×
STUDILMU Career Advice - Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara
Resume & Interviewing

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara "Apa kekuatan Anda?"

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Ini adalah sebuah pertanyaan wawancara yang umum dan juga merupakan sebuah pertanyaan yang memberi Anda kesempatan untuk menguraikan jawaban yang Anda berikan kepada “Apa kekuatan Anda?” Ini adalah pertanyaan yang dirancang untuk mengukur tingkat kepercayaan dan pengetahuan Anda tentang perusahaan, bahkan jika pewawancara tidak menanyakan secara langsung, bersiaplah untuk menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang memenuhi syarat yang dapat membawa sesuatu yang unik ke dunia kerja Anda nantinya. Bacalah deskripsi tugas dari pekerjaan untuk mengidentifikasi hal-hal utama yang dicari oleh manajer perekrutan dan tunjukkan bahwa Anda mampu untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
 
Inilah hal-hal yang perlu Anda ingat ketika mempersiapkan jawaban Anda.

1. Tunjukkan Pengalaman dan Kemampuan Unik Anda.

Pewawancara Anda pada dasarnya menanyakan "Mengapa saya harus mempekerjakan Anda?" Dan jawaban Anda haruslah menunjukkan bahwa Anda berbeda dari kandidat lain yang mereka wawancarai. Pikirkan 2-3 hal teratas yang mereka cari dan jelaskan bahwa Anda memenuhi kriteria tersebut. Misalnya, jika Anda pernah magang di bidang industri, ceritakanlah tentang pengalaman Anda tersebut. Jika Anda tidak yakin tentang hal  yang harus difokuskan, lihat syarat-syarat yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut dan identifikasi kunci utamanya dari 3 poin pertama.
 
Katakan sesuatu seperti: “Saya adalah seorang yang mampu untuk memecahkan masalah dengan cara yang kreatif dan saya juga ingin menjadi bagian dari tim yang mengembangkan pemasaran pencitraan merek yang hebat. Saya telah bekerja pada beberapa proyek pemasaran selama proyek kelas dan pada magang sebelumnya, jadi saya memahami tantangan yang akan saya hadapi dalam peran ini dan saya tahu cara mengatasinya. ”
 

2. Jelaskan Hal yang akan Anda Bawa ke Meja Kerja Anda Nantinya.

Selanjutnya, tunjukkan bahwa pengalaman dan kualitas unik Anda dapat membuat Anda menonjol. Jika Anda sudah menegaskan bahwa Anda adalah seorang pekerja keras, Anda dapat menekankan fakta bahwa Anda selalu menjaga sikap positif dan akan membawa tingkat kepemimpinan baru kepada tim. Jadilah rendah hati tetapi percaya diri. Memberikan jawaban langsung akan menunjukkan bahwa Anda telah memikirkan pertanyaan dan tahu persis apa yang dapat Anda bawa ke posisi tersebut.
 
Katakan sesuatu seperti: "Saya membawa tiga hal ke pekerjaan saya nantinya yang tidak dapat ditawarkan oleh sebagian besar kandidat, yaitu kemampuan pemecahan masalah saya yang saya gunakan untuk meningkatkan kinerja pemasaran, pengetahuan mendalam tentang strategi media sosial dan pengalaman sebelumnya dengan bidang pemasaran melalui email. ”

3. Hubungkan Pengalaman Anda ke Posisi yang Anda lamar.

Menjadi karyawan yang luar biasa memiliki banyak hal yang tidak hanya berkaitan dengan kemampuan unik Anda tetapi juga dengan bagaimana kemampuan tersebut memenuhi kebutuhan pemberi kerja. Apakah perusahaan yang mewawancarai Anda adalah sebuah perusahaan baru di bidang teknologi atau perusahaan konsultan. Anda harus menunjukkan bahwa Anda memahami kebutuhan perusahaan tersebut dan Anda juga dapat memenuhinya. Hal ini akan sangat membantu untuk mengesankan pewawancara dan membantu mereka melihat Anda sebagai bagian dari tim.
 

Berikut Cara Menyatukan Semuanya:

“Saya adalah seorang yang mampu untuk memecahkan masalah dengan cara yang  kreatif dan saya juga ingin menjadi bagian dari tim yang dapat mengembangkan pemasaran pencitraan merek yang hebat. Saya telah mengerjakan beberapa proyek pemasaran selama proyek kelas dan pada program magang sebelumnya, jadi saya memahami tantangan yang akan saya hadapi dalam peran ini dan saya tahu cara mengatasinya. 
 
Saya akan membawa tiga hal ke tabel yang tidak dapat ditawarkan oleh sebagian besar calon: Kemampuan pemecahan masalah saya yang saya gunakan untuk meningkatkan kinerja pemasaran, pengetahuan mendalam tentang strategi media sosial dan pengalaman sebelumnya dengan pemasaran melalui email. Dengan kekuatan saya pada pengetahuan dan juga antusiasme yang saya miliki ini, saya yakin bahwa saya adalah orang yang tepat untuk industri ini, saya yakin bahwa saya akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab saya pada posisi ini. ”
 
Tips: Pastikan bahwa Anda dapat menjawab dalam waktu kurang dari 60 detik dan latihlah dengan berulang-ulang sampai Anda benar-benar menguasainya.
 
Menjawab pertanyaan "Apa yang bisa Anda tawarkan kepada kami yang tidak dapat diberikan oleh kandidat lainnya?" adalah cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa Anda lebih menonjol dari kandidat lain. Dengan menyoroti keahlian unik yang Anda miliki dan menunjukkan bahwa kepribadian dan tujuan Anda di masa depan sejalan dengan tujuan perusahaan, Anda akan dapat mengesankan pewawancara dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan itu!

Featured Career Advice