×
STUDILMU Career Advice - 11 Cara Meningkatkan Karir Melalui Media Sosial
Self Improvement

11 Cara Meningkatkan Karir Melalui Media Sosial

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Anda pasti adalah seorang pengguna media sosial. Saya yakin, bahkan Anda sekarang, membaca artikel ini juga sambil membuka salah satu media sosial yang Anda miliki seperti Facebook atau yang lainnya.
 
Nah, mengapa Anda tidak melakukan beberapa hal sederhana yang dapat membawa Anda ke arah yang benar? Tahukah Anda, bahwa Anda dapat menggunakan media sosial untuk meningkatkan karier Anda? Di bawah ini, terdapat 11 hal yang dapat Anda lakukan sebagai karyawan, atasan, bahkan manajer yang membuat perjalanan karier Anda menjadi lebih baik.
 

1. Ikuti publikasi atau setiap hal yang memiliki hubungan dengan industri Anda

Ini adalah cara termudah untuk membawa berita industri, tren, dan pembaruan yang tepat kepada Anda. Anda hanya perlu menyukai “halaman” mereka dan menyaksikan berita yang berisi artikel, video, dan diskusi. Kemudian Anda dapat menggunakan pengetahuan itu sebagai sumber Anda dalam bekerja sehingga Anda dapat mengesankan bos Anda, rekan kerja, atau bahkan pewawancara (jika Anda sedang ada dalam sebuah proses perekrutan).
 

2. Ikuti influencer di industri Anda

Dapatkan beberapa saran dan bimbingan harian (dan bahkan perluas jaringan profesional Anda) dengan mengikuti orang-orang besar di bidang Anda. Atau, periksa cuapan mereka di Twitter dan LinkedIn mereka agar Anda dapat mengikuti beberapa kiat karir umum yang dibagikan mereka. 
 

3. Berkomentarlah pada postingan mereka

Ketika Anda berbagi, berkomentar, atau menyukai sesuatu pada postingan orang lain di media sosial Anda, orang lain akan melihatnya. Hal ini menandakan Anda sedang mempromosikan diri pribadi Anda dan menjadi pemimpin pemikiran di ruang komentar Anda hanya dengan mengklik tombol.
 
Temukan artikel atau postingan yang menginspirasi Anda, ungkapkan pikiran Anda (lebih baik dari yang Anda bisa), atau buat Anda mengajukan pertanyaan. Bagikan, beri komentar dengan pikiran Anda, atau tandai orang-orang yang mungkin juga menyukainya. Semakin banyak hal bagus yang Anda komentari, semakin Anda mempromosikan nama Anda, dan Anda semakin memiliki peluang besar untuk menjadi terkenal.
 

4. Milikilah foto profesional

Apakah foto LinkedIn Anda merupakan foto wajah Anda yang diperbesar di tengah kerumunan orang banyak dan terlihat buram? Tukarlah foto profil Anda dengan foto wajah Anda yang terlihat jelas dengan latar belakang yang sederhana.
 
Apakah foto profil Facebook Anda memiliki terlalu banyak minuman atau hal lain yang kurang tepat? Mengapa tidak menukarnya dengan foto yang menampilkan wajah Anda secara jelas? Apakah Twitter Anda kekurangan foto Anda? Tambahkanlah foto lainnya. Ini dapat menjadikan Anda berbeda saat manajer perekrut melihat wajah Anda.
 
Hanya karena Anda harus memprofesionalkan profil Anda tidak berarti foto-foto itu harus terlihat monoton. Tambahkan foto latar belakang yang menyenangkan pada Twitter dan LinkedIn Anda.

5. Tulis informasi pribadi Anda

Ya, sangatlah penting untuk memasang foto terbagus yang Anda miliki pada media sosial Anda, apalagi jika Anda sedang melamar di sebuah pekerjaan. Yang tidak kalah penting adalah tulislah informasi pribadi tentang diri Anda. Anda tidak perlu menjelaskannya terlalu spesifik. Jelaskan saja gambaran umum yang benar-benar menggambarkan diri Anda dengan jelas. Sehingga, ketika manajer perekrut mencoba untuk mencari tahu tentang Anda, ia mendapatkan informasi dan juga gambaran tentang Anda. Hal ini dapat memengaruhi iya atau tidaknya Anda diikutsertakan dalam proses perekrutan selanjutnya. 
 

6. Sukai dan berikan apresiasi sederhana pada postingan orang lain

Apakah bos Anda baru saja menikah? Anda dapat berkomentar dengan “Selamat, saya sangat gembira untuk kalian berdua!” Ataukah Anda terkesan oleh rekan kerja? Berikan beberapa dukungan melalui komentar Anda.
 
Hal-hal kecil seperti ini dapat membuat hubungan Anda dan rekan lainnya menjadi hangat. Anda menjadikan nama Anda dikenal dan diingat oleh rekan-rekan lain bahkan juga bos Anda. Hal ini juga mampu mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama, yaitu memberikan dukungan dan apresiasi mereka. 

7. Mintalah orang lain untuk menyukai postingan Anda juga

Apakah Anda sedang mencari cara untuk menyelesaikan proyek terbaru Anda dengan berhasil? Bagikan dan mintalah komentar dari pengikut-pengikut Anda untuk berbagi pendapat mereka sendiri. Ide lain untuk meningkatkan profil LinkedIn Anda adalah dengan mendapatkan rekomendasi. Selama Anda tidak mengemis, orang-orang kemungkinan besar akan bersedia bekerja ekstra untuk membantu Anda. 
 

8. Bergabunglah dalam grup

Ada banyak grup hebat di Facebook dan LinkedIn. Anda dapat berpartisipasi dalam percakapan yang menarik, mendapatkan saran tentang hampir semua situasi kerja, atau bahkan sebuah peluang untuk Anda mendapatkan pekerjaan. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan grup yang Anda suka dan bergabunglah!

9. Perluas jaringan Anda

Ini terdengar sangat jelas, tetapi saya yakin ada banyak orang yang Anda kenal yang tidak benar-benar terhubung dengan Anda di Facebook, LinkedIn, Instagram, atau Twitter. Temukan alumni di bidang yang Anda inginkan, teman-teman dari sekolah menengah, atau rekan kerja sebelumnya dan kirimkan mereka pesan singkat dan mintalah untuk terhubung dengan mereka. Anda tidak pernah tahu apa yang bisa mereka tawarkan kepada Anda.

10. Mengintai orang lain

Akui saja, Anda sudah melakukan ini. Saya hanya menyarankan Anda melakukannya untuk lebih banyak alasan yang berhubungan dengan pekerjaan. Misalnya, Anda mengintai Instagram sebuah perusahaan besar sehingga Anda dapat mencari tahu hal yang akan dibicarakan dalam sebuah wawancara.
 
Atau, Anda dapat mengintai postingan seorang influencer di Twitter. Anda dapat memantau cara  mereka mengelola kantor mereka. Atau, periksa Pinterest seseorang sehingga Anda memiliki sumber untuk disertakan dalam email dingin Anda. Ini bukanlah hal yang salah. Ini merupakan sebuah penelitian.

11. Cobalah untuk mencari tahu tentang diri Anda di google

Gunakan manajer Google Anda. Ketik nama Anda dan lihat apa yang muncul. Apakah ini benar-benar profil lama yang terlupakan? Cari tahulah cara agar Anda dapat membuat hal-hal yang baik lebih terlihat (dan hal-hal buruk berkurang). 
 
Panduan ini mungkin membantu. Anda harus selalu berpikir bahwa meningkatkan karier mengharuskan Anda untuk meletakkan semua usaha terbaik Anda sejak awal. Di zaman sekarang ini, semua hal yang Anda lakukan di media sosial adalah kunci untuk berhasil dalam mencari pekerjaan atau bergerak lebih maju di perusahaan Anda. Anda hanya perlu memikirkan kembali cara menggunakannya. Dan jika Anda masih khawatir Anda tidak membuat postingan terbaik, Anda dapat memperbaikinya sehingga Anda dapat menunjukkan yang terbaik kepada orang lain yang mengunjungi media sosial Anda.

Featured Career Advice