×
STUDILMU Career Advice - 10 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar
Self Improvement

10 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Motivasi Belajar Adalah...

Halo, rekan pembaca Career Advice, pernah dengar apa itu yang dimaksud dengan motivasi belajar? Motivasi belajar adalah serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila dia tidak suka, maka dia akan berusaha untuk meniadakan atau mengelak perasaan tidak suka tersebut, agar dia tetap mau belajar. Motivasi dalam belajar ini sangat diperlukan oleh semua orang, tidak terbatas untuk anak sekolahan atau anak kuliahan saja. 
 

Senantiasa Memiliki Motivasi Belajar

Sebagai manusia, kita pasti memiliki keinginan untuk belajar dan memperluas pengetahuan kita sehingga kita dapat bertumbuh dan berkembang. Motivasi semacam ini juga bisa disebut sebagai motivasi pendidikan. Setiap orang memiliki cara pembelajaran yang berbeda-beda. Dan juga, beberapa pengetahuan yang kita miliki sangatlah berguna, sedangkan beberapa lainnya tidak. Bergosip dan berkomentar pada berita terbaru tidak akan membantu perkembangan Anda. Itu hanya membuat Anda sedih, marah atau mungkin senang, tergantung pada sudut pandang Anda.
 
Namun, pengetahuan lain, seperti mempelajari sebuah keterampilan baru, dapat membantu Anda bertumbuh secara intelektual dan memberikan Anda keterampilan yang dapat membawa Anda pada jenjang karier yang lebih baik, tentunya, ini akan menambah penghasilan Anda.
 
Kesulitan yang sama yang dijumpai setiap orang adalah rendahnya motivasi untuk belajar setelah lulus dari bangku pendidikan formal. Misalnya, saya tidak suka belajar suatu bahasa saat saya sekolah. Lalu, beberapa tahun setelah lulus, saya memiliki kesulitan untuk mempelajari bahasa tersebut. Ini membuat saya sulit untuk pergi dan menetap di negara yang memiliki bahasa tersebut, padahal jika saya menguasainya saya memiliki penghasilan yang besar dan juga teman-teman baru.  
 
Kita hidup dalam dunia yang terus berubah dari waktu ke waktu. Pekerjaan yang kita lakukan saat ini memiliki peluang untuk digantikan dengan mesin otomatis atau kecerdasan buatan. Jika kita ingin bertumbuh dan berkembang, maka kita perlu memastikan bahwa kita terus mempelajari keahlian-keahlian baru lebih cepat dari alat otomatis dan kecerdasan buatan yang ada.
 
 

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

Inilah 10 cara yang dapat meningkatkan motivasi belajar bagi para rekan pembaca, sekalipun Anda telah menyelesaikan bangku pendidikan formal.

1. Anda dapat memilih hal yang ingin dipelajari.

Saat di sekolah, kita tidak memiliki banyak pilihan. Kita mempelajari hal yang sama. Sekalipun kita tidak menyukai beberapa pelajaran, kita tetap harus mempelajarinya. Saat ini, Anda dapat memilih hal yang Anda sukai. Ini yang membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Jadi, tentukan bidang yang ingin Anda pelajari dan yang merupakan kesukaan Anda.

2. Ingatkan diri Anda akan hasilnya.

Misalnya Anda ingin mempelajari bahasa Korea. Mungkin Anda tidak suka mempelajari bahasa. Bayangkanlah hasil yang Anda akan dapatkan. Bayangkanlah Anda pergi ke Korea dan berjalan  di sepanjang toko atau restoran dan Anda dapat berbincang dengan para pelayan toko, sopir atau yang lainnya menggunakan bahasa Korea dengan lancar. Dengan membayangkan hasil yang akan Anda dapatkan, Anda akan kembali termotivasi untuk belajar kosa kata, kata kerja bahkan formula kalimat dalam bahasa Korea.
 

3. Gunakan alasan yang kuat.

Mempelajari sesuatu hal dengan tujuan untuk memenangkan perdebatan di kantor bukanlah alasan yang tepat untuk mempelajari hal baru. Momen kemenangan memang akan memberikan Anda kepuasan, tetapi itu tidak bertahan lama. Tetapi jika alasan Anda adalah untuk membuat Anda menjadi lebih efektif dan bekerja lebih baik, Anda akan selalu memiliki dorongan yang kuat untuk belajar.
 
