki. Kita tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk mengembangkannya. Kita tidak memberikan waktu bahkan ruang untuk mengemabnagkannya karena kita menganggapnya sebagai hal yang biasa atau bahkan hanya sebuah angan-angan seorang anak kecil. Misalnya, ketika masih kecil, rekan pembaca memiliki impian untuk menjadi seorang penjaga hutan. Namun, Anda menganggap itu hanya impian saat masih kecil. Anda terbuai dengan maraknya pebisnis yang muncul, sehingga Anda memutuskan untuk berada dalam bidang bisnis. Nah, minat inilah yang bisa saja membuat Anda menjelajahi industri hijau dan konservasi. Jadi apa bakat dan minat terpendam yang rekan pembaca miliki? Gunakanlah itu sebagai alat yang dapat membuat Anda menemukan kebahagiaan yang sesuai dengan diri sendiri.

4. Temukan nilai utama pekerjaan yang dapat menjadi permasalahan.

Tips menemukan pekerjaan yang cocok dengan kepribadian yang keempat adalah menemukan nilai utama pekerjaan yang dapat menjadi permasalahan. Dalam dunia kerja, kita akan dihadapkan dengan banyak masalah yang perlu diselesaikan dan dampak yang akan dihasilkan dari sebuah keputusan. Periksa kembali masalah-masalah yang ada dalam pekerjaan, seperti kebutuhan untuk memiliki kesimbangan kehidupan kerja dengan kehidupan pribadi, lebih mengutamakan gaya kerja dibanding keuntungan yang didapatkan (gaji, lingkungan kerja, dll). Rekan pembaca mungkin berpikir bahwa Anda menginginkan karier konvensional yang mengharuskan Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk pekerjaan. Tetapi begitu Anda mencoba menganalisis nilai utama pekerjaan yang Anda inginkan, Anda menemukan bahwa Anda menilai bahwa kebebasan kerja dan memiliki waktu dengan orang lain adalah nilai yang penting dalam pekerjaan. Jadi nilai penting apa yang ingin rekan pembaca miliki dalam pekerjaan Anda? cobalah untuk menganalisisnya.
 

5. Lakukan penelitian.

Tips menemukan pekerjaan yang cocok dengan kepribadian yang kelima adalah melakukan penelitian. Menemukan karier yang sesuai dengan kepribadian diri membutuhkan penelitian. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk melakukannya. Identifikasi satu atau lebih jalur karier yang dapat memaksimalkan keterampilan yang Anda miliki, yang menarik perhatian dan menggairahkan Anda. Ini akan membantu Anda untuk menemukan pekerjaan yang menawarkan kondisi kerja yang paling Anda inginkan. Misalnya, Anda  memiliki keahlian dan ketertarikan dalam bidang penulisan. Maka, cobalah untuk melakukan penelitian pekerjaan seorang penulis atau editor.
 
Itulah 5 tips menemukan pekerjaan yang cocok dengan kepribadian. Beberapa orang beruntung karena berhasil berada dalam jalur karier yang sesuai dengan diri dan keinginnanya. Namun, sebagian lagi mungkin merasa tidak berada pada jalur karier yang tepat. Jika rekan pembaca juga sedang berjuang menemukan karier yang sesuai, jangan menyerah. Terapkan 5 tips ini untuk menemukan jalur karier terbaik untuk Anda. Jangan lupa untuk menghilangkan pikiran negatif dan pengaruh luar ketika merenungkan pilihan karir Anda. tetaplah berpikir positif dan maju terus sampai Anda benar-benar mendapatkan pekerjaan yang tepat.

Featured Career Advice