×
STUDILMU Career Advice - 5 Cara Bahagia dan Produktif di Tempat Kerja
Productivity

5 Cara Bahagia dan Produktif di Tempat Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Kebahagiaan sangat mempengaruhi tingkat produktifitas karyawan dan memiliki suasana kantor yang membahagiakan juga sangat penting. Itulah mengapa menjadi bahagia dan produktif adalah dua unsur yang harus datang beriringan. Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa cara yang konkrit untuk meningkatkan perasaan bahagia dalam mengerjakan pekerjaan Anda. Apa Anda sudah siap untuk membaca berita baik ini? 
 
Orang-orang yang merasa puas dan bahagia dengan kehidupan mereka, akan lebih bersemangat untuk bekerja. Lalu apa sebenarnya yang membuat seseorang merasa puas dengan pekerjaannya? Para pria mengatakan hal yang membuat mereka merasa puas dan mencintai pekerjaan mereka adalah kompensasi dan bonus. Sedangkan, para wanita mengatakan fleksibilitas, beban kerja serta kenyamanan dengan rekan-rekan kerja di kantor. Hal ini menandakan bahwa definisi kepuasan dalam pekerjaan antara pria dan wanita berbeda satu sama lainnya. Bagaimana pendapat Millenials dengan kepuasan bekerja? 64% dari mereka mengatakan dengan mantap bahwa kepuasan dalam bekerja adalah lebih penting daripada mendapatkan gaji yang tinggi namun Anda tidak memiliki rasa kepuasan dalam pekerjaan bahkan merasa sangat bosan untuk melakukannya.
 
13% para pekerja di seluruh dunia percaya dan yakin bahwa Anda akan merasa puas dengan pekerjaan, jika Anda melakukan hal di bawah ini:
 

1. Mencoba untuk mencari arti yang lebih dalam pada pekerjaan Anda

Saat Anda melakukan aktifitas-aktifitas yang benar-benar Anda sukai, Anda pasti akan merasa lebih termotivasi dan terikat dengan hal tersebut. Ini adalah salah satu cara untuk Anda merasa puas dengan pekerjaan Anda. Saat Anda berhasil mendapatkan ‘arti’ yang lebih dalam pada pekerjaan Anda, maka apapun yang Anda kerjakan akan Anda lakukan dengan motivasi yang tinggi. 

2. Menjadi seseorang yang berpikir panjang

Meskipun Anda tidak merasa cocok dengan pekerjaan Anda saat ini, ingatlah bahwa prestasi serta koneksi yang akan Anda dapatkan dari pekerjaan saat ini dapat menjadi ‘batu loncatan’ bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan di masa yang akan datang.
 
Lalu, bagaimana jika Anda menghadapi kesulitan di dalam pekerjaan Anda? Apa yang harus Anda lakukan?
 

3. Mengingat kembali kesuksesan Anda di masa lampau

Jika Anda sedang mengalami kesulitan di dalam pekerjaan Anda, mungkin Anda dapat mengingat-ingat kembali prestasi-prestasi apa saja yang sudah Anda torehkan di dalam hidup Anda. Dengan mengingat hal tersebut akan membangkitkan kembali pemikiran positif serta semangat diri Anda untuk menghadapi segala kesulitan yang ada di dalam pekerjaan Anda. 
 

4. Percaya pada diri Anda sendiri

Pemikiran yang positif pada kemampuan Anda akan memberikan hasil yang konkrit pada usaha-usaha Anda selama ini. Mereka yang benar-benar yakin bahwa mereka dapat mencapai apa yang mereka cita-citakan, mereka akan benar-benar memberikan performa yang luar biasa di kantor. 
 

5. Merasa nyaman sebelum memulai pekerjaan

Sebuah penelitian mengatakan bahwa jika kita merasa bahagia dan nyaman sebelum memulai pekerjaan, maka kita akan memberikan hasil pekerjaan yang jauh lebih baik dibandingkan yang lain. Oleh karena itu, penting untuk Anda memiliki suasana hati yang tenang, nyaman dan bahagia sebelum Anda memulai pekerjaan Anda. Lakukanlah hal-hal yang dapat membuat Anda senang sebelum Anda harus bekerja dengan pintar. 
 
Jika sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana cara mendapatkan kepuasan kerja serta bagaimana cara menghadapi kesulitan di dalam pekerjaan. Lalu, apa saja kunci untuk menuju kehidupan yang bahagia?
- Mencapai sesuatu yang sangat berarti bagi Anda.
- Menyadari bahwa pekerjaan Anda sangatlah penting bagi Anda. 
- Mendapatkan apresiasi dan melakukan pekerjaan yang dapat Anda banggakan. 
 
Mungkin kita telah menyadari apa saja kunci untuk mendapatkan kebahagiaan di dalam hidup kita, dan tentunya kebahagiaan Anda di kantor sangat mempengaruhi kebahagiaan lain di hidup Anda. Bagaimana tidak? Anda menghabiskan waktu 7-8 jam di kantor, bahkan ada beberapa perusahaan yang memiliki standar kerja selama 9 jam perhari. Bahagia atau tidaknya Anda di kantor akan sangat mempengaruhi kebahagiaan hidup Anda selama kurang lebih 35-40 jam setiap minggunya. 
 
Hmm, lalu bagaimana menghadapi stres kerja yang berlebihan? 
Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, cobalah untuk melakukan yoga minimal seminggu sekali. Menurut penelitian tersebut, kegiatan ini dapat meminimalisir pikiran stress Anda di kantor. Stres yang berlebih harus segera ditangani karena salah satu penyebab seseorang terkena stroke adalah karena mengalami stres. Entah karena masalah kehidupan mereka atau karena masalah pekerjaan yang tak kunjung selesai. 
 
Selain melakukan yoga, Anda dapat mencoba untuk pergi seminggu sekali untuk jalan-jalan dengan rekan-rekan kerja Anda. Mungkin dengan pergi makan malam bersama, menonton film yang bu dirilis di bioskop atau hanya sekedar untuk minum kopi bersama.
 
Buatlah kehidupan Anda menjadi lebih bervariasi. Ingat, diri Anda juga perlu untuk bersenang-senang walau hanya sebentar. Kehidupan yang bahagia di dalam pekerjaan dan kepuasan kerja yang Anda dapatkan, keduanya akan membawa Anda ke dalam kehidupan yang lebih produktif. Selamat mencoba!

Featured Career Advice