×
STUDILMU Career Advice - 4 Karakteristik Manusia yang akan Sukses di Dunia Bisnis dan Kesehatan
Self Improvement

4 Karakteristik Manusia yang akan Sukses di Dunia Bisnis dan Kesehatan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Sebagian orang mengatakan bahwa untuk mendapatkan kesuksesan di dunia bisnis, kita harus merelakan waktu tidur yang cukup atau bersiap untuk makan makanan cepat saji. Mengapa? karena waktu kita miliki akan semakin berkurang, seluruh tenaga dan waktu dicurahkan untuk bekerja keras demi mencapai kesuksesan yang diinginkan. Sehingga, orang-orang yang berpikiran seperti ini menyimpulkan bahwa manusia tidak bisa meraih kesuksesan di dunia bisnis dan kesehatan dalam satu waktu. Kita perlu memilih salah satunya, apakah kita ingin mempunyai kondisi kesehatan yang baik? Atau, kesuksesan di dunia bisnis jauh lebih menarik bagi kita? 
 
Kenyataannya, pandangan ini tidak benar loh rekan-rekan. Prinsip-prinsip dasar yang kita terapkan untuk membangun bisnis yang sukses juga bisa kita terapkan untuk mencapai kondisi kesehatan yang terbaik untuk diri sendiri. Dengan kata lain, kita bisa meraih kesuksesan pada bisnis dan kesehatan tanpa harus memilih salah satunya. 
 
Prinsip-prinsip dasar yang kita terapkan dapat dianalogikan sebagai kue bolu, yang mana di bagian atasnya bisa ditambahkan topping seperti coklat, strawberry, lilin dan penghias lainnya yang dapat mempercantik kue kita. Nah, topping-topping tersebut adalah tindakan tambahan yang bisa kita usahakan nanti. Poin yang paling terpenting adalah kita perlu membangun fondasi (kue) yang kuat terlebih dahulu, dan tindakan tambahan (topping) bisa diberikan di kemudian hari. 
 
Lalu, apa saja prinsip-prinsip dasar yang perlu kita terapkan? Menurut website entrepreneur, prinsip-prinsip inti ini diwujudkan ke dalam 4 karakteristik manusia yang perlu, wajib dan kudu dimiliki oleh kita semua agar bisa meraih kesuksesan di dunia bisnis dan kesehatan. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Menjadi Manusia dengan Motivasi yang Kuat. 

Semua pebisnis dan pengusaha sukses di dunia ini dapat meraih kesuksesan mereka karena motivasi yang kuat. Mereka bukanlah orang-orang yang lahir ke dunia dengan ucapan selamat dari dokter dan suster seperti, “Selamat Ibu, bayinya akan sukses dalam kehidupannya”. Mustahil! Tidak ada satu bayi pun yang lahir disambut dengan kata-kata seperti itu. 
 
Untuk meraih kesuksesan, para orang sukses memiliki alasan dan motivasi yang sangat kuat sehingga mereka selalu bertahan untuk bisa mempertahankan tujuan hidup. Tidak peduli rintangan atau hambatan apapun yang menghadang, mereka tidak pernah kehabisan cara dan alasan untuk tetap bangkit dan melangkah maju. 
 
Sebagai contoh, rekan pembaca pasti pernah mendengar nama Richard Branson kan? Yap! Richard Branson memiliki motivasi yang sangat kuat untuk bisa sukses dan mendirikan bisnis Virgin Atlantic. Dia bukan hanya iseng-iseng dalam mendirikan bisnis ini, tapi motivasi terkuat dia saat mendirikan Virgin Atlantic adalah perasaan muak yang Richard rasakan karena tidak ada maskapai penerbangan yang peduli dengan para penumpang mereka pada saat itu. Inilah motivasi terkuat bagi Richard Branson sampai akhirnya dia bisa sukses seperti sekarang. 
 
Hal yang sama juga bisa kita terapkan pada masalah kesehatan. Jika kita sudah memiliki motivasi yang sangat kuat untuk hidup sehat, maka kita pasti akan berani dan bertahan untuk tidak merokok lagi, tidak makan fast food setiap minggu, mengurangi alkohol, dan lain sebagainya. 
 
Apa motivasinya? Rekan pembaca sangat ingin menikmati hidup di masa tua dengan kondisi kesehatan yang baik atau tidak menghabiskan uang untuk biaya rumah sakit karena selalu sakit-sakitan. Semua orang punya motivasi yang berbeda-beda, namun yang terpenting adalah kita perlu menjadi individu dengan motivasi yang kuat. 
 

2. Menjadi Manusia dengan Pemikiran Jangka Panjang. 

Karakteristik manusia kedua yang perlu kita miliki adalah memiliki pemikiran jangka panjang. Tidak dapat disangkal lagi bahwa karakteristik semacam ini dapat membawa kita pada kesuksesan di dunia bisnis dan kesehatan yang diidam-idamkan oleh semua orang. 
 
