×
STUDILMU Career Advice - 10 Cara Tetap Mengkonsumsi Makanan Sehat Sesibuk Apapun
Self Improvement

10 Cara Tetap Mengkonsumsi Makanan Sehat Sesibuk Apapun

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Sebelum rekan-rekan Career Advice membaca artikel ini lebih jauh, ada satu pertanyaan yang ingin saya tanyakan kepada rekan-rekan pembaca. Apakah rekan pembaca sudah yakin bahwa makanan yang Anda konsumsi termasuk ke dalam kategori makanan sehat? Atau, rekan pembaca belum yakin karena masih mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan tidak sehat lainnya? 
 
Memang sih ini adalah kondisi yang sulit bagi para profesional yang kehidupan sehari-harinya super sibuk. Sampai-sampai banyak dari kita berpikir “sempat makan saja sudah bagus”, jadi tidak terlalu peduli makanan yang dikonsumsi sehat atau tidak, yang penting sempat makan.  Namun, seperti yang kita ketahui bahwa mengkonsumsi makanan sehat itu tetap perlu loh rekan-rekan. 
 
Tubuh kita bukan hanya memerlukan makanan sebagai energi, namun juga perlu makanan sehat untuk membantu menjaga metabolisme tubuh kita. Dengan kata lain, kita tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk meluangkan waktu dalam mengkonsumsi makanan sehat. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan beberapa hal penting yang dapat rekan pembaca terapkan untuk menjaga kesehatan tubuh saat Anda menjalani aktivitas sehari-hari. 10 cara sederhana di bawah ini nantinya dapat memberikan pengaruh besar pada tingkat energi kita loh! Yuk, kita simak penjelasannya. 

1. Jangan Melewatkan Sarapan, ya!

Katakanlah besok pagi, awal hari Anda akan diawali dengan rentetan rapat penting dengan rekan-rekan kerja, atasan dan beberapa klien sampai siang. Lalu esok paginya, rekan pembaca hampir kesiangan, sehingga harus terburu-buru berangkat ke kantor. Mungkin hal pertama yang akan rekan pembaca pikirkan adalah “kayaknya saya tidak perlu sarapan deh, karena waktunya tidak cukup”. Kemudian rekan pembaca melewatkan sarapan, dan keesokan harinya mungkin kita melakukan hal yang sama. Hasilnya? kita selalu melewatkan sarapan. 
 
Faktanya, terlalu sering melewatkan sarapan itu cukup bahaya loh. Ini memiliki keterkaitan dengan risiko obesitas, diabetes dan kemurungan di pagi hari. Sarapan adalah waktu makan yang paling terpenting bagi tubuh kita. Ada banyak manfaat di dalam sarapan pagi, jadi jangan sampai dilewatkan ya rekan-rekan.
 

2. Menyiapkan Makanan Lebih Awal. 

Cara kedua yang bisa diterapkan oleh rekan-rekan pembaca adalah menyiapkan lebih awal, makanan-makanan yang akan dikonsumsi. Misalnya, jika saya ingin membawa bekal ke kantor besok, malam sebelumnya saya sudah mulai mempersiapkan bahan-bahan makanan untuk dimasak di pagi hari (saat subuh). Memotong-motong wortel, mengupas bawang, dan lain-lain. Jadi, keesokan harinya saya bisa memasak dengan cepat dan tetap bisa mengkonsumsi makanan sehat. Selain itu, bisa juga dengan membeli camilan sehat yang akan kita makan selama seminggu ke depan, jadi kita sudah tahu “hari senin saya akan bawa buah anggur dan sandwich, selasa saya akan bawa apel dan yoghurt” dan seterusnya. 

3.  Selalu Membawa Camilan Sehat yang Mudah Dibawa Kemana-mana. 

Cara ketiga ini sangat cocok untuk kita yang sering bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya, rekan pembaca selalu pergi dari satu rapat ke rapat lainnya, dan semua rapat tersebut berlokasi di perusahaan yang berbeda-beda, sehingga besar kemungkinan bagi rekan pembaca untuk lupa makan atau telat makan. 
 
Solusinya, rekan pembaca perlu membawa camilan sehat seperti roti, sekotak kismis, granola, atau susu kotak yang bisa dibawa kemana-mana. Sehingga saat merasa lapar, camilan sehat tersebut bisa mengganjal perut yang lapar. 
 

