×
STUDILMU Career Advice - 2 Tips Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara
Resume & Interviewing

2 Tips Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Di dalam dunia kerja, ada beberapa sesi wawancara yang memerlukan pertanyaan “Metode manajemen apa yang akan Anda terapkan?” pertanyaan ini akan ditunjukkan kepada para kandidat yang akan memiliki tanggung jawab untuk membimbing, mengontrol serta mengawasi tim kerja. 
 
Pada artikel ini, saya akan memberitahu Anda beberapa cara yang lugas dan baik untuk menjawab pertanyaan tersebut. 

1. Jelaskan Arti Manajemen yang Baik Menurut Anda
Untuk menjelaskan kepada orang lain tentang metode manajemen apa yang Anda terapkan selama ini, Anda perlu menjelaskan terlebih dahulu definisi dari manajemen yang baik dari pandangan Anda. Sangatlah mustahil jika Anda menceritakan metode manajemen Anda sedangkan Anda tidak mengetahui dengan baik apa arti dari manajemen yang baik dan benar. Tahap pertama ini juga akan mengerucutkan pendapat Anda tentang sebuah manajemen yang ingin Anda terapkan jika Anda mendapatkan posisi ini di kedepannya. Sehingga, pewawancara akan mengetahui kesesuaian visi misi Anda dalam penerapan manajemen yang baik dengan visi dan misi yang mereka miliki atau tidak. Sebagai contoh Anda dapat menjelaskan definisi manajemen yang baik dengan mengilustrasikan pemimpin yang baik dalam pandangan Anda:
 
“Walaupun gaya manajemen sangatlah sulit untuk diteladani, seorang manajer yang baik harus memberikan arah yang jelas dan benar kepada karyawannya namun tetap lepas tangan dengan memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada mereka. Secara bersamaan, seorang manajer juga harus bersedia untuk melompat ke dalam sebuah permasalahan untuk membimbing dan membantu ketika dibutuhkan, dan saya mencoba sebaik mungkin untuk membuat gaya manajemen saya berhasil, serta membuat tim saya menjadi tim kerja yang baik”.

2. Tambahkan Penjelasan Tentang Apa yang Sudah Anda Lakukan dan Apa yang Akan Anda Lakukan
Setelah Anda menjelaskan definisi tentang metode manajemen yang baik serta mengilustrasikan kriteria yang dimiliki oleh pemimpin yang baik, Anda dapat menambahkan jawaban Anda dengan hal-hal yang sudah Anda terapkan terhadap tim Anda pada kepemimpinan sebelumnya dan hal yang akan Anda terapkan untuk kepemimpinan selanjutnya. Poin ini akan membuat Anda berbeda dengan kandidat-kandidat lainnya. Jika hanya berbicara tentang teori kepemimpinan serta manajemen yang baik, saya rasa semua orang dapat melakukannya. Namun, untuk menerapkan teori tersebut ke dalam sebuah aksi adalah hal yang luar biasa. Kepemimpinan adalah tentang cara Anda memberikan hasil, bukan tentang cara Anda menjelaskan sebuah teori. Sebagai contoh Anda dapat menjelaskannya seperti ini:
 
“Hal yang membuat saya unik dan dapat menjadi pemimpin yang baik adalah saya selalu menjadi orang pertama yang memastikan apakah anggota tim saya memerlukan bantuan atau tidak. Sebagai seorang pemimpin, saya tidak hanya duduk dan menunggu tim saya untuk mengutarakan permasalahan yang mereka miliki. Hal tersebut memang membuat saya memiliki banyak pengecekkan secara tidak formal di luar dari pekerjaan utama saya. Namun, hasilnya adalah anggota tim saya dapat memberikan hasil yang terbaik dan memiliki mental kerja yang kuat”. 
 
Sekarang Anda sudah memiliki struktur dasar untuk menjawab pertanyaan wawancara umum ini, pastikan Anda sudah memiliki jawaban yang tepat dan lugas dalam menjelaskan semua poin-poin tersebut. Teruslah berlatih dan berlatih sampai Anda merasa siap untuk menghadapi pertanyaan tersebut.

Featured Career Advice