×
STUDILMU Career Advice - Tips Menghadapi Tipe Orang yang Sulit
Emotional Intelligence

Tips Menghadapi Tipe Orang yang Sulit

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

6.    Mengatakan "Saya mengerti" biasanya memperburuk keadaan.
 Alih-alih, cobalah katakana "Ceritakan lebih banyak agar saya bisa mengerti lebih baik."


7.    Hindari tersenyum
Tersenyum akan terlihat seperti Anda sedang mengejek orang tersebut. Humor terkadang dapat meringankan suasana hati, tetapi apabila Anda tersenyum saat orang yang di depan Anda sedang emosi akan berisiko menjadi bumerang.


8.    Jangan bertindak defensif.
Ini menantang. Anda secara alami tidak menikmati orang lain mengatakan hal-hal buruk atau hal-hal yang Anda tahu tidak benar. Anda akan ingin membela diri. Tetapi orang lain sangat emosional, itu tidak akan membantu. Ingat, ini bukan tentang Anda. Jangan menganggapnya pribadi.


9.    Mencerminkan rasa hormat dan martabat terhadap orang lain.
Tidak peduli bagaimana seseorang memperlakukan Anda, menunjukkan penghinaan tidak akan membantu menyelesaikan situasi secara produktif.


10.    Carilah kebutuhan yang tersembunyi.
Carilah, apa yang sebenarnya ingin diperoleh orang tersebut? Dan apa yang orang ini ingin coba hindari?


11.    Jangan balas amarah dengan amarah.
Mengangkat suara Anda, menunjuk jari Anda, atau berbicara tidak sopan kepada orang lain akan menambah situasi yang sudah memanas. Gunakan suara yang rendah, tenang, bahkan monoton. Jangan mencoba berbicara dengan orang itu. Tunggu sampai orang tersebut menarik napas dan kemudian berbicara.


12.    Jaga jarak ekstra antara Anda dan orang lain.
Naluri Anda mungkin mencoba menenangkan orang lain dengan meletakkan tangan Anda di atas tangan mereka, Tetapi jika seseorang sudah kesal, sebisa mungkin hindari sentuhan, karena mungkin dapat disalahartikan oleh mereka.


13.    Tetapkan batasan.
Beberapa tips di atas telah mendorong untuk mendengarkan dan membiarkan orang yang marah melampiaskan, Anda juga memiliki hak untuk bersikap tegas dan berkata, "Tolong jangan bicara seperti itu kepada saya."


14.    Percaya dengan naluri Anda.
Jika naluri Anda mengatakan, hal ini akan membaik, bersiaplah untuk melakukan apa yang perlu Anda lakukan agar tetap aman. Cari strategi untuk keluar dari situasi tersebut.
15.    Satu tanggapan tidak cocok untuk semua.
Anda harus tetap fleksibel. Meskipun pedoman ini telah terbukti efektif dalam meredakan situasi sulit, tetapi setiap orang unik dan dapat merespons secara berbeda.


16.    Tanya jawab.

Setelah situasi selesai, bicarakan dengan seseorang tentang apa yang terjadi.
17.    Lepaskan stres Anda sendiri.
Anda harus menahan reaksi alami Anda untuk sementara waktu. Lepaskan emosi Anda dengan melakukan hal yang positif dengan berjalan-jalan atau hal yang lainnya, dan jangan biarkan emosi tertahan di tubuh Anda.


18.    Beri diri Anda pujian karena berhasil melewati situasi yang tidak nyaman.
Dibutuhkan banyak energi untuk tidak bertindak seperti orang yang lebih menyebalkan ketika orang lain berperilaku buruk terhadap Anda. Berilah pujian kepada Anda sendiri karena tahan dan menjadi orang yang tangguh dan sabar.
Nah, demikian tips-tips yang dapat Anda ikuti untuk menghadapi orang yang sulit, Anda dapat lakukan apabila menemukan orang yang memiliki tipe-tipe seperti di atas dan bagaimana menyikapinya, agar Anda tidak ikut terbawa dan akan berdampak lebih parah. Selamat mencoba!

Source:
Dealing With People You Can’t Stand – Dr. Rick Brinkman & Dr. Rick Kirschner
https://www.techtello.com/how-to-deal-with-difficult-people/
https://www.forbes.com/sites/chriscancialosi/2018/03/05/a-guide-to-dealing-with-difficult-people/
https://www.techtello.com/how-to-deal-with-difficult-people/


 

1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice