×
STUDILMU Career Advice - Tips Menghadapi Tipe Orang yang Sulit
Emotional Intelligence

Tips Menghadapi Tipe Orang yang Sulit

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Bagaimana Cara untuk Menghadapi Orang yang Sulit?
Orang yang menyebalkan seringkali membuat Anda kesal, dengan begitu produktifitas Anda mungkin dapat terganggu, karena suasana hati yang menjadi tidak enak karena orang tersebut.
Untuk itu kami akan bagikan tips untuk menghadapi tipe orang yang menyebalkan dan sulit :
1.    Mendengarkan.
Mendengarkan adalah langkah nomor satu dalam berurusan dengan orang-orang yang "tidak masuk akal." Semua orang ingin merasa didengar. Saat Anda mendengarkan, benar-benar fokus pada apa yang dikatakan orang lain, bukan apa yang ingin Anda katakan selanjutnya.


2.    Tetap tenang.
Ketika suatu situasi diisi secara emosional, Anda akan mudah terjebak dalam hal itu. Cobalah pantau pernapasan Anda dan mengambil napas dalam-dalam yang lamban agar tetap tenang.


3.    Jangan langsung menilai.
Anda tidak tahu apa yang sedang dialami orang lain. Kemungkinannya adalah, jika seseorang bertindak tidak masuk akal, mereka mungkin merasakan semacam musibah atau hal negatif lainnya.
4.    Carilah orang lain di sekitar Anda yang mungkin bisa membantu.
Jika Anda sedang bekerja dan ada pelanggan yang marah, cobalah untuk meminta bantuan oleh rekan Anda apabila Anda merasa tidak dapat menghadapinya sendiri.


5.    Jangan menuntut kepatuhan.
Misalnya, menyuruh seseorang yang sedang kesal untuk diam dan tenang hanya akan membuatnya lebih marah lagi. Sebaliknya, tanyakan kepada orang tersebut apa yang membuat mereka kesal dan biarkan mereka melampiaskannya.



 

Featured Career Advice