×
STUDILMU Career Advice - Tips Menghadapi Tipe Orang yang Sulit
Emotional Intelligence

Tips Menghadapi Tipe Orang yang Sulit

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Tipe-Tipe Orang yang Sulit
Dilansir dari buku Dealing with People You Can’t Stand karya Dr. Rick Brinkman, ada beberapa daftar orang yang menyebalkan sebagai berikut ini:
1. Si Tank
Merupakan orang yang bergerak seperti Tank (mobil tentara bersenjata), orang-orang dengan tipe ini bersikap konfrontatif, terarah, dan mudah marah. Perilakunya agresif dan mendesak.
2. Si Penembak Jitu
Orang-orang dengan tipe ini dapat membuat lawan bicaranya lengah dengan berbicara kasar, sarkasme. Keahlian orang dengan tipe ini adalah membuat lawan bicara terlihat bodoh.
3. Si Granat
Seperti sebuah granat, orang dengan tipe ini dapat meledak dengan ungkapan yang tidak terfokus tentang hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan situasi atau kondisi yang dialami. Ia cenderung lebih menyalahkan hal-hal di luar itu.
4. Si Tahu Segalanya
Jangan ragu-ragu, orang yang tahu segalanya tidak bisa mentolerir koreksi dan bantahan. Namun kalau ada yang tidak beres, Si Tahu Segalanya akan bicara dengan penuh otoritas mengenai siapa yang harus disalahkan. Mungkin bisa jadi Anda adalah sasarannya.

5. Yang Mengira Sudah Mengetahui Segala Hal
Orang dengan tipe ini sering mendapatkan perhatian, orang dengan tipe tersebut bisa membodohi orang lain dengan rentang waktu yang lama dan sering, karena kepandaiannya dalam menarik hati lawan bicaranya, tetapi semua hal itu adalah omong kosong.

6.  Yang selalu berkata “Ya”
Dalam proses memberikan janji ke orang lain tentu harus ditepati bukan? Berbeda dengan orang dengan tipe ini, orang dengan tipe ini akan selalu mengiyakan segala sesuatu permintaan orang lain tanpa pikir panjang dan akibatnya, janji itu tidak akan ditepati olehnya. Lawan bicaranya akan jengkel karena janji-janji mereka tidak akan ditepati.
7.  Yang Selalu Berkata Mungkin
Ketika harus mengambil sebuah keputusan, orang dengan jenis ini selalu berkelit dan menunda dengan harapan bahwa pilihan yang lebih baik akan muncul dengan sendirinya. Sehingga pada akhirnya orang dengan jenis ini tidak bisa memutuskan apa-apa atau pilihannya kurang tepat karena keterbatasan waktu yang mendesak.
8.  Orang yang kosong
Orang dengan tipe ini tidak pernah memiliki jawaban yang verbal maupun nonverbal. Hanya kosong dan tidak peka. Orang dengan tipe ini tidak bisa diharapkan karena jawabannya dari setiap lawan bicaranya katakan akan selalu sama, cuek, datar, dan biasa saja.
9.  Orang yang negatif
Selalu berpikiran negatif dengan lawan bicaranya dan dapat menjatuhkan lawan bicaranya. Ia mampu mengalahkan gagasan besar dengan satu suku kata saja.
10.  Si Tukang Mengeluh
Si tukang mengeluh selalu merasa tak berdaya dan kewalahan menghadapi dunia yang tidak adil. Standar mereka adalah kesempurnaan dan memang tidak ada hal yang dapat sempurna dan mencapai standarnya. Tetapi, orang yang suka mengeluh memerlukan teman dan akan menumpahkan masalah nya kepada Anda.


 



 

Featured Career Advice