Sebelum Anda mempelajari hal baru, pikirkanlah alasan yang membuat Anda ingin mempelajarinya. Pastikan bahwa itu adalah alasan yang kuat dan terhubung dengan kebutuhan emosi. Ketika alasan Anda terhubung dengan emosi, seperti kesenangan, cinta atau pemenuhan, Anda akan selalu memiliki motivasi untuk belajar.

4. Miliki tujuan.

Tentukan tujuan yang ingin Anda capai. Dengan menetapkan tujuan, Anda akan memiliki motivasi belajar bahkan saat Anda mengalami tekanan
 

5. Gabungkan Metode belajar Anda.

Kita memiliki banyak cara untuk belajar. Anda dapat menggunakan Wikipedia, Google dan bahkan Youtube. Coba kombinasikan cara belajar yang sangat menyenangkan bagi Anda. Perasaan senang akan membuat motivasi belajar Anda tetap bertahan. 
 

6. Bergabung dengan grup online.

Memiliki kelompok diskusi adalah cara yang bagus untuk mempertahankan motivasi belajar Anda. Milikilah grup diskusi yang dapat menjadi tempat Anda bertanya atau membagikan ilmu dan bahkan menjalin koneksi dengan orang lain dari berbagai dunia. Contohnya Whatsapp, Twitter, Facebook atau grup lainnya. 
 

7. Aturlah waktu pasti untuk belajar setiap hari.

Aturlah satu waktu yang tepat bagi Anda untuk belajar setiap harinya. Gunakanlah pengingat. Lakukanlah bersama kegiatan menyenangkan lainnya, misalnya belajar sambil menghabiskan secangkir minuman favorit atau sambil berjalan-jalan di ruang kerja Anda. Dengan begini, Anda akan tetap termotivasi dan memiliki konsistensi.
 

8. Buatlah tujuan-tujuan kecil.

Dari tujuan besar yang Anda miliki, jabarkanlah tujuan-tujuan kecil yang ingin Anda capai, misalnya tujuan dalam setiap minggunya. Dengan membuat tujuan-tujuan kecil Anda akan mampu memeriksa kemajuan Anda. Tentu Anda juga tetap termotivasi setiap kali Anda berhasil mencapai tujuan-tujuan kecil tersebut.
 

9. Mencari cara lain untuk belajar. 

Kapanpun rekan pembaca kehilangan motivasi, cobalah cara lain untuk belajar. Misalnya Anda belajar menggunakan Youtube, namun Anda merasa bosan dan tidak bersemangat lagi. Maka, cobalah cara lain yang dapat mengembalikan motivasi dan semangat belajar Anda. 
 

10. Berikan diri penghargaan kecil.

Ini adalah cara yang hebat dalam mempertahankan motivasi belajar. Ketika Anda berhasil mempelajari suatu hal, berikan penghargaan kecil, misalnya membeli suatu barang yang Anda sukai.
 
Dengan begini, Anda memberikan pemahaman kepada otak, bahwa ketika Anda berhasil melakukan sesuatu maka Anda akan merasakan kegembiraan. Ini akan membuat Anda terus termotivasi dan jika Anda hampir kehilangan motivasi belajar, motivasi itu akan mudah kembali. Karena Anda tahu, bahwa keberhasilan akan menghasilkan kegembiraan.
 
Inilah 10 cara yang dapat rekan pembaca Career Advice lakukan agar Anda meningkatkan motivasi dalam belajar. Cara meningkatkan motivasi belajar ini perlu untuk kita terapkan dari sekarang. Mempelajari hal baru memang hal yang sulit. Saat awal, Anda masih memiliki motivasi belajar yang tinggi, namun seiring berjalannya waktu, motivasi belajar itu dapat surut dan bahkan menghilang. 10 cara ini akan membantu rekan pembaca untuk terus meningkatkan motivasi belajar, bahkan saat Anda menemukan kesulitan. Sehingga Anda akan terus bersemangat dalam perjalanan Anda mendapatkan pengetahuan yang luas. Tetap semangat, rekan pembaca. 

Featured Career Advice