4. Jangan Makan sambil Bekerja.

Multitasking sudah terbukti bukan hal yang ampuh untuk meningkatkan produktivitas, ini malah akan membuat kita kewalahan dan bisa sakit pinggang karena mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu. Maka dari itu, hindari bekerja sambil mengunyah makanan, mengunyah salad sambil mengerjakan proposal, atau sambil menyelesaikan laporan keuangan. 
 
Kesampingkan dulu pekerjaan kita ketika sedang makan, sehingga kita bisa menikmati makanan kita dan mencernanya dengan baik. Dan tentunya setelah makan, kita akan kembali dengan pikiran yang lebih segar dan energi yang lebih kuat untuk melanjutkan pekerjaan. 
 

5.  Makan bersama Orang-orang yang Kita Cintai.

Tau ga sih rekan-rekan? Faktanya, makan bersama seseorang atau beberapa orang bisa meningkatkan kesehatan tubuh kita loh. Ini membuat kita merasa lebih menikmati makanan. Selain itu, dengan menyantap makanan bersama orang-orang yang kita cintai, mereka juga bisa mengontrol makanan apa yang kita makan. Misalnya, saya ingin makan makanan cepat saji, namun pasangan saya mengingatkan bahwa makanan cepat saji (junk food) tidak sehat, sehingga dia mengajak saya untuk pergi ke restoran yang menyediakan makanan-makanan sehat. 
 
Ajaklah orang-orang yang kita cintai untuk pergi makan bersama, dan nikmati makanan sehat kita bersama mereka.
 

6. Tetap terhidrasi.

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, sehingga air menjadi komponen yang sangat penting untuk kita konsumsi setiap hari. Jangan pernah malas minum air putih, ya rekan-rekan Career Advice. Penting bagi kita untuk tetap terhidrasi. Selain itu, rajin minum air putih juga dapat menjauhkan kita dari penyakit ginjal loh. Untuk memudahkan minum air kapanpun dan dimanapun juga, rekan pembaca bisa membawa air mineral dalam botol minum kesayangan Anda, sehingga mudah bagi rekan pembaca untuk tetap terhidrasi. 

7. Pilih Menu Makanan Sehat di Restoran.

Ketika rekan pembaca harus makan dengan klien atau kolega Anda, usahakan untuk tetap memilih menu makanan yang sehat ya. Coba pilih menu makanan yang dipanggang, bukan yang digoreng, karena makanan yang mengandung minyak berlebih benar-benar harus dihindari atau dikurangi. Jangan lupa untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan juga ya. Misalnya, pesan tumis brokoli dan minumnya jus alpukat, wah sedapnya!
 

8. Pilih Bahan Makanan secara Bijak dan Tepat. 

Para ahli gizi merekomendasikan kita untuk menjauhi bahan-bahan makanan yang mengandung banyak pengawet atau mungkin yang dikemas dan dibungkus dengan pengawet, karena mengkonsumsi makanan seperti itu dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kita loh rekan-rekan. Akankah lebih baik jika rekan pembaca belanja bahan-bahan makanan seperti daging, daging unggas, telur dan ikan yang masih sangat segar tanpa bahan pengawet apapun. Jadi mulai dari sekarang kita hindari makanan kaleng, Yuk! 
 

9. Kurangi Konsumsi Gula dan Makan Makanan Rendah Lemak. 

Mengkonsumsi gula secara berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan kita, ini bisa membawa kita kepada penyakit diabetes. Selain itu, kita juga perlu makan makanan yang rendah lemak untuk menghindari penyakit kolesterol. 
 

10. Kurangi Kafein dan Hindari Konsumsi Alkohol. 

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan kita. Selain itu, yang perlu kita ingat adalah “hindari konsumsi alkohol”, apalagi sampai mengkonsumsinya secara berlebihan, wah ini sangat bahaya! Rekan pembaca pasti tidak ingin kan mabuk atau muntah saat sedang rapat dengan klien, karena semalaman suntuk mengkonsumsi alkohol?   
 
Makanan yang tidak sehat memang sangat menggoda, namun kita adalah orang pertama yang perlu menjaga kesehatan diri kita sendiri. 10 cara di atas adalah cara yang bisa kita terapkan untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kita biasakan diri untuk mengkonsumsi makanan sehat dari sekarang. Selamat mencoba rekan-rekan Career Advice!

Featured Career Advice