STUDILMU Career Advice - 3 Tips Karier yang Didapat Oleh Para Lulusan Sekolah Bisnis Harvard

3 Tips Karier yang Didapat Oleh Para Lulusan Sekolah Bisnis Harvard


by Studilmu Editor
Posted on Jan 07, 2019

 
Tentunya banyak orang yang mengetahui bahwa Sekolah Bisnis Harvard mencetak banyak pemimpin bisnis dunia yang luar biasa. Banyak orang yang bertanya-tanya “Ilmu-ilmu bisnis apa yang diterapkan oleh Sekolah Bisnis Harvard?” Pada artikel ini kita akan membahas tiga pelajaran karier yang didapat oleh para lulusan Sekolah Bisnis Harvard tentang pengalaman ilmu bisnis mereka
 
1. Kenali kelemahan diri Anda
Kebanyakan dari kita lebih mengetahui kelebihan yang kita miliki. Sayangnya, banyak dari kita yang tidak mengetahui kelemahan yang ada pada diri sendiri. Mengetahui kelebihan memang baik, namun Anda juga perlu mengetahui kekurangan Anda agar dapat memiliki kontrol diri yang baik dalam setiap masalah buruk yang Anda hadapi. Untuk mengenali kelemahan Anda, tanyakan dua pertanyaan ini: 'Apa kelemahan diri saya yang paling terburuk?' dan 'Kapan saya dapat berubah dari kekurangan yang saya miliki tersebut?’.
 
Ellen Chisa sebagai salah satu lulusan Sekolah Bisnis Harvard tahun 2016, dia mencoba untuk membuat daftar kekurangan apa saja yang dia miliki. Hal ini dapat membantunya mengenali ketika pekerjaannya sedang dipengaruhi oleh lingkungannya, dia juga dapat mengatur dirinya untuk menjadi sesukses mungkin. Dengan cara yang sama, Ellen dapat mengetahui hal-hal apa saja yang dia inginkan atau yang tidak dia inginkan di dalam pekerjaan. 
 
2. Menjadi diri Anda sendiri
Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekolah-sekolah bisnis yang menerapkan dan memiliki interaksi bisnis yang terlalu formal, atau dapat dikatakan “sangat kaku”. Pada akhirnya, saya menemukan solusi dalam hal ini yaitu dengan menjadi diri Anda sendiri. 
 
Rob Go sebagai lulusan Sekolah Bisnis Harvard pada tahun 2007 berpendapat, “Bicarakan saja hal-hal yang dapat membuat Anda bersemangat dan hal-hal apa saja yang benar-benar Anda pedulikan, tanpa berpikir bagaimana orang lain memandang Anda.”
 
Anda dapat membuktikannya dengan pengusaha-pengusaha sukses di dunia yang berani menciptakan produk dan jasa yang berbeda dari biasanya. Sebenarnya mereka tidak berbeda, mereka hanya mencoba untuk terus menjadi diri mereka sendiri. Mereka adalah orang-orang yang sangat mengetahui kekurangan mereka sehingga. Seperti yang dijelaskan Rob Go bahwa orang-orang lebih merespon keaslian dan hal-hal otentik lainnya. Maka, menjadi diri sendiri itu sangatlah penting. 
 
3. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang tepat
Neil Campbell sebagai lulusan dari Sekolah Bisnis Harvard tahun 2008 mengatakan, “Anda masuk ke dalam salah satu lembaga pendidikan paling top di dunia bukan untuk belajar dari buku, namun Anda masuk ke sana untuk menarik perhatian orang-orang top”.
 
Belajar di Sekolah Bisnis Harvard bukan hanya kesempatan emas untuk mendapatkan ilmu-ilmu yang luar biasa dari buku-buku yang sudah berada dari puluhan bahkan beratus tahun lamanya. Namun, ini adalah kesempatan Anda untuk bertemu, berinteraksi, dan belajar dari beberapa orang-orang terbaik dan tercerdas di dunia. 
 
Hal yang sama harus berlaku untuk pekerjaan atau posisi apa pun yang mungkin Anda pertimbangkan. Anda harus selalu melihat dengan siapa Anda akan bekerja dan apa yang dapat Anda pelajari dari mereka. 
 
Ada banyak hal yang dapat Anda kembangkan saat berada di sekolah bisnis, terutama jaringan orang-orang yang berbakat dan calon pemimpin di masa depan. 
 
Pelajaran ini dapat Anda terapkan untuk karir Anda, tidak peduli siapa Anda dan ke mana Anda ingin pergi dalam karier Anda, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif, berbakat dan tepat. 
Featured Career Advices

Magang adalah Peluang Karier yang Berharga

8 Manfaat Media Sosial

4 Cara Menjadi Pengusaha Sukses

7 Karakter Unik yang Membawa Kebahagiaan Sejati dan Kesuksesan

3 Kunci Kesuksesan Tim

3 Cara Mempertahankan Hubungan Profesional

11 Karakter Orang Baik yang Membawa Perkembangan Karier

10 Cara Orang Sukses untuk Tetap Tenang

6 Cara Bersosialisasi Ala Kaum Milenial

3 Cara Menghadapi Masalah: Ketidakpuasan Kerja

4 Cara Menangani Korupsi Waktu yang dilakukan Karyawan

10 Tips Ampuh Meningkatkan Kualitas Rapat Kerja

6 Cara Transfer Pelatihan Kerja ke Praktek Kerja Lapangan

4 Cara Menghilangkan Stres dengan Terapi EFT

10 Ciri Orang Sukses

8 Cara Memaksimalkan Akhir Pekan

3 Keterampilan Abad 21

4 Cara Menjaga Nama Baik Perusahaan secara Online

6 Makanan Sehat Penambah Produktivitas Kerja

5 Nilai Positif dari Aplikasi Permainan Anak: Candy Crush

5 Cara Manajemen Krisis ala Pemimpin Hebat

3 Cara Meningkatkan Semangat Pagi

5 Tips Kepercayaan Diri Para Pengusaha Sukses

4 Cara Memperbaiki Diri dan Mendapatkan Promosi

10 Cara Mengembangkan Usaha melalui Persaingan Bisnis

10 Resolusi Konflik di Tempat Kerja

3 Cara Mendapatkan Teman Banyak dan Mempengaruhi Orang Lain

4 Cara Menghadapi Kompetitor dengan Cara Pintar

Simpati dan Empati, Mana yang Terbaik?

Keteguhan Hati