Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - CUSTOMER SATISFACTION

CUSTOMER SATISFACTION


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Kami yakin bahwa sebelumnya rekan-rekan Career Advice pernah mendengar kata “customer satisfaction”. Sebenarnya, apa arti customer satisfaction? Mari kita uraikan satu per satu, pengertian customer dalam bahasa Indonesia adalah pelanggan, yaitu orang-orang yang akan membeli dan menggunakan barang dan jasa yang kita jual. Sedangkan, satisfaction memiliki arti kepuasan. Jadi, customer satisfaction adalah kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan jasa yang mereka dapatkan dari kita sebagai produsen. Dengan kata lain, pengertian customer satisfaction memiliki keterkaitan yang erat dengan bahagia atau tidaknya para pelanggan terhadap produk dan layanan jasa kita. 
 
Kebutuhan customer yang terpenuhi merupakan salah satu faktor pembentuk Customer Satisfaction (Kepuasan Pelanggan), selain faktor-faktor lainnya yang berhubungan dengan Customer Service. Eits, apa itu customer service? Customer service artinya pelayanan pelanggan yang kita berikan kepada para pelanggan yang telah menggunakan produk atau layanan jasa kita. Tujuannya adalah mengatasi segala keluhan dan permasalahan yang mereka hadapi terhadap produk dan layanan jasa yang kita jual. Dan kepuasan pelanggan inilah yang kita butuhkan untuk menjamin kelangsungan bisnis kita. Kepuasan pelanggan dapat dilihat dari service breakdown yang diberikan. 
 
Kepuasan pelanggan adalah suatu tanggapan emosional pada evaluasi terhadap pengalaman konsumsi suatu produk atau jasa. Kotler mendefinisikan kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya (Kotler, Philip, dan Garry Amstrong, 2005). Pada dasarnya kepuasan pelanggan mencakup perbedaan antara harapan dan kinerja atau hasil yang didapatkan. 
 
Harapan atau ekspektasi pelanggan diyakini mempunyai peranan yang besar dalam evaluasi kualitas produk (barang dan jasa) dan kepuasan pelanggan. Harapan pelanggan pada dasarnya memiliki hubungan yang erat antara penentuan kualitas dan kepuasaan pelanggan. Ekspektasi pelanggan (customer expectation) selalu ada karena empat hal (Kertajaya, 2004):
 

1. Individual Need atau kebutuhan perseorangan

Jika customer Anda memang sudah punya tuntutan yang tinggi, maka ekspektasinya sudah pasti tinggi juga.
 

2. Word of Mouth

Customer bisa punya harapan tertentu karena cerita orang lain. Cerita orang lain sering dianggap sebagai referensi.
 

3. Past experience atau pengalaman masa lalu

 
Orang yang sudah punya pengalaman baik di masa lalu akan dapat menerima pelayanan minimal sama dengan yang dulu. Jika tidak, dia akan kecewa. 
 

4. External communication atau komunikasi eksternal

Adalah suatu usaha perusahaan untuk berjanji sesuatu kepada pelanggan dalam rangka menarik pelanggan.
 
Jika ingin menyelenggarakan training tentang Customer Satisfaction, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com
Featured Career Advice