×
STUDILMU Career Advice - 3 Pertanyaan Penting Untuk Meraih Tujuan Hidup
Self Improvement

3 Pertanyaan Penting Untuk Meraih Tujuan Hidup

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
“Hari ini saya makan siang apa ya?” “Hmm, ada kedai kopi yang baru buka di mall dekat kantor, kira-kira kopi apa yang harus saya minum hari ini ya?” dan segudang pertanyaan lainnya sering hinggap di dalam pemikiran kita. Baik, tidak ada masalah besar dalam pertanyaan-pertanyaan tersebut. Tapi, pernah gak teman-teman Career Advice berpikir sejenak kira-kira apa yang dilakukan oleh orang-orang yang berproduktif tinggi setiap harinya sampai mereka dapat mengerjakan tugas-tugas dengan seefisien mungkin dan mengelola waktu dengan sangat baik. 
 
Rahasianya adalah mereka selalu menanyakan tiga hal penting setiap harinya, sebelum mereka memutuskan untuk mengerjakan sesuatu. Pertanyaan-pertanyaan ini akan memandu, mengarahkan, dan memastikan bahwa mereka tetap berjalan di jalur yang benar dalam meraih tujuan hidup. Mau tau apa saja tiga pertanyaan penting tersebut? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 

1. Apa yang Harus Saya Lakukan untuk Menyelesaikan Pekerjaan dengan Benar?

Saya yakin kebanyakan dari kita pasti memiliki daftar tugas yang kita tandai sebagai “urgent”, yang artinya benar-benar darurat dan harus sesegera mungkin diselesaikan. Namun di sisi lain, orang-orang yang sangat produktif ini, mereka sering memeriksa kembali daftar tugas yang mereka miliki.  Maksudnya adalah, meskipun tugas-tugas tersebut sudah masuk ke dalam daftar urgent, tapi mereka tidak langsung begitu saja mengeksekusinya. Eksekusi yang cepat memang penting, tapi kita harus benar-benar paham prioritas tugas. Tentunya, dari sekian banyaknya daftar tugas tersebut, ada tugas yang benar-benar harus diprioritaskan dibanding dengan yang lainnya. Contoh, pemimpin tim Anda benar-benar memerlukan laporan log aktivitas Anda selama 30 menit dari sekarang. Hal ini dikarenakan Anda lupa untuk mengirimkan activity log tersebut kemarin. Sedangkan, tugas yang lainnya memiliki tenggat waktu sore ini, yang mana masih bisa Anda kerjakan setelah mengirim log aktivitas kepada pemimpin tim Anda. Sederhana bukan? inilah mengapa orang-orang yang produktif sangat hebat dalam mengelola waktu yang mereka miliki. 
 
Kalau kita pikir-pikir kembali, kita sama-sama memiliki waktu 24 jam dalam sehari, setiap hari kita juga makan nasi, roti, sayur-sayuran dan buah-buahan yang sama seperti yang mereka makan. Minuman pun sama-sama minum air putih, lantas apa yang membuat kita berbeda dengan mereka? Jawabannya ya itu tadi, mereka sangat pintar dalam menyeleksi prioritas tugas, sehingga mereka benar-benar memahami apa yang harus dilakukan agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan benar. 
 
Terlalu banyak orang yang menganggap bahwa produktivitas sama dengan menyelesaikan banyak hal setiap hari. Yang benar adalah, produktivitas sama dengan penyelesaian tugas-tugas dengan prioritas tinggi yang akan berdampak paling besar pada bisnis dan kehidupan kita.

2. Siapa yang Bisa Saya Bantu untuk Meraih Kesuksesan Bersama?

Orang-orang yang produktif dan berprestasi tinggi tidak akan pernah mau untuk tampil sendiri. Layaknya sebuah perusahaan yang berkembang dengan baik, di dalamnya terdiri dari pemimpin yang tegas, karyawan yang bekerja dengan tekun, dan lain sebagainya. 
 
Hal yang sama berlaku untuk para pemimpin bisnis dan organisasi. Setiap harinya, mereka yang produktif dan sangat berprestasi ini berpikir secara spesifik tentang siapa yang akan mereka bantu untuk mencapai tujuan bersama? Jika ada orang yang berpikiran semacam ini, sudah jelas bahwa dia bukanlah tipe orang yang ingin menang dan sukses sendirian. Tapi, mereka juga sekuat tenaga menebarkan kekuatan positif yang mereka miliki kepada orang lain, sehingga mereka semua dapat meraih kesuksesan hidup bersama-sama. 
 
Meskipun mereka tahu bahwa sulit untuk mencapai kesuksesan bersama-sama karena setiap dari kita pasti memiliki perbedaan pendapat satu sama lain, namun perlu diingat bahwa perbedaan itu penting. Itulah mengapa mereka yang sangat sukses rela menghabiskan banyak waktu untuk membangun dan memelihara apa yang disebut sebagai “tim kehidupan”. Tim-tim inilah yang memungkinkan orang-orang berprestasi untuk berusaha dalam melipatgandakan upaya mereka.
 
Ini berarti bahwa mereka dapat berjalan lebih tinggi dan cepat dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada dengan baik.
 

3. Apakah ini sepadan dengan waktu saya?

Tidak dapat diragukan lagi bahwa semua orang-orang yang Anda dan saya klasifikasikan sebagai “orang-orang yang sangat sukses, produktif dan berprestasi”, sangat mengetahui nilai dasar mereka. Dengan mengetahui nilai dasar yang kita miliki, sama saja seperti memahami batas minimum yang kita butuhkan untuk mencapai tujuan hidup. Selain itu, dengan menyadari nilai dasar, secara akurat dapat membantu kita menentukan efek atau dampak yang kita dapatkan dari waktu yang telah kita alokasikan. 
 
Ini juga akan membuat kita lebih dekat (bahkan dengan lebih cepat) sampai ke tujuan yang kita inginkan. Tidak hanya itu, dengan membandingkan jumlah nilai dasar, mereka dapat menarik kesimpulan yang akurat dan cepat tentang "kelayakan" dari setiap kegiatan atau aktivitas yang diberikan.
 
Secara umum, mereka adalah manusia yang sama dengan kita, hanya saja mereka melakukan hal-hal yang berbeda dari yang kita lakukan, dan ini adalah perbedaan yang sangat penting. Artikel ini layak untuk dibaca dan dibaca ulang sampai Anda benar-benar “tenggelam” di dalamnya dan berhasil menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba rekan-rekan!

Featured Career Advice