Mari kita bahas pengaruhnya pada dunia bisnis terlebih dahulu. Ketika seorang pebisnis atau karyawan memiliki pemikiran yang jauh ke depan, kita pasti akan menjadi individu yang tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Ada banyak pertimbangan yang perlu kita pikirkan sampai akhirnya dapat membuat keputusan yang bijak dan tepat. 
 
Misalnya, kita tidak tergesa-gesa untuk mengeluarkan investasi pada bisnis-bisnis kecil jangka pendek yang tidak terlalu menguntungkan, namun kita menanam investasi pada bisnis-bisnis jangka panjang yang sangat menguntungkan bisnis kita di kedepannya. Orang-orang yang berpikir jauh ke depan sangat menyadari bahwa kesenangan dan kepuasan jangka pendek hanya dapat dirasakan sementara saja. 
 
Bagaimana dengan bidang kesehatan? Kita bisa mengambil contoh seseorang yang ingin terbebas dari obesitas dan menjadi lebih sehat dari sebelumnya. Orang-orang yang tidak berpikiran panjang cenderung akan memilih obat pelangsing tubuh secara instan. Mereka bahkan tidak peduli dengan efek samping kesehatan yang akan dirasakan di masa depan. 
 
Mempertaruhkan reputasi jangka panjang bisnis dan memilih obat pelangsing instan tidak akan membawa kita pada kesuksesan di dunia bisnis dan kesehatan dalam jangka panjang. Kita mungkin bisa mendapatkan hasil yang diinginkan, namun semua itu tidak akan bertahan lama. 
 

3. Menjadi Manusia dengan Pola Pikir Pertumbuhan.

Para individu yang ingin meraih kesuksesan di dunia bisnis dan kesehatan juga sangat memerlukan pola pikir pertumbuhan. Dengan kata lain, mereka benar-benar serius untuk tumbuh dan berkembang maju menjadi lebih baik. 
 
Seseorang yang ingin sukses di dunia bisnis harus memiliki beberapa keterampilan penting yang diperlukan. Misalnya, keterampilan untuk berbicara di depan umum, membuat laporan kerja, bekerjasama di dalam tim, dapat berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris dan lain sebagainya. 
 
Apabila kita tidak memiliki salah satu keterampilan yang diperlukan, itu tidak akan membuat kita patah semangat. Kondisi ini malah akan mendorong kita untuk belajar dan mengasah keterampilan yang belum dikuasai. Ini menunjukkan bahwa kita memiliki pola pikir pertumbuhan yang baik. 
 
Sama halnya ketika kita ingin sehat, pola pikir pertumbuhan juga sangat diperlukan. Mendapatkan kondisi kesehatan yang baik tidak akan pernah didapatkan dalam waktu yang instan, semuanya perlu waktu dan proses yang panjang. Misalnya, untuk memiliki tubuh yang langsing dan sehat, seseorang dengan berat badan obesitas akan mengubah pola makan secara perlahan namun pasti. Pertama, dia akan menghindari makan malam. Kedua, dia akan berusaha untuk mengurangi konsumsi gula, Ketiga, dia akan berolahraga secara rutin, dan melakukan usaha-usaha lainnya. 
 
Intinya, orang-orang yang ingin meraih kesuksesan di dunia bisnis dan kesehatan, mereka harus mau tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya.
 

4. Menjadi Manusia dengan Sikap Pemberani. 

Sikap pemberani disini maksudnya adalah berani untuk mengambil risiko dan berani menghadapi kegagalan. Ada banyak orang yang memiliki impian untuk sukses, namun mereka tidak berani untuk mengambil tindakan apapun dalam mewujudkannya. Mereka selalu merasa takut dan ragu. Takut kalau usaha yang diberikan tidak akan berhasil, takut menghadapi risiko yang besar sehingga harus mengalami kerugian, dan merasakan ketakutan lainnya. 
 
Dalam bisnis, sikap pemberani memang sangat diperlukan karena meraih kesuksesan bisnis tidak akan pernah semudah yang kita bayangkan. Ada banyak risiko bisnis yang perlu kita ambil, misalnya berani menginvestasikan modalnya pada proyek yang sangat besar.  
 
Bagaimana dengan kesehatan? Untuk meraih kondisi kesehatan yang baik bisa dengan contoh, berani meninggalkan rokok. Kita tidak takut jika harus merasakan efek mulut yang terasa masam karena meninggalkan kebiasaan ini, kita tidak takut mengurangi konsumsi desert kesukaan kita karena harus mengurangi gula, dan lain sebagainya. 
 
Nah jika rekan-rekan pembaca benar-benar konsisten dalam menerapkan 4 karakteristik di atas, maka kami yakin kesuksesan bisnis dan kesehatan akan segera menghampiri Anda semua. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice