×
STUDILMU Career Advice - 4 Pertanyaan yang Meyakinkan Pentingnya Inovasi bagi Bisnis Anda
Innovation

4 Pertanyaan yang Meyakinkan Pentingnya Inovasi bagi Bisnis Anda

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Pengertian Inovasi, Bisnis dan Inovasi Bisnis

Inovasi adalah setiap kemajuan atau perkembangan yang identik dengan teknologi. Di sisi lain, bisnis adalah segala aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan atau profit dengan melalui kegiatan jual beli, memenuhi kebutuhan pelanggan dan memuaskan pelanggan. Lantas, bagaimana dengan pengertian inovasi bisnis? Inovasi bisnis adalah pengembangan yang dilakukan pada produk atau layanan jasa, terutama dalam kegiatan pemasaran yang berkaitan dengan teknologi. 
 
Inovasi bisnis 2019 juga semakin berkembang dan meluas. Hal ini ditandai dengan semakin maraknya para pengusaha dan pebisnis dalam mengembangkan bisnis mereka dengan mengaitkannya bersama kemajuan teknologi. Dewasa ini, inovasi memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan suatu usaha dan bisnis di dalam perusahaan. Para manajer sudah mulai mensosialisasikan pentingnya memiliki pola pikir yang inovatif agar tujuan mereka lebih mudah untuk diraih. Sosialisasi ini dimulai dengan menyampaikan contoh ide kreatif dan inovatif dalam wirausaha, contoh ide inovatif dan cara mewujudkannya. Hal ini dilakukan dengan harapan agar seluruh karyawan semakin bersemangat untuk memberikan ide-ide cemerlang mereka dalam berinovasi.
 

Lantas, Bagaimana agar Kita Yakin bahwa Inovasi Sangat Penting bagi Bisnis Kita?

Nah, jika rekan-rekan Career Advice masih belum yakin bahwa inovasi sangat penting bagi bisnis Anda, maka artikel ini sangat cocok untuk rekan-rekan baca sampai habis. Menurut website entrepreneur dot com, ada 4 pertanyaan utama yang dapat meyakinkan kita tentang pentingnya inovasi bagi bisnis. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 

1. Apakah Bisnis Anda Memiliki Pelanggan?

Yap! Ini adalah pertanyaan pertama dan paling utama untuk kita tanyakan pada diri sendiri. Sebagai pemilik bisnis, kita harus tau apakah bisnis kita memiliki pelanggan atau tidak. Jika jawaban dari pertanyaan ini adalah “iya”, maka inovasi adalah hal yang sangat penting. Pelanggan adalah Raja dan Ratu di dalam sebuah bisnis, sehingga kita perlu berfokus pada kepuasan pelanggan. Logikanya, pelanggan akan merasa sangat monoton dengan layanan dan kualitas produk yang itu-itu saja. 
 
Pelanggan ingin merasakan produk-produk baru, terlebih lagi jika produk tersebut semakin memudahkan mereka dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Pada dasarnya, inovasi tercipta untuk memudahkan urusan manusia. Jadi jika bisnis rekan pembaca bisa menciptakan inovasi-inovasi baru untuk membahagiakan kehidupan pelanggan, maka bisnis Anda akan semakin baik di mata pelanggan. 
 
Dalam hal ini, para pebisnis dan pengusaha bisa mulai membuat survey untuk mencari tahu permasalahan dan keluhan apa saja yang sering dimiliki oleh para pelanggan. Nantinya, data-data ini akan sangat bermanfaat untuk menjadi patokan bagi kita semua dalam menciptakan inovasi baru. Jadi jika bisnis rekan pembaca memiliki pelanggan, maka sebagai pemilik bisnis rekan pembaca perlu memperhatikan inovasi baru bagi produk dan layanan jasa Anda. 
 

2. Apakah Anda atau Tim Kerja Memiliki Kesempatan untuk Melakukan Suatu Peningkatan?

Jika rekan pembaca adalah seorang pemilik bisnis, coba tanyakan pada diri sendiri “Apakah saya memiliki hambatan dalam melakukan inovasi?” Jika jawabannya “tidak”, maka ini mengindikasikan bahwa rekan pembaca bisa secara bebas meningkatkan bisnis Anda dengan menciptakan inovasi-inovasi baru. Di sisi lain, jika rekan pembaca adalah seorang karyawan dalam sebuah tim, maka rekan pembaca perlu bertanya dalam hati “Apakah lingkungan kerja saya mengizinkan saya untuk berinovasi?” Jika jawabannya “ya”, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melanjutkan inovasi yang ada. 
 
Kenyataannya, ada begitu banyak karyawan yang tidak bisa berinovasi karena atasannya tidak mengizinkan mereka untuk berinovasi. Selain itu, ada banyak pebisnis yang juga tidak bisa menciptakan inovasi karena mereka tidak memiliki sumber daya yang cukup, baik dalam modal bisnis maupun tenaga kerja (sumber daya manusia). Dari kondisi ini kita bisa melihat bagaimana banyak orang ingin memiliki kesempatan untuk berinovasi, namun mereka tidak dapat melakukannya. 
 
Jika ada banyak orang yang ingin melakukannya, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa “inovasi adalah suatu hal yang sangat penting bagi bisnis”. Jadi, jika rekan pembaca memiliki kesempatan yang terbuka lebar untuk berinovasi, jangan sia-siakan hal penting ini ya. 

3. Apakah Rekan Pembaca Ingin Robot-Robot di Masa Depan akan Menggantikan Pekerjaan Anda?

Baru-baru ini, BBC mengeluarkan data bahwa ada 800 juta pekerja di seluruh dunia akan kehilangan pekerjaan mereka di tahun 2030, karena pekerjaan tersebut akan digantikan oleh robot-robot canggih di masa depan. Pertanyaannya, apakah rekan-rekan pembaca rela jika pekerjaan Anda digantikan oleh robot-robot tersebut? 
 
Mayoritas pekerjaan yang dapat digantikan oleh robot adalah pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang (selalu sama) dengan cara-cara yang sama setiap saat. Misalnya, profesi yang dilakukan oleh para pekerja mesin. 
 
Kita tahu bahwa robot memang bisa melakukan banyak hal, bahkan melakukan banyak hal dalam waktu yang sama. Akan tetapi, robot tidak akan pernah bisa memiliki otak yang kreatif dan inovatif seperti manusia. Bahkan, robot juga tidak memiliki emosi dalam merasakan apapun. Oleh karena itu, inovasi tetap menjadi hal yang sangat penting untuk kita lakukan, karena sebagai manusia kita adalah pelaku inovasi yang terbaik dibandingkan teknologi yang secanggih apapun juga. 
 

4. Apakah Perusahaan Anda Ingin Maju dan Berkembang di Masa Depan?

Pertanyaan yang terakhir adalah mencari tahu apakah kita benar-benar menginginkan kemajuan dan perkembangan pada perusahaan atau bisnis yang kita miliki di masa depan? Jika jawabannya “ya”, maka inovasi adalah hal yang sangat diperlukan untuk bisnis Anda. 
 
Kita perlu ingat kembali bahwa kita akan mendapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang kita usahakan. Jika usaha yang kita berikan hanyalah biasa-biasa saja, maka kita juga akan mendapatkan hasil yang tidak maksimal. Sebaliknya, jika bisnis dan perusahaan rekan pembaca “berani” untuk melakukan inovasi, maka bersiaplah untuk mendapatkan hasil yang menakjubkan! 
 
Nah, itulah 4 pertanyaan utama yang bisa kita tanyakan pada diri sendiri atau tim kerja kita agar kita semakin yakin bahwa inovasi adalah suatu hal yang sangat penting bagi bisnis kita. Setelah membaca artikel di atas, apakah rekan pembaca sudah yakin untuk menerapkan inovasi pada bisnis Anda? Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice