×
STUDILMU Career Advice - 5 Cara Menjadi Versi Terbaik Diri Sendiri
Self Improvement

5 Cara Menjadi Versi Terbaik Diri Sendiri

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

“Be yourself!” atau “Jadilah diri sendiri”, pasti rekan-rekan Career Advice pernah mendengar kutipan popular tersebut kan? Ketika ada seseorang yang ingin menjadi seperti orang lain, kita akan mulai menasihatinya untuk menjadi diri sendiri, dan itu jauh lebih baik daripada harus bersusah-payah menjadi orang lain. 
 
Tapi, apakah menjadi diri sendiri itu lebih mudah daripada berusaha menjadi seperti orang lain? Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa menjadi versi terbaik dari diri sendiri? Nah, jika rekan-rekan Career Advice memiliki kebingungan akan hal ini, langsung saja yuk kita simak 5 cara menjadi versi terbaik diri sendiri yang akan kami jelaskan di dalam artikel ini. 
 

Cara Pertama: Mencoba Hal-hal Baru.

Terus melakukan hal-hal yang sama secara rutin memang hal yang akan membuat kita merasa nyaman. Namun untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri, kita tidak bisa membiarkan diri kita terlena dengan hal-hal rutinitas yang dikerjakan tanpa sebuah tantangan. 
 
Untuk mencapai versi terbaik diri, ada baiknya untuk memulai beberapa hal baru secara tidak terduga. Coba deh tanyakan pada diri kita, apakah ada sesuatu hal yang ingin kita ubah dari diri sendiri, namun belum terlaksanakan? 
 
Misalnya nih, rekan pembaca selalu memakai kemeja formal yang berlengan pendek, namun sebenarnya rekan pembaca sangat ingin memakai kemeja formal yang berlengan panjang. Alasannya, agar penampilan rekan pembaca terlihat lebih rapi dan lebih sopan di kantor. 
 
Atau mungkin rekan pembaca ingin belajar bahasa baru? Kita tidak pernah tahu loh bakat-bakat tersembunyi lainnya yang mungkin kita miliki, siapa tahu kita adalah orang yang sangat cerdas dan cepat dalam belajar sebuah bahasa. 
 
Eits, namun ketika kita sedang mencoba hal-hal yang baru, jangan lupa untuk tetap membuat diri kita santai dan nyaman. Contohnya, makan coklat kesukaan, menonton film favorit di televisi, atau pergi keluar bersama para sahabat. Semakin banyak hal-hal baru yang kita coba, maka kita akan semakin dekat dengan versi terbaik dari diri sendiri.  
 

Cara Kedua: Kejar Mimpi Kita, Sampai Dapat!

Untuk mencapai versi terbaik dari diri sendiri, kita perlu memiliki tujuan hidup yang benar-benar kita inginkan. Ketika kita sudah memiliki mimpi yang ingin diraih, maka kita akan memberikan seluruh daya dan upaya untuk bisa meraih segala mimpi yang kita inginkan. 
 
Mimpi atau Impian akan membuat hidup kita lebih berarti dan lebih ‘menyala’. Kita akan menjelajahi segala kemampuan diri, mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, berani mengambil tantangan, tidak takut dengan segala risiko yang ada di depan mata, dan lain sebagainya. 
 
Mengejar mimpi sampai dapat adalah tipikal orang-orang sukses dengan versi terbaik yang mereka miliki. Selama perjalanan dalam mengejar mimpi, kita akan merasakan pahit getirnya kehidupan yang akan membuat kita belajar banyak hal tentang hidup. Proses pembelajaran tersebutlah yang akan membawa kita menjadi versi terbaik dari diri sendiri.  
 

Cara Ketiga: Mempertahankan Motivasi dalam Diri.

Mencapai versi terbaik diri sendiri tidak bisa dengan usaha dan perjuangan sehari saja. Diperlukan usaha yang keras dan konsisten sepanjang waktu agar kita bisa tetap menjadi versi terbaik dari diri sendiri. 
 
Itulah mengapa kita perlu mempertahankan motivasi diri setiap saat. Memang sih, kita semua pasti pernah merasa tidak bersemangat, demotivasi atau tidak memiliki gairah hidup. Namun, jangan biarkan semua perasaan itu berlarut-larut terjadi pada kehidupan kita. 
 
Untuk keluar dari kemandekan ini, kita perlu mencari cara agar bisa terus bergerak maju. Mengapa? Karena jika kita membiarkan kemandekan, kemalasan dan demotivasi ini berlanjut secara terus-menerus, maka kita tidak akan pernah mencapai versi terbaik dari diri sendiri.
 
Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Cobalah untuk membaca artikel-artikel bermanfaat seperti artikel yang kami buat di Career Advice (hehe), menulis kutipan-kutipan hidup yang dapat menyemangati diri, membaca perjalanan kehidupan orang-orang sukses, bergabung dengan seminar atau konferensi, dan lain sebagainya. 
 
Jangan lupa untuk melihat daftar tujuan hidup dan mimpi-mimpi yang belum terealisasikan di dalam hidup kita. Dengan begitu, semangat kita akan kembali hadir dan membantu kita untuk terus maju ke depan mencapai versi terbaik dari diri sendiri. 

Cara Keempat: Terus Berperilaku Baik. 

Manusia adalah makhluk dengan segala kebiasaan. Kebiasaan buruk ataupun kebiasaan baik, pasti pernah dimiliki oleh setiap manusia. Ketika kita mendengar kata “versi terbaik”, ini menandakan bahwa segala perilaku baik dan terbaik ada di dalamnya. 
 
Dengan kata lain, untuk mencapai versi terbaik dari dalam diri, kita perlu mendorong diri sendiri untuk selalu berperilaku baik. Perilaku baik juga bisa dimulai dari hal-hal kecil loh. Ada banyak sekali perbuatan baik yang meskipun sederhana, namun sering dilupakan oleh orang banyak. 
 
Misalnya, selalu mengucapkan kata “terima kasih” setiap kali menerima bantuan atau perhatian dari orang lain. Ini mungkin sederhana, namun tidak semua orang dapat mempraktikkan sikap baik ini. 
 
Lakukan setiap perilaku baik yang baru bagi kita selama 30 hari kedepan, lama-kelamaan perilaku baik tersebut akan menjadi kebiasaan baik yang selalu kita terapkan. Dan, tentu saja ini mengindikasikan bahwa kita semakin dekat dengan versi terbaik dari diri sendiri. 
 

Cara Kelima: Fokus pada Diri Sendiri.

Dikarenakan tujuannya adalah untuk menjadi versi terbaik diri sendiri, bukan versi terbaik dari orang lain, maka kita perlu berfokus pada diri sendiri. Mulai sekarang hindari pikiran-pikiran negatif yang datang karena kita selalu membandingkan kehidupan kita dengan orang lain. Hentikan kata-kata negatif seperti, “Hidup saya tidak seberuntung mereka yang bisa mendapatkan bla.. bla.. blaa”, sudahi ya perkataan ini. 
 
Cobalah untuk mencintai diri sendiri, menghargai diri sendiri dan meyakini bahwa Tuhan sudah menganugerahkan banyak hal kepada kita. Dengan berfokus pada diri sendiri, kita akan selalu berusaha dan mencari cara untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri. 
 
Jadi, apakah rekan-rekan Career Advice sudah siap untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri? Jika “ya”, yuk segera menerapkan 5 cara di atas dari sekarang. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice