Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 2 Cara Bangkit dari Kegagalan

2 Cara Bangkit dari Kegagalan


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Masih teringat dibenak saya bagaimana saya merasa kesal dengan diri saya sendiri saat saya menerima sebuah pengumuman bahwa saya tidak berhasil menjadi pelajar di salah satu universitas favorit saya kala itu. Saya juga masih ingat saat kegagalan secara berangsur-angsur datang ke dalam kehidupan saya sehingga saya merasa bahwa saya memang tidak memiliki keahlian, kemampuan serta talenta apapun untuk memenangkan hal yang saya usahakan. 
 
Beberapa tahun kemudian, saya mencoba untuk mengubah pola pikir saya untuk berpikir lebih positif tentang kemampuan yang saya miliki. Pelan-pelan saya mencoba berpikir bahwa segala kegagalan yang saya hadapi adalah kesempatan emas untuk saya berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pada artikel ini, saya mencoba untuk meyakinkan Anda bahwa Anda dapat bangkit dari semua kegagalan yang Anda hadapi dengan mengikuti dua langkah berikut ini:
 

1. Miliki pola pikir yang lebih positif

Saya mengerti bahwa sangat sulit untuk tetap memiliki pola pikir yang positif disaat Anda menghadapi sebuah kegagalan yang sangat menyakitkan. Terlebih lagi jika hal tersebut adalah kegagalan karir yang selama ini Anda usahakan dengan sungguh-sungguh. Pada tahun lalu, saya mendapatkan kesempatan emas untuk dapat bertemu langsung dengan salah satu penulis terkenal yang sangat saya kagumi. Beruntungnya saya dapat memiliki waktu dua jam untuk berbincang-bincang secara personal dan akhirnya saya memutuskan untuk menceritakan beberapa kegagalan terhebat dalam hidup saya dan betapa saya kehilangan semangat untuk melanjutkan tujuan hidup saya karena kegagalan tersebut. Dia memberi saya nasihat yang sampai sekarang masih saya ingat dengan baik. 
 
“Saat kita menghadapi sebuah kegagalan, kita tidak boleh memiliki pemikiran yang kaku. Pemikiran yang kaku akan mengarahkan diri kita untuk tidak percaya lagi dengan usaha-usaha yang kita lakukan selama ini. Sehingga, kita akan menjadi pribadi yang tidak menghargai sebuah proses. Untuk memiliki pemikiran yang positif dan berkembang, kita perlu meyakini bahwa suatu usaha memiliki nilai belajar yang sangat tinggi, dan tidak peduli apapun hasilnya. Ini bukan tentang kesempurnaan, tetapi ini tentang menghadapi tantangan dan membuat kemajuan."
 
Kuncinya adalah tetaplah berpikir bagaimana kegagalan yang Anda hadapi dapat memotivasi Anda untuk bangkit kembali dan memberikan usaha yang lebih untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.  

2. Miliki indikator kesuksesan yang Anda rancang sendiri

Saat kita mendengar kata ‘sukses’, setiap orang pasti memiliki definisi yang berbeda-beda. Definisi kesuksesan bagi Anda mungkin akan berbeda dengan definisi kesuksesan yang rekan kerja Anda miliki. Itulah mengapa saat Anda tidak berhasil dalam mencapai sebuah kesuksesan yang indikatornya dibuat oleh orang lain, Anda akan merasa sangat terpukul bahkan malu. Sebagai contoh, jika orang-orang secara umum berpikir bahwa kesuksesan adalah saat Anda dipromosikan oleh manajer Anda atau mendapatkan nilai sempurna dari bos Anda atas kinerja kerja Anda selama ini. Berhentilah terpaku dengan indikator kesuksesan yang mereka miliki. Anda bisa memulai untuk merancang indikator kesuksesan Anda sendiri. Misalnya, Anda berhasil menyelesaikan semua tugas kerja yang Anda miliki, dua jam sebelum waktu kerja berakhir. Anda dapat memulai dengan kesuksesan-kesuksesan kecil seperti itu dan jika Anda sudah terbiasa dengan hal tersebut, itu menandakan bahwa Anda siap untuk memiliki indikator kesuksesan yang lebih besar.
Featured Career Advice
Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja

Self Improvement

Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja