STUDILMU Career Advice - 3 Manfaat Komunikasi Verbal. Manfaat ke-2 Paling Penting.

3 Manfaat Komunikasi Verbal. Manfaat ke-2 Paling Penting.


by Studilmu Editor
Posted on Dec 26, 2018

 
Tidak peduli siapa Anda, perusahaan apa yang Anda jalankan, atau berapa lama Anda melakukannya, Anda tidak akan pernah terhindar dari kesalahan. Beberapa orang berpendapat satu-satunya cara untuk menghindari kesalahan adalah tidak pernah membuat keputusan atau mengambil tindakan sama sekali. Tentu saja ini bukan sebuah ide yang baik, apalagi jika Anda adalah seorang pemimpin. 
 
Ya, kesalahan tidak dapat dihindari ketika Anda memimpin perusahaan. Tidak semuanya berjalan seperti yang Anda rencanakan. Hal yang paling terpenting adalah bagaimana Anda membuat diri Anda dan tim Anda kembali ke jalur awal ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik. 
 
Agar artikel ini menjadi lebih mudah untuk dipahami, biarkan saya menceritakan kejadian nyata yang terjadi di perusahaan yang saya dirikan. Beberapa bulan yang lalu, saya dan tim manajemen berupaya untuk membuat sebuah program menarik yang akan membantu anggota tim menyempurnakan keterampilan mereka dalam pemasaran konten, membangun keterampilan baru, dan mempersiapkan pertumbuhan. Sayangnya, dari banyaknya karyawan yang saya miliki, tidak banyak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. 
 
Setelah saya cari penyebabnya, ternyata para karyawan saya tidak begitu paham apa arti program ini bagi masa depan mereka di perusahaan. Pada dasarnya, tidak ada banyak dari mereka yang mendaftar program tersebut karena tim manajemen tidak menjelaskan "mengapa" program tersebut sangat penting. Sehingga, mereka tidak mendapatkan informasi yang jelas.
 
Kesimpulannya, saya menganggap ini adalah murni kesalahan saya sebagai seorang pemimpin. Dari kesalahan ini saya belajar tentang nilai yang spesifik di dalam kepemimpinan. Nah, berikut ini adalah tiga manfaat penting untuk menjadi seseorang yang spesifik dalam berkomunikasi untuk memperkuat kepemimpinan Anda. 

1. Komunikasi verbal spesifik mengarahkan tujuan yang jelas
Sebagai seorang pemimpin, Anda tahu apa yang terjadi di perusahaan Anda. Anda tahu tujuan Anda, dan Anda memiliki gagasan tentang bagaimana Anda ingin mencapainya. Lalu, bagaimana dengan orang-orang di dalam tim Anda? 
 
Mereka belum tentu memiliki gambaran gagasan yang sama dengan Anda. Nah, inilah titik permasalahannya. Sebagai seorang pemimpin, Anda perlu berkomunikasi dengan tim Anda dengan tujuan untuk memperjelas segala gagasan yang Anda maksud. Jangan sampai ada kesalahpahaman antara Anda dan tim lainnya. 
 
Ketika anggota tim dibiarkan dalam kegelapan, mereka tidak akan dapat melakukan pekerjaan yang Anda butuhkan untuk mereka lakukan. Beberapa bahkan mungkin merasa tidak termotivasi oleh fakta bahwa mereka seperti tidak dianggap di dalam tim. 
 
Ketika Anda bisa spesifik tentang tujuan tim Anda dan bagaimana cara Anda mencapainya, semua orang akan lebih memahami tujuan atau peran mereka dalam proyek tersebut. Karyawan Anda akan lebih mudah dalam mengatur waktu untuk memberikan hasil kerja yang terbaik, ketika Anda menyampaikannya dengan jelas dan spesifik tentang harapan dan visi.
 
2. Komunikasi verbal spesifik dapat membangun kepercayaan
Kepercayaan adalah segalanya, dan untuk menjaga kepercayaan itu, Anda harus jujur dan tulus. Sebagai seorang pemimpin, jika Anda melakukan kesalahan maka jangan malu untuk meminta maaf. Hal yang terbaik adalah mengakui kesalahan Anda dan meminta maaf dengan setulus hati. Percayalah, ini tidak hanya membuat tim Anda menjadi nyaman, namun juga menumbuhkan rasa percaya terhadap Anda sebagai pemimpin mereka. 
 
Selain itu, komunikasi verbal spesifik juga akan membuat tim Anda menjadi lebih percaya kepada Anda. Ketulusan yang Anda berikan kepada mereka, membuat mereka juga akan bersikap tulus kepada Anda, tidak peduli siapapun Anda. 
 
3. Komunikasi verbal spesifik dapat menghemat waktu dan uang
Coba Anda pikirkan, jika Anda adalah seorang pemimpin yang dapat berkomunikasi secara spesifik, Anda akan menghemat waktu untuk mengkomunikasikan ide-ide Anda, Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu dalam pertemuan, sehingga waktu yang digunakan akan lebih sedikit namun efektif. Pemimpin yang berkomunikasi secara efektif juga dapat membangun tim yang efisien.
 
Selain itu, uang yang Anda keluarkan juga akan lebih sedikit. Hal ini dikarenakan, Anda tidak perlu mengadakan banyak pertemuan untuk menjelaskan segala tujuan dan gagasan yang ada. Cukup mengadakan satu kali pertemuan, dan komunikasikan segala hal dengan singkat, rinci, namun jelas. Percayalah, tim Anda pasti akan merasa lebih bahagia, karena mereka dapat mencerna segala informasi dengan jelas dan mudah. Semua orang termasuk Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan uang hanya untuk informasi yang bertele-tele namun tidak informatif. 
 
Sudah dipastikan Anda memerlukan usaha yang lebih untuk menjadi seorang seorang pemimpin yang spesifik. Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui proyek dan tujuan Anda lebih baik daripada orang lain (tim Anda). Jika Anda bisa lebih jelas tentang tujuan perusahaan Anda dan bagaimana Anda dan tim mencapainya, tim Anda akan jauh lebih sukses. Menjadi spesifik sama seperti memastikan bahwa setiap anggota tim dapat mengetahui tujuan dan harapannya, mempercayai Anda sebagai seorang pemimpin, dan menghasilkan pekerjaan yang lebih baik.
 
Jika ingin menyelenggarakan training Komunikasi, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif

Cara Mengendalikan Diri

4 Jenis Komunikasi

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z

3 Kondisi Kerja yang Menekan dan Cara Menghadapinya

15 Ciri Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif Dalam Pengembangan Karier

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

12 Bahasa Tubuh Yang Dihindari Pada Wawancara Kerja

3 Cara Menjadi Diri Sendiri

Cara Kerja di Perusahaan Baru

3 Tips Merespon Pekerjaan Tambahan

Ingin Hasil Kerja Lebih Baik? Lakukan 8 Hal ini.

Pengalaman Interview Seseorang

4 Cara Negosiasi Yang Efektif

Menjaga Komitmen Kerja