STUDILMU Career Advice - Tips Karir di Perusahaan

Tips Karir di Perusahaan


by Studilmu Editor
Posted on Dec 19, 2018

Ketika Anda memilih untuk bekerja di sebuah perusahaan kecil, Anda melihat peluang untuk memperoleh pengalaman yang dapat memperkaya Anda. Sebagai anggota tim, Anda tidak memiliki batasan untuk mengerjakan proyek. Lagi pula, perusahaan yang sedang berkembang penuh dengan peluang, bukan?
 
Tetapi hal yang perlu Anda ketahui tentang perusahaan kecil adalah bahwa mereka, ya kecil. Jadi ketika Anda siap untuk naik, tidak akan selalu ada tempat tersedia untuk itu. Anda memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan sayap Anda, namun setelah beberapa saat Anda mungkin menemukan bahwa pergerakkan Anda terbatas. Lalu apa yang bisa Anda lakukan? Pada titik ini, Anda memiliki dua pilihan, yaitu tetap di tempat Anda dan buat jalur Anda sendiri, atau mencari posisi di perusahaan lain yang lebih sesuai dengan tujuan Anda.
 
Ada banyak alasan untuk Anda ingin tetap tinggal. Anda mungkin sangat meyakini misi perusahaan tersebut atau Anda menyukai budayanya. Mungkin Anda melihat peluang untuk masuk ke peran kepemimpinan saat perusahaan bertumbuh. Tetapi apapun alasannya, begitu Anda memutuskan untuk tinggal, bersiaplah untuk mencari jalur Anda sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pelajari dalam menempuh jalur karier Anda sendiri.
 
1. Jangan Hanya Tampilkan Inisiatif, Lakukan!
Organisasi yang lebih kecil tidak selalu memiliki jalur karier yang terstruktur untuk karyawannya. Anda akan bertanggung jawab untuk tidak hanya memenuhi pekerjaan Anda, tetapi Anda juga membantu atasan Anda. Manfaatkanlah kesempatan ini dan jadilah proaktif. Jangan menunggu manajemen untuk memberikan Anda tanggung jawab tambahan. Anda dapat mencari area-area dalam perusahaan yang perlu ditingkatkan dan menciptakan solusi. Proses ini akan mengidentifikasi peluang yang berada di luar area fungsional Anda saat ini (beberapa di antaranya mungkin sangat cocok dengan keahlian Anda!).
 
2. Perlihatkan dengan Jelas Hal yang Anda Lakukan
Setelah Anda mengidentifikasi area yang potensial untuk pertumbuhan Anda ataupun proyek yang dapat Anda kerjakan, buatlah hal-hal yang akan Anda kerjakan selanjutnya dengan serangkaian tujuan yang dapat diukur. Diskusikan rencana tersebut dengan atasan Anda secara rutin (dan lakukan revisi). Ketika Anda sedang mengeksekusi sebuah pekerjaan di wilayah baru, catatlah setiap perkembangan dalam matriks. Ini akan membantu Anda dan juga Atasan Anda dalam mengukur keberhasilan Anda akan hal-hal yang Anda kerjakan. 
 
3. Temukan seorang Mentor
Seorang pemandu yang baik akan menuntun orang lain untuk sampai pada suatu tujuan. Sama halnya dengan seorang mentor. Mentor yang baik adalah seseorang yang akan membantu Anda untuk mencapai tujuan Anda. Jika perusahaan Anda memiliki program mentoring formal, ikutlah terlibat. Jika tidak, cari seseorang yang telah mencapai jenis pertumbuhan yang Anda cari. Seorang mentor dapat melihat hal yang tidak dapat Anda lakukan. Ia juga dapat melihat peluang untuk peningkatan, hambatan dalam organisasi, atau harapan manajemen yang sering tidak terucapkan.
 
4. Jadilah realistis
Anda mungkin akan sangat mudah frustasi ketika karier Anda tidak berkembang secepat yang Anda harapkan. Faktanya adalah, tidak peduli seberapa keras Anda bekerja, atau seberapa banyak Anda membawa hasil ke meja, perusahaan kecil tidak cukup menyediakan sebuah promosi bagi Anda. Cobalah untuk tidak terlalu fokus pada promosi. Ada lebih banyak pengembangan karier yang bermanfaat daripada sebuah perubahan judul jabatan, yaitu pertumbuhan karier Anda.
 
Pertumbuhan juga dapat diukur dengan perubahan gaji, tanggung jawab, dan pengaruh Anda. Misalnya, Anda dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus tahunan, atau Anda memperoleh kenaikan gaji yang lebih besar. Atau bahkan Anda termasuk seseorang yang dilibatkan dalam diskusi mengenai strategi dan proses lebih dari sebelumnya. Di perusahaan kecil, memiliki pengaruh yang lebih besar dalam perusahaan merupakan hal yang lebih berarti bagi karier Anda dalam jangka panjang daripada hanya sebuah perubahan pada judul jabatan di kartu nama Anda.
 
Pada akhirnya, Anda adalah orang yang harus membuat jalur untuk kemajuan karier Anda sendiri. Ketika Anda menemukan bahwa tujuan pribadi Anda tidak sesuai dengan ketersediaan peluang yang dimiliki perusahaan, sudah waktunya Anda mempertimbangkan untuk mencari tempat baru. Apakah Anda akan tetap dalam peran Anda saat ini atau mencari peran baru? Pilihan ada di tangan Anda. Anda berhak mencari peluang baru yang membawa Anda ke suatu tempat yang lebih baik. Ingatlah bahwa pertumbuhan karier adalah hal penting yang harus Anda pertimbangkan dalam hidup Anda. 

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

Cara Berkomunikasi Efektif dengan Seseorang Dari Hasil Tes DISC

6 Tips Mengubah Suasana Rapat Kerja Lebih Interaktif

Seni Memfasilitasi Rapat Kerja dengan Post-it Kecil

Memahami Perilaku Manusia dari Model DISC

20 Kriteria Pemimpin Yang Baik

10 Contoh Pemberian Umpan Balik yang Efektif

7 Tips Memberikan Coaching Yang Efektif

8 Cara Membuat Rapat Kerja Lebih Menyenangkan

5 Cara Mencintai Diri Sendiri

Pantang Menyerah Dengan Cara Cerdas

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

2 Hal Penting Sebelum Mengundurkan Diri

Memahami Pola Pikir

Hindari 4 Strategi Pemasaran Digital yang Rumit Ini

Perbedaan Motto Hidup dan Kutipan Hidup

5 Kebahagiaan Meraih Keseimbangan Hidup

7 Halangan Diri Untuk Meraih Keseimbangan Hidup

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi