Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Prinsip Kewirausahaan

Prinsip Kewirausahaan


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Apakah Anda seorang pengusaha? Jika ya, ada beberapa prinsip kewirausahaan yang dapat membimbing seorang pengusaha untuk menjadi sukses. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama tiga tahun dan telah diterbitkan oleh Harvard Business School. 
 
Artikel ini akan membahas lima prinsip kewirausahaan yang dapat dipelajari oleh para calon pengusaha atau para pengusaha yang sudah merintis karier mereka.  

1. Jangan Jadikan “Cepat Menghasilkan Uang” Sebagai Tujuan Kewirausahaan Anda

Kebanyakan dari kita selalu beranggapan bahwa seorang pengusaha harus bisa menghasilkan uang dengan cepat. Namun, Anda harus ingat bahwa hal ini jangan dijadikan sebuah patokan kesuksesan Anda. Mengapa? Karena bisnis yang hebat bukanlah yang cepat menghasilkan uang atau yang biasa disebut sebagai “cepat balik modal”. Lebih baik usaha Anda lambat dalam mendapatkan hasil namun dapat bertahan dengan sangat lama, dibandingkan Anda cepat balik modal namun usaha Anda tidak dapat bertahan lama di dunia kewirausahaan. 
 
Penting bagi pengusaha untuk mengenal permintaan pasar. Kira-kira apa saja yang sedang digandrungi atau diminati oleh konsumen. Semua itu membutuhkan tahapan yang tidak cepat. Lebih baik Anda memiliki ide yang mantap dan benar-benar matang, sehingga membuat Anda menjadi seorang wirausahawan yang siap untuk berada dalam permainan jangka panjang. 
 

2. Anda Harus Mencari Banyak Peluang Baru, Jangan Hanya Menunggu Sebuah Keajaiban!

Sebagai seorang wirausahawan, penting bagi Anda menunggu kesempatan yang benar-benar tepat dalam berbisnis. Namun, ini bukan berarti Anda harus menunggu selamanya sampai sebuah keajaiban datang menghampiri Anda. 
 
Sebaliknya, Anda harus menjadi seorang pengusaha yang memiliki ide-ide unik yang akan menciptakan peluang baru serta kesempatan bagi orang lain untuk memiliki pekerjaan serta kehidupan yang layak.  
 
“Para wirausahawan harus mampu menciptakan pasar baru, pasar untuk mereka sendiri dan orang lain”
 
Jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha yang banyak memberi manfaat untuk orang lain, jangan tunggu keajaiban datang, namun buatlah keajaiban tersebut!
 

3. Membangun Tim yang Sukses

Seorang wirausahawan harus memastikan bahwa mereka memiliki tim yang tepat sebelum mereka memulai usaha. Mereka juga harus memastikan bahwa tim yang mereka miliki adalah orang-orang yang bersemangat, berkomitmen, dan memiliki visi dan misi yang sama dengan sang pendiri bisnis. Memiliki tim yang hebat seperti ini adalah sebuah persyaratan yang tidak boleh diabaikan oleh para wirausahawan.
 

4. Semua Tujuan yang Anda Miliki Harus Dijalani Secara Nyata

Jika seorang pembeli bertemu dengan seorang penjual yang memaksanya untuk membeli produk yang belum pernah dicoba sebelumnya, tentunya hal ini akan sangat menyebalkan, bukan? Sang pembeli tidak akan mau membeli produk tersebut dengan sebuah paksaan. 
 
Sama halnya dengan tujuan-tujuan yang Anda miliki, jika Anda tidak menjalankan apa yang sudah Anda rencanakan, besar kemungkinan bahwa pengikut Anda (tim Anda) juga tidak akan melakukannya. Penting bagi para wirausahawan untuk memastikan bahwa mereka menjalankan dan memenuhi janji-janji yang mereka berikan kepada timnya.
 
Sebuah kepemimpinan yang baik menuntut pengusaha untuk tidak boleh takut gagal dan mereka harus mampu mengubah kegagalan menjadi batu loncatan untuk sukses.
 
“Dalam kata lain, ide dan tindakan harus berjalan secara beriringan.”
 

5. Menjadi Pengusaha yang Visioner 

Tanyakan kepada setiap pengusaha yang sukses dan mereka akan mengatakan bahwa walaupun uang memang penting dan keuntungan memang penting, uang dan laba bukanlah satu-satunya hal yang penting. Sebaliknya, kewiraswastaan yang hebat adalah tentang mengikuti suara batin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. 
 
Sebagai contoh, kita banyak menemukan orang-orang hebat dan pintar yang meninggalkan pekerjaan mereka yang dapat dikatakan, itu adalah pekerjaan impian semua orang. Mereka meninggalkan pekerjaan tersebut demi mengikuti naluri hati dan mengejar impian mereka. Oleh karena itu, kewirausahaan yang sukses adalah tentang membuat perubahan penting bagi dunia dan menjadi sebuah media yang mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dengan usaha mereka.Akhirnya, kewirausahaan harus dilihat sebagai titik awal untuk mengubah diri sendiri dan menjadi seorang agen perubahan. 
 
Agar hal ini dapat terwujud, seorang wirausahawan harus dapat memenuhi harapan lingkungan, sosial, dan ekonomi dari cakupan yang lebih besar dan pada saat yang sama, harus mendorong diri mereka sendiri dalam mengejar impian mereka. Sesungguhnya, keseimbangan antara aspirasi batin dan ekspektasi eksternal adalah penentu terpenting untuk meraih kesuksesan.