×
STUDILMU Career Advice - Passion dan Karier
Self Improvement

Passion dan Karier

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Saat masih di sekolah dasar, saya sangat menanti datangnya Valentine. Saya menyukai cokelat hati yang diselipkan ibu di bawah bantalku, kartu buatan tangan dari nenek dan kue cupcake merah muda yang saya bagikan di sekolah. Tetapi pada saat saya masuk sekolah menengah, satu-satunya hal yang dianggap sebagai Valentine 'nyata' adalah memiliki pacar. Jika saya memiliki pacar, itu menyenangkan. Jika tidak, tentunya itu adalah hal buruk yang membuat saya tidak ingin merayakannya. 
 
Melihat pengalaman masa lalu itu membuat saya menyadari betapa saya membatasi definisi cinta saat remaja. Pada saat itu, saya sangat ingin menemukan 'pacar' yang membuat saya lupa untuk menghargai orang istimewa lainnya dalam hidup saya.
 
Menemukan karier yang sesuai dengan gairah pribadi memiliki tingkat frustasi yang sama saat dalam pencarian Pangeran Tampan. Kita merasa bahwa kita perlu mendapatkan karier yang sesuai dengan gairah kita sehingga terkadang kita tidak menghargai pekerjaan yang kita miliki saat ini. Gairah membatasi ruang gerak kita dalam mengembangkan sayap di dunia karier. 
 
Tentunya akan sangat menyenangkan untuk memiliki karier yang sempurna. Setiap orang menginginkannya. Untuk memiliki karier yang sesuai dengan gairah Anda, Anda memerlukan waktu, pengalaman, dan sedikit keberuntungan. Apakah saat ini Anda sedang berfokus pada pencarian karier yang merupakan gairah Anda? Berhentilah fokus untuk menemukan satu gairah sejati dalam kehidupan kerja. Mengapa tidak mencoba untuk mencipta ulang dan meluaskan definisi Anda akan sebuah gairah, atau yang dalam bahasa Inggris disebut P.A.S.S.I.O.N.
 
Apakah yang dimaksud dengan passion itu sendiri? Passion atau yang berarti gairah adalah apapun yang mendorong Anda untuk melakukan sesuatu. Itu adalah yang Anda sukai sehingga Anda tidak bisa hidup tanpanya. Gairah memaksa Anda untuk mengambil risiko dan mendorong diri sendiri melampaui batas.
 
Ini bisa menjadi hobi, seni, olahraga, dan juga berbicara di depan umum. Jika itu menarik Anda dan mengisi pikiran Anda, atau membuat Anda menjadi lebih hidup, maka itu gairah.
 
Gairah akan menginspirasi dan mendorong Anda bahkan ketika Anda menghadapi tantangan. Saya menemukan bahwa gairahlah yang membawa saya kepada jalur terbaik dalam kehidupan saya. Ini tidak berarti hasilnya selalu seperti yang dibayangkan. Anda mungkin menuju satu arah, namun hal itu justru mengarahkan Anda ke arah yang berbeda. 
 
Tetapi, tanpa gairah, Anda tidak akan memulai perjalanan. Dalam menemukan karier yang sesuai dengan gairah Anda, ada banyak variabel yang perlu diperhatikan. Apa sajakah mereka? Mari kita perhatikan seksama akronim dari kata tersebut.

P adalah singkatan dari people. Anda harus tahu jenis orang-orang yang Anda inginkan untuk bekerja sama. Ya, mereka akan menjadi pendorong Anda untuk terus bergairah dalam karier. Siapa orang-orang yang ingin Anda tangani? Apakah Anda lebih suka berada di sekitar orang tua atau anak-anak? Apakah para pembicara hebat atau ilmuwan kreatif? Kepribadian introvert atau extrovert?
 
A adalah singkatan dari activities. Selanjutnya, untuk memiliki karier yang sesuai dengan gairah Anda, Anda harus mengetahui dengan jelas jenis kegiatan yang Anda sukai, anggap paling bermakna dan Anda lakukan dengan baik. Apakah Anda seseorang yang suka mengambil kelas dan belajar hal-hal baru? Apakah Anda menemukan kepuasan dalam membimbing karyawan baru? Apakah Anda ingin membaca novel misteri di waktu luang Anda? Pikirkan tentang kegiatan yang ingin Anda nikmati di tempat kerja dan di rumah.
 
S adalah singkatan dari skill and strengths. Dengan kata lain, kemampuan dan kekuatan yang Anda miliki. Apa yang Anda lakukan dengan baik? Apakah Anda tertarik pada peran kepemimpinan? Apakah Anda mahir dalam memecahkan masalah? Apakah Anda merasa mudah mempelajari perangkat lunak baru? Anda pasti memiliki beragam keterampilan, tetapi yang terbaik adalah fokus pada keterampilan yang paling Anda sukai.
 
S adalah singkatan dari setting, pengaturan. Jenis lingkungan kerja apa yang menurut Anda paling nyaman? Apakah Anda lebih suka kantor dengan pakaian berkancing, atau aturan berpakaian yang santai? Apakah Anda lebih bahagia bekerja di kantor atau dari rumah? Apakah Anda lebih menyukai tempat kerja yang berubah-ubah dengan cepat atau yang menguras tenaga? Lingkungan kerja dapat memiliki dampak besar pada kebahagiaan Anda sehari-hari. Tentukan lingkungan yang benar-benar menjadi gairah Anda. 
 
I adalah singkatan dari interests yang berarti kesukaan. Apa topik dan industri yang menjadi favorit Anda? Apakah Anda memiliki keahlian yang mendalam dalam subjek tertentu, seperti sejarah Amerika, masakan Prancis, atau pengembangan organisasi? Saat mempertimbangkan pertanyaan ini, ada baiknya memikirkan buku, situs web, dan majalah yang Anda baca selama waktu luang Anda.
 
Kemudian, karena Anda tidak dapat memperoleh penghasilan dari pekerjaan yang merupakan passion Anda yang sebenarnya, maka inilah dua huruf terakhir dari akronim, 'O' dan 'N' yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan karier.
 
O adalah opportunities yang berarti peluang. Apa dan dimana peluang di tempat kerja untuk orang seperti Anda? Apakah ada kemungkinan untuk menawarkan layanan Anda pada suatu proyek, apakah sebagai pekerja lepas atau pekerja paruh waktu? 
 
N adalah needs yang berarti kebutuhan. Apa yang dibutuhkan pasar? Pernahkah Anda memerhatikan perlunya lebih banyak pelatihan yang beraneka ragam dalam industri Anda? Ketika Anda mencocokkan keterampilan dan minat Anda dengan kebutuhan di pasar, Anda akan menemukan pilihan karier yang memuaskan.
 
Pada akhirnya, Anda akan menemukan bahwa menilai gairah Anda dari rumus P.A.S.S.I.O.N dan membingkai ulang definisi tujuan Anda akan membawa Anda kepada peluang baru dan menarik. Menemukan karier yang benar-benar merupakan passion Anda memang tidaklah mudah, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Dan tidak semua karier yang merupakan gairah Anda dapat memenuhi kebutuhan hidup Anda. Anda perlu menjadi realistis. 
 
Jika pembaca Career Advice merasa bahwa pekerjaan saat ini telah sesuai dengan gairah Anda, maka bersyukurlah dan rawatlah hal itu dengan baik. Dan buat rekan pembaca yang masih berusaha untuk menemukan karier yang sesuai dengan gairah Anda, mengapa tidak mencoba untuk menaruh gairah besar pada pekerjaan saat ini? 

Featured Career Advice